Langsung ke konten utama

Soal-soal Materi paedagogik | 2.0 HOTS (High Order Thingking Skill) Untuk Perencanaan Pembelajaran

 

Contoh Soal-soal materi Paedagogik untuk keterampilan berfikir tingkat tinggi bisa lihat dibawah ini, sebelumnya anda bisa baca materinya di HOTS (High Order Thinking Skill)





1. Pada pendidikan abad ke-21, kompetensi Collaboration sangat penting karena peserta didik dapat....

a. bekerja sama dalam sebuah kelompok dalam memecahkan permasalahan yang ditemukan

b. menghasilkan, mengembangkan, dan mengimplementasikan ide-ide mereka secara kreatif baik secara mandiri maupun berkelompok

c. mengidentifikasi, menganalisis, menginterpretasikan, dan mengevaluasi bukti-bukti, argumentasi, klaim dan data-data yang tersaji secara luas melalui pengkajian secara mendalam, serta merefleksikannya dalam kehidupan sehari-hari

d. mengomunikasikan ide-ide dan gagasan secara efektif menggunakan media lisan, tertulis, maupun teknologi

Feedback

The correct answer is: bekerja sama dalam sebuah kelompok dalam memecahkan permasalahan yang ditemukan


2. Contoh aktivitas pembelajaran yang mengasah keterampilan berpikir tingkat tinggi adalah ....

a. membandingkan hasil pengamatan cuaca melalui alat manual dan aplikasi

b. membaca berbagai sumber tentang cuaca dan iklim

c. melihat video tentang cuaca

d. mencatat hasil pengamatan cuaca

Feedback

The correct answer is: membandingkan hasil pengamatan cuaca melalui alat manual dan aplikasi


3. Salah satu proses kognitif adalah “menganalisis” yang maknanya adalah ....

a. membangun arti dari proses pembelajaran, termasuk komunikasi lisan, tertulis dan gambar

b. memecah materi ke dalam bagian-bagian dan menentukan bagaimana bagian-bagian itu terhubungkan antar bagian

c. melakukan atau menggunakan prosedur di dalam situasi yang tidak biasa

d. menempatkan unsur-unsur secara bersama-sama untuk membentuk keseluruhan secara koheren atau fungsional

Feedback

The correct answer is: memecah materi ke dalam bagian-bagian dan menentukan bagaimana bagian-bagian itu terhubungkan antar bagian


4. Perhatikan pernyataan berikut.

Mudah beradaptasi dan mampu mengelola kompleksitas. 

Keingintahuan, kreativitas, dan pengambilan risiko. 

Berpikir tingkat tinggi dan alasan yang masuk akal. 

Pernyataan tersebut merupakan ciri-ciri dari sebagai bagian dari keterampilan Abad ke-21.

a. High Productivity

b. Effective Communication

c. Inventive Thinking

d. Digital Age Literacy

Feedback

The correct answer is: Inventive Thinking

5. Manakah diantara pernyataan berikut yang merupakan indikator pengayaan dari Kompetensi Dasar “Menganalisisperan ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya untuk memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa”?

a. Membandingkan peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya.

b. Menjelaskan peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang budaya.

c. Mengklasifikasi peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya.

d. Merasionalkan peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya.

Feedback

The correct answer is: Membandingkan peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya.

6. Strategi guru saat peserta didik belum siap melakukan keterampilan berpikir tingkat tinggi adalah....

a. membangun skemata dari pengetahuan awal yang telah diperoleh sebelumnya dengan pengetahuan baru yang akan diajarkan

b. merubah perencanaan disesuaikan dengan kemampuan siswa

c. membentuk kelompok siswa dengan kemampuan yang heterogen

d. tetap melakukan aktivitas dengan keterampilan berpikir tingkat tinggi

Feedback

The correct answer is: tetap melakukan aktivitas dengan keterampilan berpikir tingkat tinggi

7. Pada KD “Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya pelestariannya,”pengembangan materi pengayaan pada KD tersebut adalah ....

a. membandingkan siklus makhluk hidup satu dengan yang lainnya

b. menganalisis hubungan antara siklus hidup dengan upaya pelestarian

c. menyebutkan upaya pelestarian beberapa jenis makhluk hidup

d. menjelaskan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup

Feedback

The correct answer is: menganalisis hubungan antara siklus hidup dengan upaya pelestarian


