Soal-soal materi paedagogik untuk Dasar komunikasi. Liat materi Dasar Komunikasi klik disini sebelum coba menjawab soal yang berasal dari SIM PKB materi Paedagodik
Question 1
Question text
Salah satu faktor penunjang keberhasilan komunikasi yang efektif adalah faktor etos (nilai-nilai) pada diri komunikator. Secara teoretis, hal-hal apa sajakah yang dapat membangun etos guru sebagai komunikator dalam pembelajaran?
Daya tarik dan kecerdasan
Kepercayaan dan daya tarik
Emosi dan intelektual
Kepercayaan dan latar belakang budaya
Feedback
Question 2
Question text
Lima hal yang perlu diperhatikan guru dalam membangun iklim komunikasi yang positif dengan peserta didik yaitu ....
Respect, emphaty, audible, seriousness, dan preparedness
Respect, emphaty, audible, clarity, dan preparedness
Respect, emphaty, audible, clarity, dan humble
Respect, sympaty, audible, clarity, dan humble
Feedback
Question 3
Question text
Perhatikan contoh kegiatan berikut ini: 1) menyampaikan tujuan yang ingin dicapai pada kegiatan pembelajaran, 2) mempersiapan hal-hal apa yang harus dilakukan baik oleh guru maupun siswa pada pembelajaran, dan 3) menyampaikan topik atau materi apa saja yang akan dibahas pada pembelajaran yang akan dilakukan. Contoh ke tiga hal tersebut, dalam kegiatan komunikasi termasuk kegiatan dalam upaya untuk menyamakan … dalam komunikasi.
Persepsi
Pespekstif
Prasangka
Tujuan
Feedback
Question 4
Question text
Dari pernyataan di bawah ini, pernyataan manakah yang kurang tepat untuk menjelaskan tentang komunikasi yang efektif?
Komunikasi efektif dapat terjadi apabila komunikator menyampaikan pesan hanya secara linear kepada komunikan dengan maksud untuk merubah tingkah laku.
Komunikasi efektif adalah komunikasi yang dilakukan oleh seseorang kepada orang lain dimana respons atau efek yang terjadi pada komunikan sesuai dengan tujuan komunikator |
Komunikasi dikatakan efektif apabila pesan yang
disampaikan oleh pengirim sama maknanya dengan pesan yang ditangkap dan dipahami oleh penerimaKomunikasi dikatakan efektif apabila terdapat kesepahaman antara komunikator dan komunikan terhadap makna isi pesan yang disampaikan.
Feedback
Question 5
Question text
Contoh pesan non verbal yang terjadi pada proses pembelajaran di kelas yaitu …
Siswa bertanya langsung tentang materi pelajaran yang tidak dimengerti
Guru memberikan “standing applause” kepada kelompok yang presentasi hasil kerjanya bagus
Siswa menanggapi langsung pertanyaan dari guru yang ditujukan kepadanya
Guru memberikan instruksi dengan tegas supaya siswa tidak bekerja sama dalam mengerjakan ujian
Feedback
Question 6
Question text
Menyampaikan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang ingin dicapai melalui pembelajaran yang akan dilakukan bersama-sama di suatu kelas, disampaikan oleh guru pada kegiatan …
Kegiatan inti pembelajaran
Kegiatan pendahuluan
Kegiatan apersepsi
Kegiatan penutup
Feedback
Question 7
Question text
Fungsi utama mengajukan pertanyaan kepada siswa dalam proses pembelajaran yaitu untuk ….
Mengajak siswa untuk berpikir dan bernalar
Memenuhi rasa ingin tahu siswa
Menempatkan siswa sebagai subjek belajar
Mengetahui keinginan siswa
Feedback
Question 1
Question text
Perhatikan contoh kegiatan berikut ini: 1) menyampaikan tujuan yang ingin dicapai pada kegiatan pembelajaran, 2) mempersiapan hal-hal apa yang harus dilakukan baik oleh guru maupun siswa pada pembelajaran, dan 3) menyampaikan topik atau materi apa saja yang akan dibahas pada pembelajaran yang akan dilakukan. Contoh ke tiga hal tersebut, dalam kegiatan komunikasi termasuk kegiatan dalam upaya untuk menyamakan … dalam komunikasi.
Tujuan
Persepsi
Prasangka
Pespekstif
Feedback
Question 2
Question text
Perhatikan kata (istilah) “likuid” dalam pebelajaran IPA, dengan kata (istilah) “likuid”/”likuiditas” dalam pembelajaran IPS. Istilah tersebut memiliki arti yang berbeda dengan konteks masing-masing. Kesalahan memahami suatu istilah dapat menghambat dalam proses komunikasi pembelajaran. Hambatan ini biasa disebut ….
