Langsung ke konten utama

Soal-Soal Materi Paedagogik | 1.Teori Belajar

Contoh Soal-soal materi Paedagogik untuk teori belajar anda bisa lihat dibawah ini, sebelumnya anda bisa baca materinya di teori belajar



Soal-soal Teori Belajar

1. Pernyataan berikut yang menjelaskan makna istilah kognitif adalah....

Select one:

a. Kemampuan untuk mengintegrasikan diri

b. Kemampuan berinteraksi

c. Kemampuan mengemukakan pendapat

d .Kemampuan untuk memecahkan masalah

e. Kemampuan berkomunikasi

Feedback

The correct answer is: Kemampuan untuk memecahkan masalah


2. Apabila dalam proses belajar peserta didik melakukan sesuatu sampai dengan mendapatkan respon yang tepat dan sesuai dengan apa yang diinginkan serta menghilangkannya apabila dirasakan tidak sesuai, hal ini merupakan prinsip belajar dari ....

Select one:

a.Trial and error

b.Konseptualisasi

c.Conditioning

d.Stimulus respon

e.Shaping

Feedback

The correct answer is: Trial and error

3. Contoh penerapan teori behavioristik yang dapat dilakukan oleh guru dalam praktik pembelajaran adalah....

Select one:

a. Menyediakan atau memberikan kegiatan-kegiatan yang merangsang keingintahuan siswa dan membantu mereka kengekspresikan gagasannya

b. Memberikan penjelasan pengetahuan baru

c. Memahami tahap-tahap perkembangan peserta didik dan menggunakan metode pembelajaran sesuai dengan tahap tersebut

d. Memberikan stimulus kepada peserta didik berupa penataan lingkungan belajar

e. Membimbing siswa dalam memperoleh pengetahuan baru

Feedback

The correct answer is: Memberikan stimulus kepada peserta didik berupa penataan lingkungan belajar

Question text

4. Seluruh komponen pendidikan memiliki tujuan yang sama yaitu terbentuknya manusia yang ideal, manusia yang dicita-citakan, yaitu manusia yang mampu mencapai aktualisasi diri. Pernyataan tersebut merupakan bagian dari teori ....

Select one:

a.Kognitivistik

b.Behavioristik

c. Humanistik

d.Konstruktivistik

e.Sibernetik

Feedback

The correct answer is: Humanistik

5.Menurut Bruner, apabila seseorang memahami obyek-obyek atau dunianya melalui gambar-gambar dan visualisasi verbal dengan kata lain peserta didik belajar melalui bentuk perumpamaan atau perbandingan, hal ini merupakan tahapan dari......

Select one:

a.Enaktif

b.Intuitif

c.Simbolik

d.Konflik

e.Ikonik

Feedback

The correct answer is: Ikonik

6. Dibawah ini adalah tipe belajar menurut Habermas, kecuali ....

Select one:

a.Belajar emansipatoris

b.Belajar konsep

c.Belajar teknis

d.Belajar aktif

e.Belajar praktis

Feedback

The correct answer is: Belajar aktif

7. Di dalam proses pembelajaran, para siswa dihadapkan dengan situasi di mana ia bebas untuk mengumpulkan data, membuat dugaan (hipotesis), mencoba-coba (trial and error), mencari dan menemukan keteraturan (pola), menggeneralisasi atau menyusun rumus beserta bentuk umum, membuktikan benar tidaknya dugaannya itu. Hal ini merupakan penerapan teori belajar....

Select one:

a.Kognitivistik

b.Behavioristik

c.Humanistic

d.Konstruktivistik

e.Sibernetik

Feedback

The correct answer is: Konstruktivistik

Question 1

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Seluruh komponen pendidikan memiliki tujuan yang sama yaitu terbentuknya manusia yang ideal, manusia yang dicita-citakan, yaitu manusia yang mampu mencapai aktualisasi diri. Pernyataan tersebut merupakan bagian dari teori ....
Select one:
a.
Konstruktivistik
b.
Sibernetik
c.
Kognitivistik
d.
Behavioristik
e.
Humanistik

