Langsung ke konten utama

Soal-soal Materi paedagogik | 2.0 HOTS (High Order Thingking Skill) Untuk Perencanaan Pembelajaran

 

Contoh Soal-soal materi Paedagogik untuk keterampilan berfikir tingkat tinggi bisa lihat dibawah ini, sebelumnya anda bisa baca materinya di HOTS (High Order Thinking Skill)





1. Pada pendidikan abad ke-21, kompetensi Collaboration sangat penting karena peserta didik dapat....

a. bekerja sama dalam sebuah kelompok dalam memecahkan permasalahan yang ditemukan

b. menghasilkan, mengembangkan, dan mengimplementasikan ide-ide mereka secara kreatif baik secara mandiri maupun berkelompok

c. mengidentifikasi, menganalisis, menginterpretasikan, dan mengevaluasi bukti-bukti, argumentasi, klaim dan data-data yang tersaji secara luas melalui pengkajian secara mendalam, serta merefleksikannya dalam kehidupan sehari-hari

d. mengomunikasikan ide-ide dan gagasan secara efektif menggunakan media lisan, tertulis, maupun teknologi

Feedback

The correct answer is: bekerja sama dalam sebuah kelompok dalam memecahkan permasalahan yang ditemukan


2. Contoh aktivitas pembelajaran yang mengasah keterampilan berpikir tingkat tinggi adalah ....

a. membandingkan hasil pengamatan cuaca melalui alat manual dan aplikasi

b. membaca berbagai sumber tentang cuaca dan iklim

c. melihat video tentang cuaca

d. mencatat hasil pengamatan cuaca

Feedback

The correct answer is: membandingkan hasil pengamatan cuaca melalui alat manual dan aplikasi


3. Salah satu proses kognitif adalah “menganalisis” yang maknanya adalah ....

a. membangun arti dari proses pembelajaran, termasuk komunikasi lisan, tertulis dan gambar

b. memecah materi ke dalam bagian-bagian dan menentukan bagaimana bagian-bagian itu terhubungkan antar bagian

c. melakukan atau menggunakan prosedur di dalam situasi yang tidak biasa

d. menempatkan unsur-unsur secara bersama-sama untuk membentuk keseluruhan secara koheren atau fungsional

Feedback

The correct answer is: memecah materi ke dalam bagian-bagian dan menentukan bagaimana bagian-bagian itu terhubungkan antar bagian


4. Perhatikan pernyataan berikut.

Mudah beradaptasi dan mampu mengelola kompleksitas. 

Keingintahuan, kreativitas, dan pengambilan risiko. 

Berpikir tingkat tinggi dan alasan yang masuk akal. 

Pernyataan tersebut merupakan ciri-ciri dari sebagai bagian dari keterampilan Abad ke-21.

a. High Productivity

b. Effective Communication

c. Inventive Thinking

d. Digital Age Literacy

Feedback

The correct answer is: Inventive Thinking

5. Manakah diantara pernyataan berikut yang merupakan indikator pengayaan dari Kompetensi Dasar “Menganalisisperan ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya untuk memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa”?

a. Membandingkan peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya.

b. Menjelaskan peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang budaya.

c. Mengklasifikasi peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya.

d. Merasionalkan peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya.

Feedback

The correct answer is: Membandingkan peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya.

6. Strategi guru saat peserta didik belum siap melakukan keterampilan berpikir tingkat tinggi adalah....

a. membangun skemata dari pengetahuan awal yang telah diperoleh sebelumnya dengan pengetahuan baru yang akan diajarkan

b. merubah perencanaan disesuaikan dengan kemampuan siswa

c. membentuk kelompok siswa dengan kemampuan yang heterogen

d. tetap melakukan aktivitas dengan keterampilan berpikir tingkat tinggi

Feedback

The correct answer is: tetap melakukan aktivitas dengan keterampilan berpikir tingkat tinggi

7. Pada KD “Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya pelestariannya,”pengembangan materi pengayaan pada KD tersebut adalah ....

a. membandingkan siklus makhluk hidup satu dengan yang lainnya

b. menganalisis hubungan antara siklus hidup dengan upaya pelestarian

c. menyebutkan upaya pelestarian beberapa jenis makhluk hidup

d. menjelaskan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup

Feedback

The correct answer is: menganalisis hubungan antara siklus hidup dengan upaya pelestarian


