Langsung ke konten utama

Soal-Soal Materi Paedagogik | 1.2 Karateristik Peserta Didik

Contoh Soal-soal materi Paedagogik untuk karakteristik peserta didik anda bisa lihat dibawah ini, sebelumnya anda bisa baca materinya di Karateristik Peserta Didik



1. Pada suatu proses pembelajaran di Taman Kanak-Kanak peserta didik akan dikembangkan aspek motorik kasarnya, maka pendidik dapat menugaskan peserta didiknya untuk melakukan kegiatan:

Select one:

a. Memasangpuzzle

b. Menjiplak huruf

c.Menendangbola

d. Meronce membuat kalung

e. Mewarnai pola

The correct answer is: Menendang bola

2. Pada saat pembelajaran berlangsung guru mengingatkan peserta didik yang kurang semangat dan kurang aktif dalam belajar. Tindakan guru tersebut berarti memperhatikan aspek:?

Select one:

a. Etnik

b. Motivasi

c. Kultural

d.Sosial

e.Status sosial

The correct answer is: Motivasi

3. Pada suatu proses pembelajaran yang kebetulan hari itu bertepatan dengan peringatan hari Sumpah Pemuda, guru sebelumnya telah menghimbau kepada peserta didik untuk mengenakan busana daerah masing-masing. Tindakan guru tersebut memperhatikan karakteristik peserta didik, terutama aspek:?

a. Moral

b. Etnik

c. Minat

d. Status Sosial

e. Motivasi

4. Pak Adit seorang guru SMP X, ketika melakukan proses pembelajaran menghadapi peserta didik yang berasal dari berbagai latar belakang kondisi keluarga, ada keluarga mampu, ada yang miskin, ada yang orang tuanya menjadi pejabat, ada yang sebagai buruh, dan pegawai swasta. Namun Pak Adit memberikan perhatian dan pelayanan yang sama kepada peserta didiknya. Hal ini sebenarnya Pak Adit memperhatiakan karakteristik peserta didik terutama:

a. Motivasi

b. Status social

c. Etnik

d. Minat

e. Kultural

The correct answer is: Status social

5, Peserta didik dalam suatu kelas gaya belajarnya beragam ada yang visual, auditori, dan kinestetik. Namun kegiatan pembelajaran selama ini masih banyak yang konvensional-klasikal. Agar dapat memenuhi ketiga gaya belajar tersebut, guru perlu:

a. Menggunakan metode ceramah, diskusi, tanya jawab.

b. Menggunakan media komik pembelajaran dan buku paket.

c. Menggunakan media audio, video, dan percobaan.

d. Menggunakan modul dan powerpoint.

e.Menggunakan program audio dan modul.

The correct answer is: Menggunakan media audio, video, dan percobaan.

6. Pak Aris merupakan guru kelas V SD ketika memberikan pembelajaran menyanyi/musik, memilih lagu-lagu dari asal daerah peserta didiknya. Tindakan guru tersebut karena memperhatikan karakteristik peserta didik terutama: ?

a. Etnik

b. Minat

c. Kultural

d.Gender

e.Status social

The correct answer is: Kultural

7. Perkembangan kognitif peserta didik Sekolah Dasar berada pada taraf ?operasional kongkrit, sehingga mereka merasa kurang memahami materi pelajaran yang disampaikan gurunya secara verbal saja. Proses pembelajaran tersebut akan efektif jika disertai dengan menggunakan:

a. Media gambar

b. Media poster

c. Media cetak

d. Media benda nyata

e. Media grafis

The correct answer is: Media benda nyata


Question 1

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Guru A ketika melakukan proses pembelajaran selalu menggunakan media, kadang memutar video pembelajaran, kadang memutar CD audio, kadang menggunakan poster berwarna, agar peserta didiknya memperhatikan dan tertarik terhadap apa yang dibahasnya serta senang mengikuti pelajarannya, sehingga hasilnya sangat baik. Pembelajaran dilakukan demikian karena pertimbangan:
Select one:
a.
Minat peserta didik
b.
Gender peserta didik
c.
Kultural peserta didik
d.
Gayabelajarpesertadidik
e.
Etnik peserta didik

Feedback

Question 2

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Pak Adit seorang guru SMP X, ketika melakukan proses pembelajaran menghadapi peserta didik yang berasal dari berbagai latar belakang kondisi keluarga, ada keluarga mampu, ada yang miskin, ada yang orang tuanya menjadi pejabat, ada yang sebagai buruh, dan pegawai swasta. Namun Pak Adit memberikan perhatian dan pelayanan yang sama kepada peserta didiknya. Hal ini sebenarnya Pak Adit memperhatiakan karakteristik peserta didik terutama:
Select one:
a.
Etnik
b.
Status social
c.
Minat
d.
Motivasi
e.
Kultural

