Langsung ke konten utama

Soal-soal Paedagogik | 5. Pengembangan Potensi Peserta Didik

 

Soal-soal materi paedagogik untuk Penilaian. Liat materi Pengembangan Potensi Peserta Didik klik disini sebelum coba menjawab soal yang berasal dari SIM PKB materi Paedagodik




Dibaca Juga  Soal:


1. Perkembangan kognitif peserta didik Sekolah Dasar berada pada taraf operasional kongkrit, sehingga mereka merasa kurang memahami materi pelajaran yang disampaikan gurunya secara verbal saja. Proses pembelajaran tersebut akan efektif jika disertai dengan menggunakan:

a. Media poster

b. Media grafis

c. Media cetak

d. Media benda nyata

e. Media gambar

the correct answer is: Media benda nyata

2. Pada suatu proses pembelajaran di Taman Kanak-Kanak peserta didik akan dikembangkan aspek motorik kasarnya, maka pendidik dapat menugaskan peserta didiknya untuk melakukan kegiatan:

a. Memasang puzzle

b. Menjiplak huruf

c. Meronce membuat kalung

d. Mewarnai pola

e. Menendang bola

the correct answer is: Menendang bola


2. Beberapa siswa Pak Usman memiliki IQ pada taraf normal bawah dan seringkali harus mengikuti remedial, terutama materi yang memerlukan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Namun pada materi yang memerlukan keterampilan berpikir tingkat rendah, ketiganya mampu mencapai batas ketuntasan. Upaya Pak Usman mengembangkan potensi terbaik ketiga siswa tersebut adalah...

a. memberikan waktu lebih di luar kelas untuk menyelesaikan target pembelajaran

b. melaksanakan penilaian hasil belajar dalam bentuk yang fleksibel sesuai kebutuhan

c. memfasilitasi pembelajaran yang mengembangkan bentuk potensi keterampilan

d. menyediakan tambahan fasilitas dalam bentuk tutor sebaya saat pembelajaran

the correct answer is: memfasilitasi pembelajaran yang mengembangkan bentuk potensi keterampilan


3. Prestasi Musa di sebagian besar bidang studi di atas KKM, terutama IPA. Ulangannya yang selalu mendekati nilai sempurna didukung oleh kegemarannya membaca. Apa yang sebaiknya dilakukan oleh guru untuk mengembangkan bakat Musa?

a. dijadikan pendidik sebaya untuk membantu teman-temannya yang kesulitan belajar

b. menyediakan tambahan fasilitas dalam bentuk tutor sebaya saat pembelajaran

c. memberikan berbagai tugas mandiri sekaligus melatih keterampilan belajarnya

d. memfasilitasi peserta didik untuk memperdalam materi kurikulum yang diajarkan sesuai minatnya

The correct answer is: memfasilitasi peserta didik untuk memperdalam materi kurikulum yang diajarkan sesuai bakatnya


4. Ismail siswa kelas II SD mampu mengurutkan benda dengan mudah berdasarkan ukuran panjang dari yang terpendek sampai dengan terpanjang, namun agak kesulitan menyusun dari yang terpanjang ke yang terpendek. Kemampuan Ismail mengurutkan panjang benda tersebut merupakan kemampuan berpikir pada tahap perkembangan kognitif...

a. pra-operasional

b. pre-operasional

c. operasional konkret

d. operasional formal

The correct answer is: operasional konkret

5. Bu Ani bermaksud mengembangkan kemampuan berpikir kreatif melalui curah gagasan dengan kantong ide. Setiap siswa membawa kantong ide berisi satu benda, kemudian kantong ide ditukar dengan temannya. Tugas siswa adalah memberikan kata sebanyak mungkin terkait benda yang ada di kantong ide tersebut. Cara yang digunakan Bu Ani dapat mengembangkan keterampilan berpikir...

a. konvergen

b. vertical

c. divergen

d. logis

The correct answer is: divergen


5. Salsabila yang duduk di kelas 2 SD menunjukkan prestasi belajar yang rendah hampir di semua bidang studi dan jarang dapat menyelesaikan tugas sesuai waktu yang telah ditentukan. Namun Salsabila mempunyai catatan kehadiran, kerajinan, dan ketekunan yang bagus, serta sikap belajar yang positif. Faktor penyebab kesulitan belajar Salsabila diperkirakan pada...

a. motivasi belajar yang kurang baik

b. tingkat kecerdasan yang rendah

c. minat belajar yang kurang baik

d. bakat siswa yang rendah

The correct answer is: tingkat kecerdasan yang rendah


6. Pembelajaran sebaiknya dilakukan dari materi sederhana ke kompleks, mudah ke sulit, dan diorganisasikan agar terlaksananya prinsip belajar tuntas dan maju berkelanjutan. Hal ini merupakan implikasi pendidikan dari prinsip/ hukum perkembangan...

