A.3.4 Hasil Telaah dan minta komentar teman sejawat | Materi Rancangan Pembelajaran dengan Pendekatan TaRL
Pemahaman Merancang Pembelajaran Berbasis TaRL
Tabel 3.2 Elaborasi Pemahaman Merancang Pembelajaran Berbasis TaRL
Komponen Pembelajaran |
Apa yang saya ketahui |
Apa yang ingin saya ketahui |
Bagaimana saya dapat mengetahuinya |
Apa yang telah saya pelajari |
Tujuan pembelajaran | TP berasal dari analisi Kata kerja Operasional(komptensi) dan ruang lingkup materi yang menjadi tujuan akhir dari pembelajaran | TP yang dari CP apakah perlu diturunkan lagi menurut tingkat kognitif Bloom atau hanya dari TP | Mencari Praktek baik dari guru berbagi di PMM dan mencari refenrensi materi yang ada di PMM dan materi sertifikasi pendidik juga di PMM | TP dapat diturunkan kembali menjadi beberapa sub TP atau bisa juga disebut Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) |
Asesmen awal | Asesmen dilakukan pada saat awal tahun ajaran atau menjelang materi baru pelajaran | Bagaimana bentuk pertanyaan atau bagaimana informasi asesmen awal dilakukan dengan cara lain | Mencari Praktek baik dari guru berbagi di PMM dan mencari refenrensi materi yang ada di PMM dan materi sertifikasi pendidik juga di PMM | Pertanyaan di asesmen bisa merupakan prasayarat materi yang dikuasai, minat, profil, dan sarana belajar yang dimiliki peserta didik. |
Asesmen formatif | Dilakukan sebagai mengukur kemajuan hasil pembelajaran dan unpan balik proses pembelajaran | Bagaimana bentuk dari asesmen formatif ? | Mencari Praktek baik dari guru berbagi di PMM dan mencari refenrensi materi yang ada di PMM dan materi sertifikasi pendidik juga di PMM | Penilaian asesmen formatif bisa melalui penilaian diri, antar teman dan refleksi metakognitif. |
Asesmen sumatif | Untuk memastikan konfirmasi capaian hasil pembelajaran | Bagimana bentuk asesmen sumatif yang benar-benar merupakan gambaran hasil akhir dari pembelajaran itu tercapai | Mencari Praktek baik dari guru berbagi di PMM dan mencari refenrensi materi yang ada di PMM dan materi sertifikasi pendidik juga di PMM | Format asesmen sumatif akan efektif mengunakan essay yang berbentuk analitik, dan asesmen alternatif seperti projek, praktik, portofolio,dan demonstrasi |
Kegiatan pembelajaran | Kegiatan pembelajaran hasil dari perencanaan pembelajaran | Kegiatan pembelajan apa yang efektif untuk mencapai CP peserta didik | Mencari Praktek baik dari guru berbagi di PMM dan mencari refenrensi materi yang ada di PMM dan materi sertifikasi pendidik juga di PMM | Kegiatan pembelajaran yang efektif dilakuan disesuaikan dengan kebutuhan belajar peserta didik dimana bisa memodifikasi konten, proses dan produk pembelajaran |
Keren banget paparannya pak Heru.. Sangat menginspirasi.. Semangat selalu..
BalasHapusluar biasaa terima kasih ilmunyaa pak
BalasHapusBermanfaat bangeet Paparannya pak heru
BalasHapusSangat menginspirasi, terimakasih ilmunya Pak
BalasHapus