Langsung ke konten utama

SiteMap






AKM

  1. Assesmen Nasional Merupakan Komponen Penting Pendidikan - New!

Assesmen nasional

  1. Assesmen Nasional Merupakan Komponen Penting Pendidikan - New!

Guru

  1. Guru Biasa Hanya Memberitahu, Guru Baik Menjelaskan, Guru Yang Sangat Baik Menunjukkan, dan Guru Hebat Menginspirasi - New!

Kompetensi

  1. Empat Kompetensi Dasar Yang Harus Di Miliki Guru Berdasarkan UU No.14 TAHUN 2005

Materi Ujian PPPK

  1. Materi Ujian PPPK Tahun 2021

PPG UNS Heru fahrudin

  1. A.3.4 Hasil Telaah dan minta komentar teman sejawat | Materi Rancangan Pembelajaran dengan Pendekatan TaRL - New!
  2. A.4.3 Telaah Pembelajaran dengan Penerapan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) - New!
  3. A.I.3 Hasil Telaah dan minta komentar teman sejawat # A. I. Menerapkan Prinsip Understanding by Design Pada Pembelajaran - New!

Paedagogik

  1. Materi Paedagogik | 1.1 TEORI BELAJAR
  2. Materi Paedagogik | 1.2 Karakteristik Peserta Didik
  3. Materi Paedagogik | 2.0 Desain Pembelajaran ( Perencanaan Pembelajaran)
  4. Materi Paedagogik | 2.0 HOTS (High Order Teaching Skill) Untuk Perencanaan Pembelajaran
  5. Materi Paedagogik | 3.0 Dasar Komunikasi
  6. Materi Paedagogik | 3.1 Model Pembelajaran (Pelaksanaan Pembelajaran) - New!
  7. Materi Paedagogik | 4.1 Penilaian (Part 1/2)
  8. Materi Paedagogik | 4.1 Penilaian (Part 2/2)
  9. Materi Paedagogik | 5.0 Pengembangan Potensi Peserta Didik Part (1/4)
  10. Materi Paedagogik | Perkembangan Potensi Peserta Didik ( Part 2/4)
  11. Teori Belajar Piramida Belajar Edgar Dale, Piaget, Ausubel, Gagne, Bruner, Kohlberg dan Maslow

Soal Latihan

  1. SOAL LATIHAN PPPK 2021 | Paket 1 - New!

Soal Ujian PPPK

  1. Soal teknis Kompetensi Prakarya PPPL - New!
  2. Soal-Soal Materi Paedagogik | 1.2 Karateristik Peserta Didik
  3. Soal-Soal Materi Paedagogik | 1.Teori Belajar
  4. Soal-soal Materi Paedagogik | 2.0 Desain Pembelajaran
  5. Soal-soal Materi Paedagogik | 3.0 Dasar Komunikasi
  6. Soal-soal Materi paedagogik | 2.0 HOTS (High Order Thingking Skill) Untuk Perencanaan Pembelajaran
  7. Soal-soal Paedagogik | 4.0 Penilaian
  8. Soal-soal Paedagogik | 5. Pengembangan Potensi Peserta Didik

Teori Belajar

  1. Teori Belajar Piramida Belajar Edgar Dale, Piaget, Ausubel, Gagne, Bruner, Kohlberg dan Maslow
  2. Teori Belajar Skinner (Penguatan), Albert Bandura (Meniru), Pavlov (Pembiasaan), Thorndike (Drill), Hull (kebutuhan Biologis dalam Pembelajaran), Vygotsky (Interaksi Sosial) , Jerome Brunner ( Enaktif, Ikonik, Simbolik) - New!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

A.4.3 Telaah Pembelajaran dengan Penerapan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT)

Mengapa Guru Perlu Memahami Culturally ResponsiveTeaching? Culturally Responsive Teaching adalah konsep yang sangat penting bagi guru untuk dipahami karena dapat membantu mereka dalam memberikan pengajaran yang lebih efektif dan relevan bagi siswa dari berbagai latar belakang budaya.  Dengan memahami konsep ini, guru dapat mengembangkan kemampuan mereka dalam memahami kebutuhan dan keunikan siswa dari berbagai latar belakang budaya, sehingga mereka dapat merancang pengajaran yang lebih inklusif dan menarik bagi siswa. Definisi Culturally Responsive Teaching Culturally Responsive Teaching adalah pendekatan pengajaran yang memperhatikan keberagaman budaya dan latar belakang siswa dalam proses pembelajaran . Konsep ini melibatkan penggunaan strategi dan teknik pengajaran yang mencerminkan keberagaman siswa, serta memperhitungkan perbedaan budaya dalam cara siswa belajar. Dalam praktiknya, guru yang menerapkan Culturally Responsive Teaching akan memastikan bahwa materi pelajaran yang d...

A.3.4 Hasil Telaah dan minta komentar teman sejawat | Materi Rancangan Pembelajaran dengan Pendekatan TaRL

Pemahaman Merancang Pembelajaran Berbasis TaRL Teaching at The Right Level (TaRL) merupakan pendekatan pembelajaran yang fokus pada tingkat kemampuan peserta didik. Saat menjadi guru, Bapak/Ibu guru mungkin pernah menemukan peserta didik yang belum mampu mencapai tujuan pembelajaran yang ditetapkan. Dibawah ini adalah Indetifikasi Pemahaman Merancang Pembelajaran Berbasis TaRL yang berbentu tabel Tabel 3.2 Elaborasi Pemahaman Merancang Pembelajaran Berbasis TaRL Komponen Pembelajaran   Apa   yang saya ketahui   Apa yang ingin   saya ketahui   Bagaimana   saya dapat mengetahuinya   Apa yang telah   saya pelajari   Tujuan   pembelajaran TP berasal dari analisi Kata kerja Operasional(komptensi) dan ruang lingkup materi yang menjadi tujuan akhir dari pembelajaran TP yang dari CP apakah perlu diturunkan lagi menurut tingkat kognitif Bloom atau hanya dari TP Mencari Praktek baik dari guru berbagi di PMM dan mencari refenrensi materi yang ...

A.I.3 Hasil Telaah dan minta komentar teman sejawat # A. I. Menerapkan Prinsip Understanding by Design Pada Pembelajaran

Bapak/Ibu guru, pada tahap sebelumnya Bapak/Ibu guru telah mengeksplorasi prinsip UbD dalam merancang pembelajaran. Pada tahap ini, siapkan salah satu perencanaan pembelajaran (RPP/modul ajar) yang Bapak/Ibu guru miliki. Ajaklah   teman sejawat/kepala sekolah/pengawas untuk menelaah rancangan pembelajarannya dengan mengisi rubrik checklist . Rubrik ini memandu Bapak/Ibu guru dalam merefleksikan perencanaan pembelajaran dengan pendekatan UbD.   Dengan   demikian, Bapak/Ibu guru dapat mengetahui sejauh mana perencanaan pembelajaran tersebut relevan dengan prinsip UbD. Modul mapel ekonomi yang saya buat bisa diliat di link dibawah ini: Ekonomi 11 Bab 2 - Pendapatan Nasional Dan Kesenjangan Ekonomi Tabel   1.2   Rubrik   Checklist   Perancangan   Pembelajaran   dengan   Prinsip   UbD   Item   Pernyataan Sudah Belum   Langkah   1.   Menentukan   Tujuan   Pembelajaran   Saya mengidentifikasi sasaran...