Langsung ke konten utama

A.3.4 Hasil Telaah dan minta komentar teman sejawat | Materi Rancangan Pembelajaran dengan Pendekatan TaRL

Pemahaman Merancang Pembelajaran Berbasis TaRL

Teaching at The Right Level (TaRL) merupakan pendekatan pembelajaran yang
fokus pada tingkat kemampuan peserta didik. Saat menjadi guru, Bapak/Ibu guru
mungkin pernah menemukan peserta didik yang belum mampu mencapai tujuan
pembelajaran yang ditetapkan.





Dibawah ini adalah Indetifikasi Pemahaman Merancang Pembelajaran Berbasis TaRL yang berbentu tabel

Tabel 3.2 Elaborasi Pemahaman Merancang Pembelajaran Berbasis TaRL


Komponen Pembelajaran

 

Apa yang saya ketahui

 

Apa yang ingin saya ketahui

 

Bagaimana saya dapat mengetahuinya

 

Apa yang telah saya pelajari

 

Tujuan pembelajaran

TP berasal dari analisi Kata kerja Operasional(komptensi) dan ruang lingkup materi yang menjadi tujuan akhir dari pembelajaran

TP yang dari CP apakah perlu diturunkan lagi menurut tingkat kognitif Bloom atau hanya dari TP

Mencari Praktek baik dari guru berbagi di PMM dan mencari refenrensi materi yang ada di PMM dan materi sertifikasi pendidik juga di PMM

TP dapat diturunkan kembali menjadi beberapa sub TP atau bisa juga disebut Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)

 

Asesmen awal

Asesmen dilakukan pada saat awal tahun ajaran atau menjelang materi baru pelajaran

Bagaimana bentuk pertanyaan atau bagaimana informasi asesmen awal dilakukan dengan cara lain

Mencari Praktek baik dari guru berbagi di PMM dan mencari refenrensi materi yang ada di PMM dan materi sertifikasi pendidik juga di PMM

Pertanyaan di asesmen bisa merupakan prasayarat materi yang dikuasai, minat, profil, dan sarana belajar yang dimiliki peserta didik.

 

Asesmen formatif

Dilakukan sebagai mengukur kemajuan hasil pembelajaran dan unpan balik proses pembelajaran

Bagaimana bentuk dari asesmen formatif ?

Mencari Praktek baik dari guru berbagi di PMM dan mencari refenrensi materi yang ada di PMM dan materi sertifikasi pendidik juga di PMM

Penilaian asesmen formatif bisa melalui penilaian diri, antar teman dan refleksi metakognitif.

 

Asesmen sumatif

Untuk memastikan konfirmasi capaian hasil pembelajaran

Bagimana bentuk asesmen sumatif yang benar-benar merupakan gambaran hasil akhir dari pembelajaran itu tercapai

Mencari Praktek baik dari guru berbagi di PMM dan mencari refenrensi materi yang ada di PMM dan materi sertifikasi pendidik juga di PMM

Format asesmen sumatif akan efektif mengunakan essay yang berbentuk analitik, dan asesmen alternatif seperti projek, praktik, portofolio,dan demonstrasi

 

Kegiatan pembelajaran

Kegiatan pembelajaran hasil dari perencanaan pembelajaran

Kegiatan pembelajan apa yang efektif untuk mencapai CP peserta didik

Mencari Praktek baik dari guru berbagi di PMM dan mencari refenrensi materi yang ada di PMM dan materi sertifikasi pendidik juga di PMM

Kegiatan pembelajaran yang efektif dilakuan disesuaikan dengan kebutuhan belajar peserta didik dimana bisa memodifikasi konten, proses dan produk pembelajaran



Diatas adalah pemahaman merancang pembelajaran berbasis TaRL.




Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Materi Paedagogik | 2.0 HOTS (High Order Teaching Skill) Untuk Perencanaan Pembelajaran

Materi paedagogik setelah landasan pendidikan dan karateristik peserta didik adalah perencanaan pembelajaran, dimana landasan penyusunanya adalah dimensi keterampilan berpikir tingkat tinggi HOTS (High Order Teaching Skill) Mengapa HOTS penting ?  Semua negara berlomba-lomba membuat masyarakatnya mempunyai masyarakat cerdas, karena menyangkut masalah kejayaan sebuah negara.  Makin Cerdas pengetahuan dan ketrampilan warganya makin maju dan berjaya negaranya, karena gerbang kemajuan disegala bidang pembangunan sebuah bangsa adalah pondasinya dari sistem dan hasil pendidikannya. Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (High Order Thinking Skills/HOTS) juga diterapkan menyusul masih rendahnya peringkat Programme for International Student Assessment (PISA) dan Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS) dibandingkan dengan negara lain, sehingga standar soal UN ditingkatkan untuk mengejar ketertinggalan. Apa Itu HOTS ? Resnick (1987) medefinisikan keterampilan berpiki...

A.4.3 Telaah Pembelajaran dengan Penerapan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT)

Mengapa Guru Perlu Memahami Culturally ResponsiveTeaching? Culturally Responsive Teaching adalah konsep yang sangat penting bagi guru untuk dipahami karena dapat membantu mereka dalam memberikan pengajaran yang lebih efektif dan relevan bagi siswa dari berbagai latar belakang budaya.  Dengan memahami konsep ini, guru dapat mengembangkan kemampuan mereka dalam memahami kebutuhan dan keunikan siswa dari berbagai latar belakang budaya, sehingga mereka dapat merancang pengajaran yang lebih inklusif dan menarik bagi siswa. Definisi Culturally Responsive Teaching Culturally Responsive Teaching adalah pendekatan pengajaran yang memperhatikan keberagaman budaya dan latar belakang siswa dalam proses pembelajaran . Konsep ini melibatkan penggunaan strategi dan teknik pengajaran yang mencerminkan keberagaman siswa, serta memperhitungkan perbedaan budaya dalam cara siswa belajar. Dalam praktiknya, guru yang menerapkan Culturally Responsive Teaching akan memastikan bahwa materi pelajaran yang d...