Hambatan budaya
Hambatan personal
Hambatan semantik
Hambatan lisan
Feedback
Question 3
Question text
Seorang guru menyampaikan materi pembelajaran secara langsung melalui aplikasi video conferences yang diikuti oleh siswa secara terpisah. Komunikasi yang terjadi pada kasus tersebut adalah …
Komunikasi media massa (mass media communicatin)
Komunikasi langsung bermedia (mediated direct communination)
Komunikasi media internet (internet media communication)
Komunikasi langsung satu arah (one way direct communication)
Feedback
Question 4
Question text
Seorang guru dituntut memiliki kemampuan keterampilan bertanya dalam proses pembelajaran. Diantara pernyataan di bawah ini, manakah yang kurang tepat mengenai fungsi pertanyaan dalam pembelajaran?
mengukur keberhasilan guru dalam menyampaikan pokok pelajaran
mendorong minat dan motivasi siswa untuk berparsipasi aktif dalam
pembelajaranmengembangkan dan membangun konsep diri siswa secara individu
merangsang siswa mencari bahan yang lebih banyak (ekslplorasi)
Feedback
Question 5
Question text
Pertanyaan yang bertujuan untuk memunculkan minat dan keingintahuan peserta didik sehingga perhatian peserta didik terfokus sebaiknya dilakukan pada saat ….
refleksi
penutup
pendahuluan
kegiatan inti
Feedback
Question 6
Question text
Pada pendekatan pembelajaran saintifik, keterampilan komunikasi siswa dapat dilihat dan diukur (dinilai) pada kegiatan di bawah ini, kecuali …
Mepresentasikan hasil diskusi
Mencoba atau bereksperimen
Mengumpulkan data
Mendiskusikan suatu masalah
Feedback
Question 7
Question text
Dari pernyataan di bawah ini, pernyataan manakah yang kurang tepat untuk menjelaskan tentang komunikasi yang efektif?
Komunikasi efektif dapat terjadi apabila komunikator menyampaikan pesan hanya secara linear kepada komunikan dengan maksud untuk merubah tingkah laku.
Komunikasi efektif adalah komunikasi yang dilakukan oleh seseorang kepada orang lain dimana respons atau efek yang terjadi pada komunikan sesuai dengan tujuan komunikator |
Komunikasi dikatakan efektif apabila pesan yang
disampaikan oleh pengirim sama maknanya dengan pesan yang ditangkap dan dipahami oleh penerimaKomunikasi dikatakan efektif apabila terdapat kesepahaman antara komunikator dan komunikan terhadap makna isi pesan yang disampaikan.
Feedback
Question 1
Question text
Pertanyaan yang bertujuan untuk memunculkan minat dan keingintahuan peserta didik sehingga perhatian peserta didik terfokus sebaiknya dilakukan pada saat ….
refleksi
penutup
kegiatan inti
pendahuluan
Feedback
Question 2
Question text
Berdasarkan kuantitas orang yang terlibat dalam proses komunikasi, komunikasi di golongkan menjadi beberapa jenis, yaitu …
Komunikasi kelompok, komunikasi persuasif, komunikasi koersif
Komunikasi intrapersonal, komunikasi internasional, komunikasi kelompok
Komunikasi interpersonal, komunikasi kelompok, komunikasi massa
Komunikasi massa, komunikasi publik, komunikasi media
Feedback
Question 3
Question text
Pada saat tertentu, siswa tidak akan memperhatikan apa yang dijelaskan oleh guru ketika dia menganggap penjelasan guru semakin tidak jelas, semakin bingung, bahkan semakin stress. Hal ini merupakan hambatan komunikasi antara guru dan siswa dalam bentuk ....
gangguan semantik
gangguan mekanik
gangguan kepentingan
gangguan fisik
Feedback
Question 4
Question text
Merancang pertanyaan-pertanyaan dalam proses pembelajaran yang bertujuan memotivasi siswa untuk tetap menaruh perhatian pada pelajaran, dan mengontrol siswa tetap fokus pada pelajaran, sebaiknya dibuat/disusun dalam Rencana Program Pembelajaran pada bagian ….