Feedback

Question 2

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Teori belajar yang mengutamakan perubahan tingkah laku pada individu yang belajar dengan mengutamakan hubungan stimulus dan respon merupakan teori belajar....
Select one:
a.
Behavioristik
b.
Kognitivistik
c.
Konstruktivistik
d.
Rekonstruktivistik
e.
Humanistik

Feedback

Question 3

Complete
Mark 0.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Aliran ini lebih menekankan pada keaktifan siswa selama kegiatan belajar, aktif berpikir, menyusun konsep-konsep serta memberi makna tentang hal- hal yang dipelajari dan yang paling penting terwujudnya belajar adalah niat peserta didik itu sendiri. Pernyataan tersebut merupakan aliran dari teori ....
Select one:
a.
Sibernetik
b.
Behavioristik
c.
Humanistik
d.
Konstruktivistik
e.
Kognitivistik

Feedback

Question 4

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Pernyataan berikut yang menjelaskan makna istilah kognitif adalah....
Select one:
a.
Kemampuan untuk mengintegrasikan diri
b.
Kemampuan mengemukakan pendapat
c.
Kemampuan berinteraksi
d.
Kemampuan berkomunikasi
e.
Kemampuan untuk memecahkan masalah

Feedback

Question 5

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Pada tahap konseptualisasi, kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik adalah.....
Select one:
a.
Mampu memahami sebuah kejadian
b.
Mampu memecahkan masalah
c.
Mampu mengalami sebuah kejadian
d.
Mampu membuat peraturan
e.
Mampu memahami permasalahan

Feedback

Question 6

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Dibawah ini adalah tipe belajar menurut Habermas, kecuali ....
Select one:
a.
Belajar aktif
b.
Belajar emansipatoris
c.
Belajar praktis
d.
Belajar teknis
e.
Belajar konsep

Feedback

Question 7

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Di dalam proses pembelajaran, para siswa dihadapkan dengan situasi di mana ia bebas untuk mengumpulkan data, membuat dugaan (hipotesis), mencoba-coba (trial and error), mencari dan menemukan keteraturan (pola), menggeneralisasi atau menyusun rumus beserta bentuk umum, membuktikan benar tidaknya dugaannya itu. Hal ini merupakan penerapan teori belajar....
Select one:
a.
Konstruktivistik
b.
Sibernetik
c.
Kognitivistik
d.
Humanistic
e.
Behavioristik

Feedback

Question 1

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Contoh penerapan teori behavioristik yang dapat dilakukan oleh guru dalam praktik pembelajaran adalah....
Select one:
a.
Membimbing siswa dalam memperoleh pengetahuan baru
b.
Menyediakan atau memberikan kegiatan-kegiatan yang merangsang keingintahuan siswa dan membantu mereka kengekspresikan gagasannya
c.
Memberikan penjelasan pengetahuan baru
d.
Memberikan stimulus kepada peserta didik berupa penataan lingkungan belajar
e.
Memahami tahap-tahap perkembangan peserta didik dan menggunakan metode pembelajaran sesuai dengan tahap tersebut

Feedback

Question 2

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Teori belajar yang mengutamakan perubahan tingkah laku pada individu yang belajar dengan mengutamakan hubungan stimulus dan respon merupakan teori belajar....
Select one:
a.
Humanistik
b.
Behavioristik
c.
Konstruktivistik
d.
Kognitivistik
e.
Rekonstruktivistik

Feedback

Question 3

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Menurut Bruner, apabila seseorang memahami obyek-obyek atau dunianya melalui gambar-gambar dan visualisasi verbal dengan kata lain peserta didik belajar melalui bentuk perumpamaan atau perbandingan, hal ini merupakan tahapan dari......
Select one:
a.
Konflik
b.
Enaktif
c.
Intuitif
d.
Simbolik
e.
Ikonik

Feedback

Question 4

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Apabila dalam proses belajar peserta didik melakukan sesuatu sampai dengan mendapatkan respon yang tepat dan sesuai dengan apa yang diinginkan serta menghilangkannya apabila dirasakan tidak sesuai, hal ini merupakan prinsip belajar dari ....
Select one:
a.
Conditioning
b.
Shaping
c.
Konseptualisasi
d.
Stimulus respon
e.
Trial and error