a. variasi dalam tempo perkembangan

b. awalnya differensiasi akhirnya integrasi

c. perkembangan berlangsung secara bertahap

d. keragaman dalam irama perkembangan

The correct answer is: perkembangan berlangsung secara bertahap


7. Ibu Fatimah merancang pembelajaran dengan mempertimbangkan karakteristik kemampuan dasar anggota kelompok. Hal yang dilakukan oleh Ibu Fatimah merupakan implementasi pendidikan dari prinsip perkembangan, yaitu...

a. pola perkembangan memiliki keragaman

b. perkembangan berproses secara bertahap

c. perkembangan bersifat maju berkelanjutan

d. variasi dari tempo dan irama perkembangan

The correct answer is: pola perkembangan memiliki keragaman


8. Salah satu tahap diagnostik kesulitan belajar adalah tahap diagnosis analitik. Pada tahap ini biasa digunakan tes diagnosis atau tes prestasi belajar. Tujuan dari tahap diagnosis analitis adalah untuk mengidentifikasi masalah yaitu untuk mengetahui...

a. letak kelemahan-kelemahan itu terjadi

b. faktor penyebab kesulitan belajar anak

c. jenis kesulitan belajar yang dialami anak

d. menandai anak yang mengalami kesulitan belajar

The correct answer is: letak kelemahan-kelemahan itu terjadi

9. Toni sering berjalan-jalan ketika belajar, mengganggu teman-teman yang sedang belajar, dan membuat masalah di kelas. Gejala tersebut menunjukkan Toni memiliki kesulitan belajar dalam aspek penyesuaian...

a. Sosial

b. Diri

c. Emosi

d. Moral

The correct answer is: Sosial

10. Setiap anak memiliki potensi kreatif meskipun dalam tingkatan yang berbeda. Namun kreativitas berkembang karena faktor lingkungan. Apabila akan mengembangkan kreativitas siswa, maka guru hendaknya merancang pembelajaran yang kondusif. Pembelajaran yang dapat memfasilitasi berkembangnya kreativitas anak adalah...

a. demokratis dan permisif

b. fleksibel dan permisif

c. demokratis dan sesuai bakat

d. fleksibel dan sesuai bakat

The correct answer is: demokratis dan permisif


11. Pak Akhmad sedang melaksanakan diagnostik kesulitan belajar untuk beberapa siswanya. Salah satu langkahnya adalah menganalisis lembar jawaban ulangan untuk mengetahui jumlah jawaban benar dan salah. Cara ini dilakukan untuk mengetahui kesulitan belajar mereka. Tindakan Pak Akhmad tersebut merupakan langkah...

a. memperkirakan tindakan

b. identifikasi kasus

c. identifikasi masalah

d. memperkirakan penyebab

The correct answer is: identifikasi masalah


12. Prestasi Amir pada sebagian besar bidang studi di bawah KKM. Berdasarkan hasil analisis himpunan data Amir memiliki potensi mental intelektualnya di atas rata-rata. Amir diduga memiliki kesulitan belajar dan termasuk anak yang...

a. peserta didik termasuk anak yang lambat belajar

b. Prestasi belajarnya tidak sesuai dengan potensinya

c. prestasinya rendah karena sikap kebiasaan belajarnya negatif

d. prestasi belajarnya sesuai dengan tingkat kecerdasannya

The correct answer is: Prestasi belajarnya tidak sesuai dengan potensinya

13. Perkembangan dipengaruhi oleh faktor pembawaan, kematangan dan lingkungan, sehingga terjadi keragaman individual. Keragaman individual peserta didik dalam kecakapan potensial harus menjadi pertimbangan bagi guru dalam...

a. merancang strategi pembelajaran yang sesuai dengan keragaman pengetahuan peserta didik

b. merancang strategi pembelajaran yang sesuai dengan keragaman kematangan peserta didik

c. merancang strategi pembelajaran yang sesuai dengan keragaman tingkat kecerdasan peserta didik

d. merancang strategi pembelajaran yang sesuai dengan keragaman prestasi belajar peserta didik

The correct answer is: merancang strategi pembelajaran yang sesuai dengan keragaman tingkat kecerdasan peserta didik


14. Dicky tidak disukai oleh teman-temannya karena memiliki sikap kurang menghargai orang lain, suka berbicara kasar, agresif dan suka mengganggu orang lain. Bedasarkan ciri-ciri perilaku tersebut diduga status hubungan sosial Dicky termasuk...