Question 1

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Perhatikan pernyataan berikut.
  • Mudah beradaptasi dan mampu mengelola kompleksitas. 
  • Keingintahuan, kreativitas, dan pengambilan risiko. 
  • Berpikir tingkat tinggi dan alasan yang masuk akal. 
Pernyataan tersebut merupakan ciri-ciri dari sebagai bagian dari keterampilan Abad ke-21.
a.
Digital Age Literacy
b.
Effective Communication
c.
Inventive Thinking
d.
High Productivity

Feedback

Question 2

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Manakah diantara pernyataan berikut yang merupakan indikator pengayaan dari Kompetensi Dasar “Menganalisisperan ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya untuk memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa”?

a.
Merasionalkan peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya.
b.
Mengklasifikasi peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya.
c.
Menjelaskan peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang budaya.
d.
Membandingkan peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya.

Feedback

Question 3

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Keterampilan berpikir tingkat tinggi memiliki beberapa aspek. Pemahaman bahwa keterampilan untuk dapat memecahkan masalah yang muncul pada kehidupan sehari-hari merupakan bagian dari aspek keterampilan berpikir tingkat tinggi sebagai..
a.
transfer knowledge
b.
problem solving
c.
critical thinking
d.
creative thinking

Feedback

Question 4

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Indikator kunci dari kompetensi dasar Menghubungkan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar” adalah ….

a.
menjelaskan tentang gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar
b.
mengklasifikasi tentang gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar
c.
menguji hubungan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar
d.
menganalisis hubungan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar

Feedback

Question 5

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Contoh aktivitas pembelajaran yang mengasah keterampilan berpikir tingkat tinggi adalah ....
a.
mencatat hasil pengamatan cuaca
b.
membaca berbagai sumber tentang cuaca dan iklim
c.
melihat video tentang cuaca
d.
membandingkan hasil pengamatan cuaca melalui alat manual dan aplikasi

Feedback

Question 6

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Rumusan indikator kunci untuk kompetensi dasar Menganalisis hubungan antar komponen ekosistem dan jaring-jaring makanan di lingkungan sekitar,” adalah..


a.
menyebutkan pengertian ekosistem
b.
menjelaskan jaring-jaring makanan
c.
menelaah hubungan antar komponen ekosistem
d.
menggeneralisasi hubungan antar komponen ekosistem

Feedback

Question 7

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Strategi guru saat peserta didik belum siap melakukan keterampilan berpikir tingkat tinggi adalah....
a.
merubah perencanaan disesuaikan dengan kemampuan siswa
b.
membentuk kelompok siswa dengan kemampuan yang heterogen
c.
membangun skemata dari pengetahuan awal yang telah diperoleh sebelumnya dengan pengetahuan baru yang akan diajarkan
d.
tetap melakukan aktivitas dengan keterampilan berpikir tingkat tinggi

Feedback

Question 1

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Pada KD Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya pelestariannya,pengembangan materi pengayaan pada KD tersebut adalah ....

a.
membandingkan siklus makhluk hidup satu dengan yang lainnya
b.
menyebutkan upaya pelestarian beberapa jenis makhluk hidup
c.
menjelaskan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup
d.
menganalisis hubungan antara siklus hidup dengan upaya pelestarian

Feedback

Question 2

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Indikator kunci dari kompetensi dasar Menghubungkan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar” adalah ….

a.
mengklasifikasi tentang gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar
b.
menguji hubungan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar
c.
menganalisis hubungan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar
d.
menjelaskan tentang gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar

Feedback

Question 3

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Rumusan indikator kunci untuk kompetensi dasar Menganalisis hubungan antar komponen ekosistem dan jaring-jaring makanan di lingkungan sekitar,” adalah..


a.
menjelaskan jaring-jaring makanan
b.
menelaah hubungan antar komponen ekosistem
c.
menyebutkan pengertian ekosistem
d.
menggeneralisasi hubungan antar komponen ekosistem

Feedback

Question 4

Complete
Mark 0.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Strategi guru saat peserta didik belum siap melakukan keterampilan berpikir tingkat tinggi adalah....
a.
tetap melakukan aktivitas dengan keterampilan berpikir tingkat tinggi
b.
merubah perencanaan disesuaikan dengan kemampuan siswa
c.
membangun skemata dari pengetahuan awal yang telah diperoleh sebelumnya dengan pengetahuan baru yang akan diajarkan
d.
membentuk kelompok siswa dengan kemampuan yang heterogen