Question 1

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Perhatikan pernyataan berikut.
  • Mudah beradaptasi dan mampu mengelola kompleksitas. 
  • Keingintahuan, kreativitas, dan pengambilan risiko. 
  • Berpikir tingkat tinggi dan alasan yang masuk akal. 
Pernyataan tersebut merupakan ciri-ciri dari sebagai bagian dari keterampilan Abad ke-21.
a.
Digital Age Literacy
b.
Effective Communication
c.
Inventive Thinking
d.
High Productivity

Feedback

Question 2

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Manakah diantara pernyataan berikut yang merupakan indikator pengayaan dari Kompetensi Dasar “Menganalisisperan ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya untuk memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa”?

a.
Merasionalkan peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya.
b.
Mengklasifikasi peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya.
c.
Menjelaskan peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang budaya.
d.
Membandingkan peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya.

Feedback

Question 3

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Keterampilan berpikir tingkat tinggi memiliki beberapa aspek. Pemahaman bahwa keterampilan untuk dapat memecahkan masalah yang muncul pada kehidupan sehari-hari merupakan bagian dari aspek keterampilan berpikir tingkat tinggi sebagai..
a.
transfer knowledge
b.
problem solving
c.
critical thinking
d.
creative thinking

Feedback

Question 4

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Indikator kunci dari kompetensi dasar Menghubungkan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar” adalah ….

a.
menjelaskan tentang gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar
b.
mengklasifikasi tentang gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar
c.
menguji hubungan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar
d.
menganalisis hubungan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar

Feedback

Question 5

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Contoh aktivitas pembelajaran yang mengasah keterampilan berpikir tingkat tinggi adalah ....
a.
mencatat hasil pengamatan cuaca
b.
membaca berbagai sumber tentang cuaca dan iklim
c.
melihat video tentang cuaca
d.
membandingkan hasil pengamatan cuaca melalui alat manual dan aplikasi

Feedback

Question 6

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Rumusan indikator kunci untuk kompetensi dasar Menganalisis hubungan antar komponen ekosistem dan jaring-jaring makanan di lingkungan sekitar,” adalah..


a.
menyebutkan pengertian ekosistem
b.
menjelaskan jaring-jaring makanan
c.
menelaah hubungan antar komponen ekosistem
d.
menggeneralisasi hubungan antar komponen ekosistem

Feedback

Question 7

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Strategi guru saat peserta didik belum siap melakukan keterampilan berpikir tingkat tinggi adalah....
a.
merubah perencanaan disesuaikan dengan kemampuan siswa
b.
membentuk kelompok siswa dengan kemampuan yang heterogen
c.
membangun skemata dari pengetahuan awal yang telah diperoleh sebelumnya dengan pengetahuan baru yang akan diajarkan
d.
tetap melakukan aktivitas dengan keterampilan berpikir tingkat tinggi

Feedback

Question 1

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Pada KD Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya pelestariannya,pengembangan materi pengayaan pada KD tersebut adalah ....

a.
membandingkan siklus makhluk hidup satu dengan yang lainnya
b.
menyebutkan upaya pelestarian beberapa jenis makhluk hidup
c.
menjelaskan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup
d.
menganalisis hubungan antara siklus hidup dengan upaya pelestarian

Feedback

Question 2

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Indikator kunci dari kompetensi dasar Menghubungkan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar” adalah ….

a.
mengklasifikasi tentang gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar
b.
menguji hubungan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar
c.
menganalisis hubungan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar
d.
menjelaskan tentang gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar

Feedback

Question 3

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Rumusan indikator kunci untuk kompetensi dasar Menganalisis hubungan antar komponen ekosistem dan jaring-jaring makanan di lingkungan sekitar,” adalah..


a.
menjelaskan jaring-jaring makanan
b.
menelaah hubungan antar komponen ekosistem
c.
menyebutkan pengertian ekosistem
d.
menggeneralisasi hubungan antar komponen ekosistem

Feedback

Question 4

Complete
Mark 0.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Strategi guru saat peserta didik belum siap melakukan keterampilan berpikir tingkat tinggi adalah....
a.
tetap melakukan aktivitas dengan keterampilan berpikir tingkat tinggi
b.
merubah perencanaan disesuaikan dengan kemampuan siswa
c.
membangun skemata dari pengetahuan awal yang telah diperoleh sebelumnya dengan pengetahuan baru yang akan diajarkan
d.
membentuk kelompok siswa dengan kemampuan yang heterogen

