Langsung ke konten utama

Soal-soal Materi Paedagogik | 3.0 Dasar Komunikasi

 

Soal-soal materi paedagogik untuk Dasar komunikasi. Liat materi Dasar Komunikasi klik disini sebelum coba menjawab soal yang berasal dari SIM PKB materi Paedagodik



Question 1

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Salah satu faktor penunjang keberhasilan komunikasi yang efektif adalah faktor etos (nilai-nilai) pada diri komunikator. Secara teoretis, hal-hal apa sajakah yang dapat membangun etos guru sebagai komunikator dalam pembelajaran?

Select one:
a.

Daya tarik dan kecerdasan

b.

Kepercayaan dan daya tarik

c.

Emosi dan intelektual

d.

Kepercayaan dan latar belakang budaya

Feedback

Question 2

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Lima hal yang perlu diperhatikan guru dalam membangun iklim komunikasi yang positif dengan peserta didik yaitu ....

Select one:
a.

Respect, emphaty, audible, seriousness, dan preparedness

b.

Respect, emphaty, audible, clarity, dan preparedness

c.

Respect, emphaty, audible, clarity, dan humble

d.

Respect, sympaty, audible, clarity, dan humble

Feedback

Question 3

Complete
Mark 0.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Perhatikan contoh kegiatan berikut ini: 1) menyampaikan tujuan yang ingin dicapai pada kegiatan pembelajaran, 2) mempersiapan hal-hal apa yang harus dilakukan baik oleh guru maupun siswa pada pembelajaran, dan 3) menyampaikan topik atau materi apa saja yang akan dibahas pada pembelajaran yang akan dilakukan. Contoh ke tiga hal tersebut, dalam kegiatan komunikasi termasuk kegiatan dalam upaya untuk menyamakan … dalam komunikasi.

Select one:
a.

Persepsi

b.

Pespekstif

c.

Prasangka

d.

Tujuan

Feedback

Question 4

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Dari pernyataan di bawah ini, pernyataan manakah yang kurang tepat untuk menjelaskan tentang komunikasi yang efektif?

Select one:
a.

Komunikasi efektif dapat terjadi apabila komunikator menyampaikan pesan hanya secara linear kepada komunikan dengan maksud untuk merubah tingkah laku.

b.

Komunikasi efektif adalah komunikasi yang dilakukan oleh seseorang kepada orang lain dimana respons atau efek yang terjadi pada komunikan sesuai dengan tujuan komunikator


c.

Komunikasi dikatakan efektif apabila pesan yang

disampaikan oleh pengirim sama maknanya dengan pesan yang ditangkap dan dipahami oleh penerima

d.

Komunikasi dikatakan efektif apabila terdapat kesepahaman antara komunikator dan komunikan terhadap makna isi pesan yang disampaikan.

Feedback

Question 5

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Contoh pesan non verbal yang terjadi pada proses pembelajaran di kelas yaitu …

Select one:
a.

Siswa bertanya langsung tentang materi pelajaran yang tidak dimengerti

b.

Guru memberikan “standing applause” kepada kelompok yang presentasi hasil kerjanya bagus

c.

Siswa menanggapi langsung pertanyaan dari guru yang ditujukan kepadanya

d.

Guru memberikan instruksi dengan tegas supaya siswa tidak bekerja sama dalam mengerjakan ujian

Feedback

Question 6

Complete
Mark 0.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Menyampaikan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang ingin dicapai melalui pembelajaran yang akan dilakukan bersama-sama di suatu kelas, disampaikan oleh guru pada kegiatan …

Select one:
a.

Kegiatan inti pembelajaran

b.

Kegiatan pendahuluan

c.

Kegiatan apersepsi

d.

Kegiatan penutup

Feedback

Question 7

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Fungsi utama mengajukan pertanyaan kepada siswa dalam proses pembelajaran yaitu untuk ….

Select one:
a.

Mengajak siswa untuk berpikir dan bernalar

b.

Memenuhi rasa ingin tahu siswa

c.

Menempatkan siswa sebagai subjek belajar

d.

Mengetahui keinginan siswa

Feedback

Question 1

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Perhatikan contoh kegiatan berikut ini: 1) menyampaikan tujuan yang ingin dicapai pada kegiatan pembelajaran, 2) mempersiapan hal-hal apa yang harus dilakukan baik oleh guru maupun siswa pada pembelajaran, dan 3) menyampaikan topik atau materi apa saja yang akan dibahas pada pembelajaran yang akan dilakukan. Contoh ke tiga hal tersebut, dalam kegiatan komunikasi termasuk kegiatan dalam upaya untuk menyamakan … dalam komunikasi.

Select one:
a.

Tujuan

b.

Persepsi

c.

Prasangka

d.