Feedback

Question 5

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Pada pendidikan abad ke-21, kompetensi Collaboration sangat penting karena peserta didik dapat....
a.
mengomunikasikan ide-ide dan gagasan secara efektif menggunakan media lisan, tertulis, maupun teknologi
b.
bekerja sama dalam sebuah kelompok dalam memecahkan permasalahan yang ditemukan
c.
mengidentifikasi, menganalisis, menginterpretasikan, dan mengevaluasi bukti-bukti, argumentasi, klaim dan data-data yang tersaji secara luas melalui pengkajian secara mendalam, serta merefleksikannya dalam kehidupan sehari-hari
d.
menghasilkan, mengembangkan, dan mengimplementasikan ide-ide mereka secara kreatif baik secara mandiri maupun berkelompok

Feedback

Question 6

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Salah satu proses kognitif adalah “menganalisis” yang maknanya adalah ....


a.
membangun arti dari proses pembelajaran, termasuk komunikasi lisan, tertulis dan gambar
b.
memecah materi ke dalam bagian-bagian dan menentukan bagaimana bagian-bagian itu terhubungkan antar bagian
c.
menempatkan unsur-unsur secara bersama-sama untuk membentuk keseluruhan secara koheren atau fungsional
d.
melakukan atau menggunakan prosedur di dalam situasi yang tidak biasa

Feedback

Question 7

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Keterampilan berpikir tingkat tinggi memiliki beberapa aspek. Pemahaman bahwa keterampilan untuk dapat memecahkan masalah yang muncul pada kehidupan sehari-hari merupakan bagian dari aspek keterampilan berpikir tingkat tinggi sebagai..
a.
creative thinking
b.
problem solving
c.
transfer knowledge
d.
critical thinking

Feedback


Question 1

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Pada pendidikan abad ke-21, kompetensi Collaboration sangat penting karena peserta didik dapat....
a.
menghasilkan, mengembangkan, dan mengimplementasikan ide-ide mereka secara kreatif baik secara mandiri maupun berkelompok
b.
mengomunikasikan ide-ide dan gagasan secara efektif menggunakan media lisan, tertulis, maupun teknologi
c.
bekerja sama dalam sebuah kelompok dalam memecahkan permasalahan yang ditemukan
d.
mengidentifikasi, menganalisis, menginterpretasikan, dan mengevaluasi bukti-bukti, argumentasi, klaim dan data-data yang tersaji secara luas melalui pengkajian secara mendalam, serta merefleksikannya dalam kehidupan sehari-hari

Feedback

Question 2

Complete
Mark 0.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Rumusan indikator kunci untuk kompetensi dasar Menganalisis hubungan antar komponen ekosistem dan jaring-jaring makanan di lingkungan sekitar,” adalah..


a.
menjelaskan jaring-jaring makanan
b.
menggeneralisasi hubungan antar komponen ekosistem
c.
menyebutkan pengertian ekosistem
d.
menelaah hubungan antar komponen ekosistem

Feedback

Question 3

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Manakah diantara pernyataan berikut yang merupakan indikator pengayaan dari Kompetensi Dasar “Menganalisisperan ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya untuk memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa”?

a.
Menjelaskan peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang budaya.
b.
Mengklasifikasi peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya.
c.
Merasionalkan peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya.
d.
Membandingkan peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya.

Feedback

Question 4

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Contoh aktivitas pembelajaran yang mengasah keterampilan berpikir tingkat tinggi adalah ....
a.
membandingkan hasil pengamatan cuaca melalui alat manual dan aplikasi
b.
mencatat hasil pengamatan cuaca
c.
melihat video tentang cuaca
d.
membaca berbagai sumber tentang cuaca dan iklim

Feedback

Question 5

Complete
Mark 0.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Indikator kunci dari kompetensi dasar Menghubungkan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar” adalah ….

a.
menguji hubungan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar
b.
mengklasifikasi tentang gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar
c.
menganalisis hubungan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar
d.
menjelaskan tentang gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar

Feedback

Question 6

Complete
Mark 0.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Perhatikan pernyataan berikut.
  • Mudah beradaptasi dan mampu mengelola kompleksitas. 
  • Keingintahuan, kreativitas, dan pengambilan risiko. 
  • Berpikir tingkat tinggi dan alasan yang masuk akal. 
Pernyataan tersebut merupakan ciri-ciri dari sebagai bagian dari keterampilan Abad ke-21.
a.
Effective Communication
b.
High Productivity
c.
Digital Age Literacy
d.
Inventive Thinking