Feedback

Question 3

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Perkembangan kognitif peserta didik Sekolah Dasar berada pada taraf ?operasional kongkrit, sehingga mereka merasa kurang memahami materi pelajaran yang disampaikan gurunya secara verbal saja. Proses pembelajaran tersebut akan efektif jika disertai dengan menggunakan:
Select one:
a.
Media poster
b.
Media grafis
c.
Media cetak
d.
Media benda nyata
e.
Media gambar

Feedback

Question 4

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Peserta didik dalam suatu kelas gaya belajarnya beragam ada yang visual, auditori, dan kinestetik. Namun kegiatan pembelajaran selama ini masih banyak yang konvensional-klasikal. Agar dapat memenuhi ketiga gaya belajar tersebut, guru perlu:
Select one:
a.
Menggunakan program audio dan modul.
b.
Menggunakan media komik pembelajaran dan buku paket.
c.
Menggunakan media audio, video, dan percobaan.
d.
Menggunakan metode ceramah, diskusi, tanya jawab.
e.
Menggunakan modul dan powerpoint.

Feedback

Question 5

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Pak Anton ketika akan melakukan kegiatan pembelajaran dengan topik Tata Surya melakukan pre tes terlebih dahulu, dengan maksud ingin mengetahui pengetahuan dan keterampilan yang telah dimiliki peserta didiknya sebagai patokan untuk memulai pembahasan topik tersebut. Hal ini berarti Pak Anton memperhatikan karakteristik peserta didik dalam hal:
Select one:
a.
Perkembangan motoriknya
b.
Perkembangan emosinya
c.
Kemampuan awalnya
d.
Motivasi belajarnya
e.
Perkembangan sosialnya

Feedback

Question 6

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Pak Aris merupakan guru kelas V SD ketika memberikan pembelajaran menyanyi/musik, memilih lagu-lagu dari asal daerah peserta didiknya. Tindakan guru tersebut karena memperhatikan karakteristik peserta didik terutama: ?
Select one:
a.
Kultural
b.
Etnik
c.
Status social
d.
Gender
e.
Minat

Feedback

Question 7

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Perkembangan moral peserta didik/anak menurut Kohberg terdiri dari beberapa tahap. Tahap naively egoistic orientation, yaitu tahap dimana anak menilai baik-buruk berdasarkan:
Select one:
a.
Ketertiban sosial
b.
Kontrak/imbal jasa
c.
Persetujuan orang lain
d.
Hati nurani
e.
Akibat perbuatan

Feedback

Question 1

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Pada saat pembelajaran berlangsung guru mengingatkan peserta didik yang kurang semangat dan kurang aktif dalam belajar. Tindakan guru tersebut berarti memperhatikan aspek:?
Select one:
a.
Kultural
b.
Status sosial
c.
Etnik
d.
Motivasi
e.
Sosial

Feedback

Question 2

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Pada suatu proses pembelajaran yang kebetulan hari itu bertepatan dengan peringatan hari Sumpah Pemuda, guru sebelumnya telah menghimbau kepada peserta didik untuk mengenakan busana daerah masing-masing. Tindakan guru tersebut memperhatikan karakteristik peserta didik, terutama aspek:?
Select one:
a.
Minat
b.
Moral
c.
Status Sosial
d.
Motivasi
e.
Etnik

Feedback

Question 3

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Pada suatu proses pembelajaran di Taman Kanak-Kanak peserta didik akan dikembangkan aspek motorik kasarnya, maka pendidik dapat menugaskan peserta didiknya untuk melakukan kegiatan:
Select one:
a.
Memasangpuzzle
b.
Meronce membuat kalung
c.
Menendangbola
d.
Mewarnai pola
e.
Menjiplak huruf

Feedback

Question 4

Complete
Mark 0.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Guru A ketika melakukan proses pembelajaran selalu menggunakan media, kadang memutar video pembelajaran, kadang memutar CD audio, kadang menggunakan poster berwarna, agar peserta didiknya memperhatikan dan tertarik terhadap apa yang dibahasnya serta senang mengikuti pelajarannya, sehingga hasilnya sangat baik. Pembelajaran dilakukan demikian karena pertimbangan:
Select one:
a.
Kultural peserta didik
b.
Minat peserta didik
c.
Etnik peserta didik
d.
Gender peserta didik
e.
Gayabelajarpesertadidik

Feedback

Question 5

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Perkembangan moral peserta didik/anak menurut Kohberg terdiri dari beberapa tahap. Tahap naively egoistic orientation, yaitu tahap dimana anak menilai baik-buruk berdasarkan:
Select one:
a.
Hati nurani
b.
Akibat perbuatan
c.
Persetujuan orang lain
d.
Ketertiban sosial
e.
Kontrak/imbal jasa

Feedback

Question 6

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Pak Adit seorang guru SMP X, ketika melakukan proses pembelajaran menghadapi peserta didik yang berasal dari berbagai latar belakang kondisi keluarga, ada keluarga mampu, ada yang miskin, ada yang orang tuanya menjadi pejabat, ada yang sebagai buruh, dan pegawai swasta. Namun Pak Adit memberikan perhatian dan pelayanan yang sama kepada peserta didiknya. Hal ini sebenarnya Pak Adit memperhatiakan karakteristik peserta didik terutama:
Select one:
a.
Motivasi
b.
Status social
c.
Minat
d.
Etnik
e.
Kultural