Feedback

Question 5

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Pernyataan berikut yang menjelaskan makna istilah kognitif adalah....
Select one:
a.
Kemampuan berinteraksi
b.
Kemampuan untuk memecahkan masalah
c.
Kemampuan untuk mengintegrasikan diri
d.
Kemampuan mengemukakan pendapat
e.
Kemampuan berkomunikasi

Feedback

Question 6

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Aliran ini lebih menekankan pada keaktifan siswa selama kegiatan belajar, aktif berpikir, menyusun konsep-konsep serta memberi makna tentang hal- hal yang dipelajari dan yang paling penting terwujudnya belajar adalah niat peserta didik itu sendiri. Pernyataan tersebut merupakan aliran dari teori ....
Select one:
a.
Humanistik
b.
Kognitivistik
c.
Sibernetik
d.
Behavioristik
e.
Konstruktivistik

Feedback

Question 7

Complete
Mark 0.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Pada tahap konseptualisasi, kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik adalah.....
Select one:
a.
Mampu mengalami sebuah kejadian
b.
Mampu membuat peraturan
c.
Mampu memahami permasalahan
d.
Mampu memahami sebuah kejadian
e.
Mampu memecahkan masalah

Feedback

Question 1

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Pernyataan berikut yang menjelaskan makna istilah kognitif adalah....
Select one:
a.
Kemampuan untuk mengintegrasikan diri
b.
Kemampuan berinteraksi
c.
Kemampuan mengemukakan pendapat
d.
Kemampuan untuk memecahkan masalah
e.
Kemampuan berkomunikasi

Feedback

Question 2

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Apabila dalam proses belajar peserta didik melakukan sesuatu sampai dengan mendapatkan respon yang tepat dan sesuai dengan apa yang diinginkan serta menghilangkannya apabila dirasakan tidak sesuai, hal ini merupakan prinsip belajar dari ....
Select one:
a.
Trial and error
b.
Konseptualisasi
c.
Conditioning
d.
Stimulus respon
e.
Shaping

Feedback

Question 3

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Contoh penerapan teori behavioristik yang dapat dilakukan oleh guru dalam praktik pembelajaran adalah....
Select one:
a.
Menyediakan atau memberikan kegiatan-kegiatan yang merangsang keingintahuan siswa dan membantu mereka kengekspresikan gagasannya
b.
Memberikan penjelasan pengetahuan baru
c.
Memahami tahap-tahap perkembangan peserta didik dan menggunakan metode pembelajaran sesuai dengan tahap tersebut
d.
Memberikan stimulus kepada peserta didik berupa penataan lingkungan belajar
e.
Membimbing siswa dalam memperoleh pengetahuan baru

Feedback

Question 4

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Seluruh komponen pendidikan memiliki tujuan yang sama yaitu terbentuknya manusia yang ideal, manusia yang dicita-citakan, yaitu manusia yang mampu mencapai aktualisasi diri. Pernyataan tersebut merupakan bagian dari teori ....
Select one:
a.
Kognitivistik
b.
Behavioristik
c.
Humanistik
d.
Konstruktivistik
e.
Sibernetik

Feedback

Question 5

Complete
Mark 0.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Menurut Bruner, apabila seseorang memahami obyek-obyek atau dunianya melalui gambar-gambar dan visualisasi verbal dengan kata lain peserta didik belajar melalui bentuk perumpamaan atau perbandingan, hal ini merupakan tahapan dari......
Select one:
a.
Enaktif
b.
Intuitif
c.
Simbolik
d.
Konflik
e.
Ikonik

Feedback

Question 6

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Dibawah ini adalah tipe belajar menurut Habermas, kecuali ....
Select one:
a.
Belajar emansipatoris
b.
Belajar konsep
c.
Belajar teknis
d.
Belajar aktif
e.
Belajar praktis

Feedback

Question 7

Complete
Mark 0.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Di dalam proses pembelajaran, para siswa dihadapkan dengan situasi di mana ia bebas untuk mengumpulkan data, membuat dugaan (hipotesis), mencoba-coba (trial and error), mencari dan menemukan keteraturan (pola), menggeneralisasi atau menyusun rumus beserta bentuk umum, membuktikan benar tidaknya dugaannya itu. Hal ini merupakan penerapan teori belajar....
Select one:
a.
Kognitivistik
b.
Behavioristik
c.
Humanistic
d.
Konstruktivistik
e.
Sibernetik