Feedback

Question 5

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Pada pendidikan abad ke-21, kompetensi Collaboration sangat penting karena peserta didik dapat....
a.
mengomunikasikan ide-ide dan gagasan secara efektif menggunakan media lisan, tertulis, maupun teknologi
b.
bekerja sama dalam sebuah kelompok dalam memecahkan permasalahan yang ditemukan
c.
mengidentifikasi, menganalisis, menginterpretasikan, dan mengevaluasi bukti-bukti, argumentasi, klaim dan data-data yang tersaji secara luas melalui pengkajian secara mendalam, serta merefleksikannya dalam kehidupan sehari-hari
d.
menghasilkan, mengembangkan, dan mengimplementasikan ide-ide mereka secara kreatif baik secara mandiri maupun berkelompok

Feedback

Question 6

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Salah satu proses kognitif adalah “menganalisis” yang maknanya adalah ....


a.
membangun arti dari proses pembelajaran, termasuk komunikasi lisan, tertulis dan gambar
b.
memecah materi ke dalam bagian-bagian dan menentukan bagaimana bagian-bagian itu terhubungkan antar bagian
c.
menempatkan unsur-unsur secara bersama-sama untuk membentuk keseluruhan secara koheren atau fungsional
d.
melakukan atau menggunakan prosedur di dalam situasi yang tidak biasa

Feedback

Question 7

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Keterampilan berpikir tingkat tinggi memiliki beberapa aspek. Pemahaman bahwa keterampilan untuk dapat memecahkan masalah yang muncul pada kehidupan sehari-hari merupakan bagian dari aspek keterampilan berpikir tingkat tinggi sebagai..
a.
creative thinking
b.
problem solving
c.
transfer knowledge
d.
critical thinking

Feedback


Question 1

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Pada pendidikan abad ke-21, kompetensi Collaboration sangat penting karena peserta didik dapat....
a.
menghasilkan, mengembangkan, dan mengimplementasikan ide-ide mereka secara kreatif baik secara mandiri maupun berkelompok
b.
mengomunikasikan ide-ide dan gagasan secara efektif menggunakan media lisan, tertulis, maupun teknologi
c.
bekerja sama dalam sebuah kelompok dalam memecahkan permasalahan yang ditemukan
d.
mengidentifikasi, menganalisis, menginterpretasikan, dan mengevaluasi bukti-bukti, argumentasi, klaim dan data-data yang tersaji secara luas melalui pengkajian secara mendalam, serta merefleksikannya dalam kehidupan sehari-hari

Feedback

Question 2

Complete
Mark 0.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Rumusan indikator kunci untuk kompetensi dasar Menganalisis hubungan antar komponen ekosistem dan jaring-jaring makanan di lingkungan sekitar,” adalah..


a.
menjelaskan jaring-jaring makanan
b.
menggeneralisasi hubungan antar komponen ekosistem
c.
menyebutkan pengertian ekosistem
d.
menelaah hubungan antar komponen ekosistem

Feedback

Question 3

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Manakah diantara pernyataan berikut yang merupakan indikator pengayaan dari Kompetensi Dasar “Menganalisisperan ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya untuk memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa”?

a.
Menjelaskan peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang budaya.
b.
Mengklasifikasi peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya.
c.
Merasionalkan peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya.
d.
Membandingkan peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya.

Feedback

Question 4

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Contoh aktivitas pembelajaran yang mengasah keterampilan berpikir tingkat tinggi adalah ....
a.
membandingkan hasil pengamatan cuaca melalui alat manual dan aplikasi
b.
mencatat hasil pengamatan cuaca
c.
melihat video tentang cuaca
d.
membaca berbagai sumber tentang cuaca dan iklim

Feedback

Question 5

Complete
Mark 0.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Indikator kunci dari kompetensi dasar Menghubungkan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar” adalah ….

a.
menguji hubungan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar
b.
mengklasifikasi tentang gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar
c.
menganalisis hubungan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar
d.
menjelaskan tentang gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar

Feedback

Question 6

Complete
Mark 0.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Perhatikan pernyataan berikut.
  • Mudah beradaptasi dan mampu mengelola kompleksitas. 
  • Keingintahuan, kreativitas, dan pengambilan risiko. 
  • Berpikir tingkat tinggi dan alasan yang masuk akal. 
Pernyataan tersebut merupakan ciri-ciri dari sebagai bagian dari keterampilan Abad ke-21.
a.
Effective Communication
b.
High Productivity
c.
Digital Age Literacy
d.
Inventive Thinking

Feedback

Question 7

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Keterampilan berpikir tingkat tinggi memiliki beberapa aspek. Pemahaman bahwa keterampilan untuk dapat memecahkan masalah yang muncul pada kehidupan sehari-hari merupakan bagian dari aspek keterampilan berpikir tingkat tinggi sebagai..
a.
problem solving
b.
creative thinking
c.
critical thinking
d.
transfer knowledge

Feedback

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Materi Paedagogik | 2.0 HOTS (High Order Teaching Skill) Untuk Perencanaan Pembelajaran

Materi paedagogik setelah landasan pendidikan dan karateristik peserta didik adalah perencanaan pembelajaran, dimana landasan penyusunanya adalah dimensi keterampilan berpikir tingkat tinggi HOTS (High Order Teaching Skill) Mengapa HOTS penting ?  Semua negara berlomba-lomba membuat masyarakatnya mempunyai masyarakat cerdas, karena menyangkut masalah kejayaan sebuah negara.  Makin Cerdas pengetahuan dan ketrampilan warganya makin maju dan berjaya negaranya, karena gerbang kemajuan disegala bidang pembangunan sebuah bangsa adalah pondasinya dari sistem dan hasil pendidikannya. Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (High Order Thinking Skills/HOTS) juga diterapkan menyusul masih rendahnya peringkat Programme for International Student Assessment (PISA) dan Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS) dibandingkan dengan negara lain, sehingga standar soal UN ditingkatkan untuk mengejar ketertinggalan. Apa Itu HOTS ? Resnick (1987) medefinisikan keterampilan berpiki...

A.4.3 Telaah Pembelajaran dengan Penerapan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT)

Mengapa Guru Perlu Memahami Culturally ResponsiveTeaching? Culturally Responsive Teaching adalah konsep yang sangat penting bagi guru untuk dipahami karena dapat membantu mereka dalam memberikan pengajaran yang lebih efektif dan relevan bagi siswa dari berbagai latar belakang budaya.  Dengan memahami konsep ini, guru dapat mengembangkan kemampuan mereka dalam memahami kebutuhan dan keunikan siswa dari berbagai latar belakang budaya, sehingga mereka dapat merancang pengajaran yang lebih inklusif dan menarik bagi siswa. Definisi Culturally Responsive Teaching Culturally Responsive Teaching adalah pendekatan pengajaran yang memperhatikan keberagaman budaya dan latar belakang siswa dalam proses pembelajaran . Konsep ini melibatkan penggunaan strategi dan teknik pengajaran yang mencerminkan keberagaman siswa, serta memperhitungkan perbedaan budaya dalam cara siswa belajar. Dalam praktiknya, guru yang menerapkan Culturally Responsive Teaching akan memastikan bahwa materi pelajaran yang d...

Teori Belajar Piramida Belajar Edgar Dale, Piaget, Ausubel, Gagne, Bruner, Kohlberg dan Maslow

Teori belajar adalah pengetahuan tentang proses belajar baik kognitif (pikir), moral, prilaku yang dikemukan oleh beberapa pakar pendidikan dan psikologi  seperti Edgar Dale, David Asubel, Abraham Maslow, Gagne, dan Piaget Dibawah ini adalah resume teori belajar yang diekemukan para ahli dan dijadikan dasar untuk perencanaan, pelasanaam, dan evalusi pembelajaran Teori Belajar Maslow Teori motivasi yang dikembangkan oleh Abraham maslow . yang dikaitkan dengan kebutuhan siswa dalam belajar. Contoh soalnya. 1. Tindakan yang dilakukan guru untuk menumbuhkan kasih sayang antara guru dan peserta didik       berdasarkan teori maslow ..... a. mengutamakan memberikan reiforcement positip dari pada penerapan sangsi hukuman (2. rasa aman) b. membuat peraturan pendisplinan siswa secara tegas dan adil untuk semua siswa (2. rasa aman) c. menerima dan menghargai pendapat siswa saat melakukan diskusi ( 3. kasih sayang) d. memberikan materi sesuai kebutuhan siswa (4. Penghargaa...