Pespekstif

Feedback

Question 2

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Perhatikan kata (istilah) “likuid” dalam pebelajaran IPA, dengan kata (istilah) “likuid”/”likuiditas” dalam pembelajaran IPS. Istilah tersebut  memiliki arti yang berbeda dengan konteks masing-masing. Kesalahan memahami suatu istilah dapat menghambat dalam proses komunikasi pembelajaran. Hambatan ini biasa disebut ….

Select one:
a.

Hambatan budaya

b.

Hambatan personal

c.

Hambatan semantik

d.

Hambatan lisan

Feedback

Question 3

Complete
Mark 0.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Seorang guru menyampaikan materi pembelajaran secara langsung melalui aplikasi video conferences yang diikuti oleh siswa secara terpisah. Komunikasi yang terjadi pada kasus tersebut adalah …

Select one:
a.

Komunikasi media massa (mass media communicatin)

b.

Komunikasi langsung bermedia (mediated direct communination)

c.

Komunikasi media internet (internet media communication)

d.

Komunikasi langsung satu arah (one way direct communication)

Feedback

Question 4

Complete
Mark 0.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Seorang guru dituntut memiliki kemampuan keterampilan bertanya dalam proses pembelajaran. Diantara pernyataan di bawah ini, manakah yang kurang tepat mengenai fungsi pertanyaan dalam pembelajaran?

Select one:
a.

mengukur keberhasilan guru dalam menyampaikan pokok pelajaran

b.

mendorong minat dan motivasi siswa untuk berparsipasi aktif dalam

pembelajaran

c.

mengembangkan dan membangun konsep diri siswa secara individu

d.

merangsang siswa mencari bahan yang lebih banyak (ekslplorasi)

Feedback

Question 5

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Pertanyaan yang bertujuan untuk memunculkan minat dan keingintahuan peserta didik sehingga perhatian peserta didik terfokus sebaiknya dilakukan pada saat ….

Select one:
a.

refleksi

b.

penutup


c.

pendahuluan

d.

kegiatan inti

Feedback

Question 6

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Pada pendekatan pembelajaran saintifik, keterampilan komunikasi siswa dapat dilihat dan diukur (dinilai) pada kegiatan di bawah ini, kecuali …

Select one:
a.

Mepresentasikan hasil diskusi

b.

Mencoba atau bereksperimen

c.

Mengumpulkan data

d.

Mendiskusikan suatu masalah

Feedback

Question 7

Complete
Mark 0.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Dari pernyataan di bawah ini, pernyataan manakah yang kurang tepat untuk menjelaskan tentang komunikasi yang efektif?

Select one:
a.

Komunikasi efektif dapat terjadi apabila komunikator menyampaikan pesan hanya secara linear kepada komunikan dengan maksud untuk merubah tingkah laku.

b.

Komunikasi efektif adalah komunikasi yang dilakukan oleh seseorang kepada orang lain dimana respons atau efek yang terjadi pada komunikan sesuai dengan tujuan komunikator


c.

Komunikasi dikatakan efektif apabila pesan yang

disampaikan oleh pengirim sama maknanya dengan pesan yang ditangkap dan dipahami oleh penerima

d.

Komunikasi dikatakan efektif apabila terdapat kesepahaman antara komunikator dan komunikan terhadap makna isi pesan yang disampaikan.

Feedback

Question 1

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Pertanyaan yang bertujuan untuk memunculkan minat dan keingintahuan peserta didik sehingga perhatian peserta didik terfokus sebaiknya dilakukan pada saat ….

Select one:
a.

refleksi

b.

penutup


c.

kegiatan inti

d.

pendahuluan

Feedback

Question 2

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Berdasarkan kuantitas orang yang terlibat dalam proses komunikasi, komunikasi di golongkan menjadi beberapa jenis, yaitu …

Select one:
a.

Komunikasi kelompok, komunikasi persuasif, komunikasi koersif

b.

Komunikasi intrapersonal, komunikasi internasional, komunikasi kelompok

c.

Komunikasi interpersonal, komunikasi kelompok, komunikasi massa

d.

Komunikasi massa, komunikasi publik, komunikasi media

Feedback

Question 3

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Pada saat tertentu, siswa tidak akan memperhatikan apa yang dijelaskan oleh guru ketika dia menganggap penjelasan guru semakin tidak jelas, semakin bingung, bahkan semakin stress. Hal ini merupakan hambatan komunikasi antara guru dan siswa dalam bentuk ....

Select one:
a.

gangguan semantik

b.

gangguan mekanik

c.

gangguan kepentingan

d.

gangguan fisik

Feedback

Question 4

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Merancang pertanyaan-pertanyaan dalam proses pembelajaran yang bertujuan memotivasi siswa untuk tetap menaruh perhatian pada pelajaran, dan mengontrol siswa tetap fokus pada pelajaran, sebaiknya dibuat/disusun dalam Rencana Program Pembelajaran pada bagian ….