Feedback

Komentar

Postingan populer dari blog ini

A.4.3 Telaah Pembelajaran dengan Penerapan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT)

Mengapa Guru Perlu Memahami Culturally ResponsiveTeaching? Culturally Responsive Teaching adalah konsep yang sangat penting bagi guru untuk dipahami karena dapat membantu mereka dalam memberikan pengajaran yang lebih efektif dan relevan bagi siswa dari berbagai latar belakang budaya.  Dengan memahami konsep ini, guru dapat mengembangkan kemampuan mereka dalam memahami kebutuhan dan keunikan siswa dari berbagai latar belakang budaya, sehingga mereka dapat merancang pengajaran yang lebih inklusif dan menarik bagi siswa. Definisi Culturally Responsive Teaching Culturally Responsive Teaching adalah pendekatan pengajaran yang memperhatikan keberagaman budaya dan latar belakang siswa dalam proses pembelajaran . Konsep ini melibatkan penggunaan strategi dan teknik pengajaran yang mencerminkan keberagaman siswa, serta memperhitungkan perbedaan budaya dalam cara siswa belajar. Dalam praktiknya, guru yang menerapkan Culturally Responsive Teaching akan memastikan bahwa materi pelajaran yang disam

A.3.4 Hasil Telaah dan minta komentar teman sejawat | Materi Rancangan Pembelajaran dengan Pendekatan TaRL

Pemahaman Merancang Pembelajaran Berbasis TaRL Teaching at The Right Level (TaRL) merupakan pendekatan pembelajaran yang fokus pada tingkat kemampuan peserta didik. Saat menjadi guru, Bapak/Ibu guru mungkin pernah menemukan peserta didik yang belum mampu mencapai tujuan pembelajaran yang ditetapkan. Dibawah ini adalah Indetifikasi Pemahaman Merancang Pembelajaran Berbasis TaRL yang berbentu tabel Tabel 3.2 Elaborasi Pemahaman Merancang Pembelajaran Berbasis TaRL Komponen Pembelajaran   Apa   yang saya ketahui   Apa yang ingin   saya ketahui   Bagaimana   saya dapat mengetahuinya   Apa yang telah   saya pelajari   Tujuan   pembelajaran TP berasal dari analisi Kata kerja Operasional(komptensi) dan ruang lingkup materi yang menjadi tujuan akhir dari pembelajaran TP yang dari CP apakah perlu diturunkan lagi menurut tingkat kognitif Bloom atau hanya dari TP Mencari Praktek baik dari guru berbagi di PMM dan mencari refenrensi materi yang ada di PMM dan materi sertifikasi pendidik juga di PMM

A.I.3 Hasil Telaah dan minta komentar teman sejawat # A. I. Menerapkan Prinsip Understanding by Design Pada Pembelajaran

Bapak/Ibu guru, pada tahap sebelumnya Bapak/Ibu guru telah mengeksplorasi prinsip UbD dalam merancang pembelajaran. Pada tahap ini, siapkan salah satu perencanaan pembelajaran (RPP/modul ajar) yang Bapak/Ibu guru miliki. Ajaklah   teman sejawat/kepala sekolah/pengawas untuk menelaah rancangan pembelajarannya dengan mengisi rubrik checklist . Rubrik ini memandu Bapak/Ibu guru dalam merefleksikan perencanaan pembelajaran dengan pendekatan UbD.   Dengan   demikian, Bapak/Ibu guru dapat mengetahui sejauh mana perencanaan pembelajaran tersebut relevan dengan prinsip UbD. Modul mapel ekonomi yang saya buat bisa diliat di link dibawah ini: Ekonomi 11 Bab 2 - Pendapatan Nasional Dan Kesenjangan Ekonomi Tabel   1.2   Rubrik   Checklist   Perancangan   Pembelajaran   dengan   Prinsip   UbD   Item   Pernyataan Sudah Belum   Langkah   1.   Menentukan   Tujuan   Pembelajaran   Saya mengidentifikasi sasaran pembelajaran dan fokus pada pemahaman   konsep   yang   mendalam   dan   penerapan   pengetah