Tujuan Pembelajaran
Kegiatan pendahuluan
Kegiatan Evaluasi
Kegiatan Inti
Feedback
Question 5
Question text
Seorang guru dituntut memiliki kemampuan keterampilan bertanya dalam proses pembelajaran. Diantara pernyataan di bawah ini, manakah yang kurang tepat mengenai fungsi pertanyaan dalam pembelajaran?
merangsang siswa mencari bahan yang lebih banyak (ekslplorasi)
mengembangkan dan membangun konsep diri siswa secara individu
mendorong minat dan motivasi siswa untuk berparsipasi aktif dalam
pembelajaranmengukur keberhasilan guru dalam menyampaikan pokok pelajaran
Feedback
Question 6
Question text
Secara sederhana komunikasi dikatakan efektif apabila pesan yang disampaikan oleh pengirim sama maknanya dengan pesan yang ditangkap dan dipahami oleh penerima. Diagram yang menunjukkan komunikasi efektif adalah....
Action --------> understanding Perception -----> interpretation
Perception -----> interpretation --------> action -------> understanding
Action ----perception -----> interpretation --------> understanding
Perception -----> interpretation --------> understanding -------> action
Feedback
Question 7
Question text
Komunikasi itu merupakan proses simbolik. Pernyataan ini merupakan …
Bentuk komunikasi
Prinsip komunikasi
Tujuan komunikasi
Istilah komunikasi
Feedback
Salah satu faktor penunjang keberhasilan komunikasi yang efektif adalah faktor etos (nilai-nilai) pada diri komunikator. Secara teoretis, hal-hal apa sajakah yang dapat membangun etos guru sebagai komunikator dalam pembelajaran?
Daya tarik dan kecerdasan
Kepercayaan dan daya tarik
Emosi dan intelektual
Kepercayaan dan latar belakang budaya
Feedback
Question 2
Question text
Lima hal yang perlu diperhatikan guru dalam membangun iklim komunikasi yang positif dengan peserta didik yaitu ....
Respect, emphaty, audible, seriousness, dan preparedness
Respect, emphaty, audible, clarity, dan preparedness
Respect, emphaty, audible, clarity, dan humble
Respect, sympaty, audible, clarity, dan humble
Feedback
Question 3
Question text
Perhatikan contoh kegiatan berikut ini: 1) menyampaikan tujuan yang ingin dicapai pada kegiatan pembelajaran, 2) mempersiapan hal-hal apa yang harus dilakukan baik oleh guru maupun siswa pada pembelajaran, dan 3) menyampaikan topik atau materi apa saja yang akan dibahas pada pembelajaran yang akan dilakukan. Contoh ke tiga hal tersebut, dalam kegiatan komunikasi termasuk kegiatan dalam upaya untuk menyamakan … dalam komunikasi.
Persepsi
Pespekstif
Prasangka
Tujuan
Feedback
Question 4
Question text
Dari pernyataan di bawah ini, pernyataan manakah yang kurang tepat untuk menjelaskan tentang komunikasi yang efektif?
Komunikasi efektif dapat terjadi apabila komunikator menyampaikan pesan hanya secara linear kepada komunikan dengan maksud untuk merubah tingkah laku.
Komunikasi efektif adalah komunikasi yang dilakukan oleh seseorang kepada orang lain dimana respons atau efek yang terjadi pada komunikan sesuai dengan tujuan komunikator |
Komunikasi dikatakan efektif apabila pesan yang
disampaikan oleh pengirim sama maknanya dengan pesan yang ditangkap dan dipahami oleh penerimaKomunikasi dikatakan efektif apabila terdapat kesepahaman antara komunikator dan komunikan terhadap makna isi pesan yang disampaikan.
Feedback
Question 5
Question text
Contoh pesan non verbal yang terjadi pada proses pembelajaran di kelas yaitu …
Siswa bertanya langsung tentang materi pelajaran yang tidak dimengerti
Guru memberikan “standing applause” kepada kelompok yang presentasi hasil kerjanya bagus
Siswa menanggapi langsung pertanyaan dari guru yang ditujukan kepadanya
Guru memberikan instruksi dengan tegas supaya siswa tidak bekerja sama dalam mengerjakan ujian
Feedback
Question 6
Question text
Menyampaikan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang ingin dicapai melalui pembelajaran yang akan dilakukan bersama-sama di suatu kelas, disampaikan oleh guru pada kegiatan …
Kegiatan inti pembelajaran
Kegiatan pendahuluan
Kegiatan apersepsi
Kegiatan penutup
Feedback
Question 7
Question text
Fungsi utama mengajukan pertanyaan kepada siswa dalam proses pembelajaran yaitu untuk ….
Mengajak siswa untuk berpikir dan bernalar
Memenuhi rasa ingin tahu siswa
Menempatkan siswa sebagai subjek belajar
Mengetahui keinginan siswa
Komentar
Posting Komentar