Feedback

Question 7

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Pak Anton ketika akan melakukan kegiatan pembelajaran dengan topik Tata Surya melakukan pre tes terlebih dahulu, dengan maksud ingin mengetahui pengetahuan dan keterampilan yang telah dimiliki peserta didiknya sebagai patokan untuk memulai pembahasan topik tersebut. Hal ini berarti Pak Anton memperhatikan karakteristik peserta didik dalam hal:
Select one:
a.
Kemampuan awalnya
b.
Perkembangan sosialnya
c.
Motivasi belajarnya
d.
Perkembangan emosinya
e.
Perkembangan motoriknya

Feedback

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

A.4.3 Telaah Pembelajaran dengan Penerapan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT)

Mengapa Guru Perlu Memahami Culturally ResponsiveTeaching? Culturally Responsive Teaching adalah konsep yang sangat penting bagi guru untuk dipahami karena dapat membantu mereka dalam memberikan pengajaran yang lebih efektif dan relevan bagi siswa dari berbagai latar belakang budaya.  Dengan memahami konsep ini, guru dapat mengembangkan kemampuan mereka dalam memahami kebutuhan dan keunikan siswa dari berbagai latar belakang budaya, sehingga mereka dapat merancang pengajaran yang lebih inklusif dan menarik bagi siswa. Definisi Culturally Responsive Teaching Culturally Responsive Teaching adalah pendekatan pengajaran yang memperhatikan keberagaman budaya dan latar belakang siswa dalam proses pembelajaran . Konsep ini melibatkan penggunaan strategi dan teknik pengajaran yang mencerminkan keberagaman siswa, serta memperhitungkan perbedaan budaya dalam cara siswa belajar. Dalam praktiknya, guru yang menerapkan Culturally Responsive Teaching akan memastikan bahwa materi pelajaran yang disam

A.3.4 Hasil Telaah dan minta komentar teman sejawat | Materi Rancangan Pembelajaran dengan Pendekatan TaRL

Pemahaman Merancang Pembelajaran Berbasis TaRL Teaching at The Right Level (TaRL) merupakan pendekatan pembelajaran yang fokus pada tingkat kemampuan peserta didik. Saat menjadi guru, Bapak/Ibu guru mungkin pernah menemukan peserta didik yang belum mampu mencapai tujuan pembelajaran yang ditetapkan. Dibawah ini adalah Indetifikasi Pemahaman Merancang Pembelajaran Berbasis TaRL yang berbentu tabel Tabel 3.2 Elaborasi Pemahaman Merancang Pembelajaran Berbasis TaRL Komponen Pembelajaran   Apa   yang saya ketahui   Apa yang ingin   saya ketahui   Bagaimana   saya dapat mengetahuinya   Apa yang telah   saya pelajari   Tujuan   pembelajaran TP berasal dari analisi Kata kerja Operasional(komptensi) dan ruang lingkup materi yang menjadi tujuan akhir dari pembelajaran TP yang dari CP apakah perlu diturunkan lagi menurut tingkat kognitif Bloom atau hanya dari TP Mencari Praktek baik dari guru berbagi di PMM dan mencari refenrensi materi yang ada di PMM dan materi sertifikasi pendidik juga di PMM

A.I.3 Hasil Telaah dan minta komentar teman sejawat # A. I. Menerapkan Prinsip Understanding by Design Pada Pembelajaran

Bapak/Ibu guru, pada tahap sebelumnya Bapak/Ibu guru telah mengeksplorasi prinsip UbD dalam merancang pembelajaran. Pada tahap ini, siapkan salah satu perencanaan pembelajaran (RPP/modul ajar) yang Bapak/Ibu guru miliki. Ajaklah   teman sejawat/kepala sekolah/pengawas untuk menelaah rancangan pembelajarannya dengan mengisi rubrik checklist . Rubrik ini memandu Bapak/Ibu guru dalam merefleksikan perencanaan pembelajaran dengan pendekatan UbD.   Dengan   demikian, Bapak/Ibu guru dapat mengetahui sejauh mana perencanaan pembelajaran tersebut relevan dengan prinsip UbD. Modul mapel ekonomi yang saya buat bisa diliat di link dibawah ini: Ekonomi 11 Bab 2 - Pendapatan Nasional Dan Kesenjangan Ekonomi Tabel   1.2   Rubrik   Checklist   Perancangan   Pembelajaran   dengan   Prinsip   UbD   Item   Pernyataan Sudah Belum   Langkah   1.   Menentukan   Tujuan   Pembelajaran   Saya mengidentifikasi sasaran pembelajaran dan fokus pada pemahaman   konsep   yang   mendalam   dan   penerapan   pengetah