Select one:
a.

Tujuan Pembelajaran

b.

Kegiatan pendahuluan

c.

Kegiatan Evaluasi

d.

Kegiatan Inti

Feedback

Question 5

Complete
Mark 0.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Seorang guru dituntut memiliki kemampuan keterampilan bertanya dalam proses pembelajaran. Diantara pernyataan di bawah ini, manakah yang kurang tepat mengenai fungsi pertanyaan dalam pembelajaran?

Select one:
a.

merangsang siswa mencari bahan yang lebih banyak (ekslplorasi)

b.

mengembangkan dan membangun konsep diri siswa secara individu

c.

mendorong minat dan motivasi siswa untuk berparsipasi aktif dalam

pembelajaran

d.

mengukur keberhasilan guru dalam menyampaikan pokok pelajaran

Feedback

Question 6

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Secara sederhana komunikasi dikatakan efektif apabila pesan yang disampaikan oleh pengirim sama maknanya dengan pesan yang ditangkap dan dipahami oleh penerima. Diagram yang menunjukkan komunikasi efektif adalah....

Select one:
a.

Action --------> understanding Perception -----> interpretation

b.

Perception -----> interpretation --------> action -------> understanding

c.

Action ----perception -----> interpretation --------> understanding

d.

Perception -----> interpretation --------> understanding -------> action

Feedback

Question 7

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Komunikasi itu merupakan proses simbolik. Pernyataan ini merupakan …

Select one:
a.

Bentuk komunikasi

b.

Prinsip komunikasi

c.

Tujuan komunikasi

d.

Istilah komunikasi

Feedback


Salah satu faktor penunjang keberhasilan komunikasi yang efektif adalah faktor etos (nilai-nilai) pada diri komunikator. Secara teoretis, hal-hal apa sajakah yang dapat membangun etos guru sebagai komunikator dalam pembelajaran?

Select one:
a.

Daya tarik dan kecerdasan

b.

Kepercayaan dan daya tarik

c.

Emosi dan intelektual

d.

Kepercayaan dan latar belakang budaya

Feedback

Question 2

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Lima hal yang perlu diperhatikan guru dalam membangun iklim komunikasi yang positif dengan peserta didik yaitu ....

Select one:
a.

Respect, emphaty, audible, seriousness, dan preparedness

b.

Respect, emphaty, audible, clarity, dan preparedness

c.

Respect, emphaty, audible, clarity, dan humble

d.

Respect, sympaty, audible, clarity, dan humble

Feedback

Question 3

Complete
Mark 0.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Perhatikan contoh kegiatan berikut ini: 1) menyampaikan tujuan yang ingin dicapai pada kegiatan pembelajaran, 2) mempersiapan hal-hal apa yang harus dilakukan baik oleh guru maupun siswa pada pembelajaran, dan 3) menyampaikan topik atau materi apa saja yang akan dibahas pada pembelajaran yang akan dilakukan. Contoh ke tiga hal tersebut, dalam kegiatan komunikasi termasuk kegiatan dalam upaya untuk menyamakan … dalam komunikasi.

Select one:
a.

Persepsi

b.

Pespekstif

c.

Prasangka

d.

Tujuan

Feedback

Question 4

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Dari pernyataan di bawah ini, pernyataan manakah yang kurang tepat untuk menjelaskan tentang komunikasi yang efektif?

Select one:
a.

Komunikasi efektif dapat terjadi apabila komunikator menyampaikan pesan hanya secara linear kepada komunikan dengan maksud untuk merubah tingkah laku.

b.

Komunikasi efektif adalah komunikasi yang dilakukan oleh seseorang kepada orang lain dimana respons atau efek yang terjadi pada komunikan sesuai dengan tujuan komunikator


c.

Komunikasi dikatakan efektif apabila pesan yang

disampaikan oleh pengirim sama maknanya dengan pesan yang ditangkap dan dipahami oleh penerima

d.

Komunikasi dikatakan efektif apabila terdapat kesepahaman antara komunikator dan komunikan terhadap makna isi pesan yang disampaikan.

Feedback

Question 5

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Contoh pesan non verbal yang terjadi pada proses pembelajaran di kelas yaitu …

Select one:
a.

Siswa bertanya langsung tentang materi pelajaran yang tidak dimengerti

b.

Guru memberikan “standing applause” kepada kelompok yang presentasi hasil kerjanya bagus

c.

Siswa menanggapi langsung pertanyaan dari guru yang ditujukan kepadanya

d.

Guru memberikan instruksi dengan tegas supaya siswa tidak bekerja sama dalam mengerjakan ujian

Feedback

Question 6

Complete
Mark 0.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Menyampaikan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang ingin dicapai melalui pembelajaran yang akan dilakukan bersama-sama di suatu kelas, disampaikan oleh guru pada kegiatan …

Select one:
a.