Feedback

Question 7

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Keterampilan berpikir tingkat tinggi memiliki beberapa aspek. Pemahaman bahwa keterampilan untuk dapat memecahkan masalah yang muncul pada kehidupan sehari-hari merupakan bagian dari aspek keterampilan berpikir tingkat tinggi sebagai..
a.
problem solving
b.
creative thinking
c.
critical thinking
d.
transfer knowledge

Feedback

Komentar

Postingan populer dari blog ini

A.4.3 Telaah Pembelajaran dengan Penerapan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT)

Mengapa Guru Perlu Memahami Culturally ResponsiveTeaching? Culturally Responsive Teaching adalah konsep yang sangat penting bagi guru untuk dipahami karena dapat membantu mereka dalam memberikan pengajaran yang lebih efektif dan relevan bagi siswa dari berbagai latar belakang budaya.  Dengan memahami konsep ini, guru dapat mengembangkan kemampuan mereka dalam memahami kebutuhan dan keunikan siswa dari berbagai latar belakang budaya, sehingga mereka dapat merancang pengajaran yang lebih inklusif dan menarik bagi siswa. Definisi Culturally Responsive Teaching Culturally Responsive Teaching adalah pendekatan pengajaran yang memperhatikan keberagaman budaya dan latar belakang siswa dalam proses pembelajaran . Konsep ini melibatkan penggunaan strategi dan teknik pengajaran yang mencerminkan keberagaman siswa, serta memperhitungkan perbedaan budaya dalam cara siswa belajar. Dalam praktiknya, guru yang menerapkan Culturally Responsive Teaching akan memastikan bahwa materi pelajaran yang disam

A.3.4 Hasil Telaah dan minta komentar teman sejawat | Materi Rancangan Pembelajaran dengan Pendekatan TaRL

Pemahaman Merancang Pembelajaran Berbasis TaRL Teaching at The Right Level (TaRL) merupakan pendekatan pembelajaran yang fokus pada tingkat kemampuan peserta didik. Saat menjadi guru, Bapak/Ibu guru mungkin pernah menemukan peserta didik yang belum mampu mencapai tujuan pembelajaran yang ditetapkan. Dibawah ini adalah Indetifikasi Pemahaman Merancang Pembelajaran Berbasis TaRL yang berbentu tabel Tabel 3.2 Elaborasi Pemahaman Merancang Pembelajaran Berbasis TaRL Komponen Pembelajaran   Apa   yang saya ketahui   Apa yang ingin   saya ketahui   Bagaimana   saya dapat mengetahuinya   Apa yang telah   saya pelajari   Tujuan   pembelajaran TP berasal dari analisi Kata kerja Operasional(komptensi) dan ruang lingkup materi yang menjadi tujuan akhir dari pembelajaran TP yang dari CP apakah perlu diturunkan lagi menurut tingkat kognitif Bloom atau hanya dari TP Mencari Praktek baik dari guru berbagi di PMM dan mencari refenrensi materi yang ada di PMM dan materi sertifikasi pendidik juga di PMM

A.I.3 Hasil Telaah dan minta komentar teman sejawat # A. I. Menerapkan Prinsip Understanding by Design Pada Pembelajaran

Bapak/Ibu guru, pada tahap sebelumnya Bapak/Ibu guru telah mengeksplorasi prinsip UbD dalam merancang pembelajaran. Pada tahap ini, siapkan salah satu perencanaan pembelajaran (RPP/modul ajar) yang Bapak/Ibu guru miliki. Ajaklah   teman sejawat/kepala sekolah/pengawas untuk menelaah rancangan pembelajarannya dengan mengisi rubrik checklist . Rubrik ini memandu Bapak/Ibu guru dalam merefleksikan perencanaan pembelajaran dengan pendekatan UbD.   Dengan   demikian, Bapak/Ibu guru dapat mengetahui sejauh mana perencanaan pembelajaran tersebut relevan dengan prinsip UbD. Modul mapel ekonomi yang saya buat bisa diliat di link dibawah ini: Ekonomi 11 Bab 2 - Pendapatan Nasional Dan Kesenjangan Ekonomi Tabel   1.2   Rubrik   Checklist   Perancangan   Pembelajaran   dengan   Prinsip   UbD   Item   Pernyataan Sudah Belum   Langkah   1.   Menentukan   Tujuan   Pembelajaran   Saya mengidentifikasi sasaran pembelajaran dan fokus pada pemahaman   konsep   yang   mendalam   dan   penerapan   pengetah