a. anak yang kontroversial

b. anak yang diterima

c. anak yang diabaikan

d. anak yang ditolak

The correct answer is: anak yang ditolak

15. Di kelas Bu Rani, ada beberapa anak yang lebih suka menyendiri, sedikit memiliki teman, kurang mampu berkomunikasi, dan kurang mampu bekerja sama. Ciri-ciri perilaku peserta didik tersebut menunjukkan kecenderungan memiliki...

a. keterampilan sosialisasi yang rendah

b. keterampilan sosial yang rendah

c. kemampuan menghargai diri yang rendah

d. kemampuan berkomunikasi yang rendah

The correct answer is: keterampilan sosial yang rendah


Anda Juga bisa mengunjungi Website dan Channel Youtube saya :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

A.4.3 Telaah Pembelajaran dengan Penerapan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT)

Mengapa Guru Perlu Memahami Culturally ResponsiveTeaching? Culturally Responsive Teaching adalah konsep yang sangat penting bagi guru untuk dipahami karena dapat membantu mereka dalam memberikan pengajaran yang lebih efektif dan relevan bagi siswa dari berbagai latar belakang budaya.  Dengan memahami konsep ini, guru dapat mengembangkan kemampuan mereka dalam memahami kebutuhan dan keunikan siswa dari berbagai latar belakang budaya, sehingga mereka dapat merancang pengajaran yang lebih inklusif dan menarik bagi siswa. Definisi Culturally Responsive Teaching Culturally Responsive Teaching adalah pendekatan pengajaran yang memperhatikan keberagaman budaya dan latar belakang siswa dalam proses pembelajaran . Konsep ini melibatkan penggunaan strategi dan teknik pengajaran yang mencerminkan keberagaman siswa, serta memperhitungkan perbedaan budaya dalam cara siswa belajar. Dalam praktiknya, guru yang menerapkan Culturally Responsive Teaching akan memastikan bahwa materi pelajaran yang disam

A.3.4 Hasil Telaah dan minta komentar teman sejawat | Materi Rancangan Pembelajaran dengan Pendekatan TaRL

Pemahaman Merancang Pembelajaran Berbasis TaRL Teaching at The Right Level (TaRL) merupakan pendekatan pembelajaran yang fokus pada tingkat kemampuan peserta didik. Saat menjadi guru, Bapak/Ibu guru mungkin pernah menemukan peserta didik yang belum mampu mencapai tujuan pembelajaran yang ditetapkan. Dibawah ini adalah Indetifikasi Pemahaman Merancang Pembelajaran Berbasis TaRL yang berbentu tabel Tabel 3.2 Elaborasi Pemahaman Merancang Pembelajaran Berbasis TaRL Komponen Pembelajaran   Apa   yang saya ketahui   Apa yang ingin   saya ketahui   Bagaimana   saya dapat mengetahuinya   Apa yang telah   saya pelajari   Tujuan   pembelajaran TP berasal dari analisi Kata kerja Operasional(komptensi) dan ruang lingkup materi yang menjadi tujuan akhir dari pembelajaran TP yang dari CP apakah perlu diturunkan lagi menurut tingkat kognitif Bloom atau hanya dari TP Mencari Praktek baik dari guru berbagi di PMM dan mencari refenrensi materi yang ada di PMM dan materi sertifikasi pendidik juga di PMM

A.I.3 Hasil Telaah dan minta komentar teman sejawat # A. I. Menerapkan Prinsip Understanding by Design Pada Pembelajaran

Bapak/Ibu guru, pada tahap sebelumnya Bapak/Ibu guru telah mengeksplorasi prinsip UbD dalam merancang pembelajaran. Pada tahap ini, siapkan salah satu perencanaan pembelajaran (RPP/modul ajar) yang Bapak/Ibu guru miliki. Ajaklah   teman sejawat/kepala sekolah/pengawas untuk menelaah rancangan pembelajarannya dengan mengisi rubrik checklist . Rubrik ini memandu Bapak/Ibu guru dalam merefleksikan perencanaan pembelajaran dengan pendekatan UbD.   Dengan   demikian, Bapak/Ibu guru dapat mengetahui sejauh mana perencanaan pembelajaran tersebut relevan dengan prinsip UbD. Modul mapel ekonomi yang saya buat bisa diliat di link dibawah ini: Ekonomi 11 Bab 2 - Pendapatan Nasional Dan Kesenjangan Ekonomi Tabel   1.2   Rubrik   Checklist   Perancangan   Pembelajaran   dengan   Prinsip   UbD   Item   Pernyataan Sudah Belum   Langkah   1.   Menentukan   Tujuan   Pembelajaran   Saya mengidentifikasi sasaran pembelajaran dan fokus pada pemahaman   konsep   yang   mendalam   dan   penerapan   pengetah