Kegiatan inti pembelajaran

b.

Kegiatan pendahuluan

c.

Kegiatan apersepsi

d.

Kegiatan penutup

Feedback

Question 7

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Fungsi utama mengajukan pertanyaan kepada siswa dalam proses pembelajaran yaitu untuk ….

Select one:
a.

Mengajak siswa untuk berpikir dan bernalar

b.

Memenuhi rasa ingin tahu siswa

c.

Menempatkan siswa sebagai subjek belajar

d.

Mengetahui keinginan siswa

Feedback

Komentar

Postingan populer dari blog ini

A.4.3 Telaah Pembelajaran dengan Penerapan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT)

Mengapa Guru Perlu Memahami Culturally ResponsiveTeaching? Culturally Responsive Teaching adalah konsep yang sangat penting bagi guru untuk dipahami karena dapat membantu mereka dalam memberikan pengajaran yang lebih efektif dan relevan bagi siswa dari berbagai latar belakang budaya.  Dengan memahami konsep ini, guru dapat mengembangkan kemampuan mereka dalam memahami kebutuhan dan keunikan siswa dari berbagai latar belakang budaya, sehingga mereka dapat merancang pengajaran yang lebih inklusif dan menarik bagi siswa. Definisi Culturally Responsive Teaching Culturally Responsive Teaching adalah pendekatan pengajaran yang memperhatikan keberagaman budaya dan latar belakang siswa dalam proses pembelajaran . Konsep ini melibatkan penggunaan strategi dan teknik pengajaran yang mencerminkan keberagaman siswa, serta memperhitungkan perbedaan budaya dalam cara siswa belajar. Dalam praktiknya, guru yang menerapkan Culturally Responsive Teaching akan memastikan bahwa materi pelajaran yang disam

A.3.4 Hasil Telaah dan minta komentar teman sejawat | Materi Rancangan Pembelajaran dengan Pendekatan TaRL

Pemahaman Merancang Pembelajaran Berbasis TaRL Teaching at The Right Level (TaRL) merupakan pendekatan pembelajaran yang fokus pada tingkat kemampuan peserta didik. Saat menjadi guru, Bapak/Ibu guru mungkin pernah menemukan peserta didik yang belum mampu mencapai tujuan pembelajaran yang ditetapkan. Dibawah ini adalah Indetifikasi Pemahaman Merancang Pembelajaran Berbasis TaRL yang berbentu tabel Tabel 3.2 Elaborasi Pemahaman Merancang Pembelajaran Berbasis TaRL Komponen Pembelajaran   Apa   yang saya ketahui   Apa yang ingin   saya ketahui   Bagaimana   saya dapat mengetahuinya   Apa yang telah   saya pelajari   Tujuan   pembelajaran TP berasal dari analisi Kata kerja Operasional(komptensi) dan ruang lingkup materi yang menjadi tujuan akhir dari pembelajaran TP yang dari CP apakah perlu diturunkan lagi menurut tingkat kognitif Bloom atau hanya dari TP Mencari Praktek baik dari guru berbagi di PMM dan mencari refenrensi materi yang ada di PMM dan materi sertifikasi pendidik juga di PMM

A.I.3 Hasil Telaah dan minta komentar teman sejawat # A. I. Menerapkan Prinsip Understanding by Design Pada Pembelajaran

Bapak/Ibu guru, pada tahap sebelumnya Bapak/Ibu guru telah mengeksplorasi prinsip UbD dalam merancang pembelajaran. Pada tahap ini, siapkan salah satu perencanaan pembelajaran (RPP/modul ajar) yang Bapak/Ibu guru miliki. Ajaklah   teman sejawat/kepala sekolah/pengawas untuk menelaah rancangan pembelajarannya dengan mengisi rubrik checklist . Rubrik ini memandu Bapak/Ibu guru dalam merefleksikan perencanaan pembelajaran dengan pendekatan UbD.   Dengan   demikian, Bapak/Ibu guru dapat mengetahui sejauh mana perencanaan pembelajaran tersebut relevan dengan prinsip UbD. Modul mapel ekonomi yang saya buat bisa diliat di link dibawah ini: Ekonomi 11 Bab 2 - Pendapatan Nasional Dan Kesenjangan Ekonomi Tabel   1.2   Rubrik   Checklist   Perancangan   Pembelajaran   dengan   Prinsip   UbD   Item   Pernyataan Sudah Belum   Langkah   1.   Menentukan   Tujuan   Pembelajaran   Saya mengidentifikasi sasaran pembelajaran dan fokus pada pemahaman   konsep   yang   mendalam   dan   penerapan   pengetah