Langsung ke konten utama

Soal-soal Materi Paedagogik | 2.0 Desain Pembelajaran

Soal-soal materi paedagogik untuk Desain Pembelajaran. Liat materi Desain pembelajaran klik disini sebelum coba menjawab soal yang berasal dari SIM PKB materi Paedagodik



1. Salah satu aktivitas menjawab pertanyaan atau membuktikan benar tidaknya hipotesis merupakan sintaks Discovery Learning yang.......

a. pembuktian (Verification)

b. pengolahan data (Data Processing)

c. pengumpulan data (Data Collection)

d. pernyataan/Identifikasi masalah (Problem Statement)

Feedback

The correct answer is: pembuktian (Verification)


2. Untuk menilai siswa dalam memahami paragraf, guru meminta siswa menuliskan kembali dengan menggunakan kalimatnya sendiri. Teknik penilaian apakah yang sebaiknya dilakukan?

a. Tes lisan

b. Penilaian produk

c. Penilaian praktik

d. Tes tertulis

Feedback

The correct answer is: Tes tertulis


3. Perhatikan cuplikan berita di bawah ini! Manakah pertanyaan yang merupakan soal HOTS berdasarkan teks di atas?

a. Apakah pemerintah sudah turun tangan dalam menangani masalah ini?

b. Mengapa siswa di Maros harus berjuang untuk pergi ke sekolah?

c. Apa yang dilakukan para relawan?

d. Jika Anda seorang kepala desa, apa yang akan anda lakukan?

Feedback

The correct answer is: Jika Anda seorang kepala desa, apa yang akan anda lakukan?


4. Peserta didik diminta untuk menyebutkan nama tumbuhan yang ada di sekolah. Aktivitas pembelajaran tersebut masuk ke dalam dimensi pengetahuan.......

a. faktual

b. metakognitif

c. prosedural

d. konseptual

Feedback

The correct answer is: faktual


5. Salah satu sintaks Problem Based Learning adalah mengorganisasikan peserta didik untuk belajar. Contoh aktivitas pembelajarannya adalah.......

a. siswa melakukan penyelidikan (mencari data/referensi/sumber untuk bahan diskusi)

b. kelompok melakukan diskusi untuk menghasilkan solusi pemecahan masalah

c. siswa berdiskusi dan membagi tugas untuk mencari data/bahan-bahan/alat yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah

d. kelompok mengamati dan memahami masalah yang disampaikan guru atau yang diperoleh dari bahan bacaan

Feedback

The correct answer is: siswa berdiskusi dan membagi tugas untuk mencari data/bahan-bahan/alat yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah


6. Perhatikan contoh soal HOTS di bawah ini! Manakah indikator soal yang paling tepat untuk soal di atas?

a. Disajikan teks, siswa dapat menjelaskan pengertian kependudukan.

b. Disajikan permasalahan kontekstual tentang kependudukan, siswa dapat menyelesaikan permasalahan tersebut menggunakan konsep kependudukan

c. Disajikan teks tentang kependudukan, siswa dapat menyebutkan factor-faktor yang menyebabkan terjadinyan ledakan penduduk

d. Disajikan kasus tentang kependudukan, siswa dapat menjelaskan terjadinya ledakan penduduk di suatu negara.

Feedback

The correct answer is: Disajikan permasalahan kontekstual tentang kependudukan, siswa dapat menyelesaikan permasalahan tersebut menggunakan konsep kependudukan


7. Kegiatan pembelajaran yang melibatkan secara maksimal seluruh kemampuan peserta didik yang diawali dengan pemberian rangsangan, mengajak peserta didik daam mengidentifikasi masalah, melakukan pengumpulan data dan mengolah data sehingga mampu memberikan pembuktian dan menarik simpulan. Model yang tepat digunakan untuk kegiatan pembelajaran diatas adalah.......

a. Discovery Learning

b. Problem Based learning

c. Inquiry Learning

d. Project Based learning

Feedback

The correct answer is: Discovery Learning


Question 1

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Perhatikan cuplikan berita di bawah ini! Manakah pertanyaan yang merupakan soal HOTS berdasarkan teks di atas?

a.
Jika Anda seorang kepala desa, apa yang akan anda lakukan?
b.
Apa yang dilakukan para relawan?
c.
Mengapa siswa di Maros harus berjuang untuk pergi ke sekolah?
d.
Apakah pemerintah sudah turun tangan dalam menangani masalah ini?

Feedback

Question 2

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Untuk menilai siswa dalam memahami paragraf, guru meminta siswa menuliskan kembali dengan menggunakan kalimatnya sendiri. Teknik penilaian apakah yang sebaiknya dilakukan?
a.
Penilaian praktik
b.
Tes tertulis
c.
Tes lisan
d.
Penilaian produk

Feedback

Question 3

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Peserta didik diminta untuk menyebutkan nama tumbuhan yang ada di sekolah. Aktivitas pembelajaran tersebut masuk ke dalam dimensi pengetahuan.......
a.
metakognitif
b.
prosedural
c.
faktual
d.
konseptual

Feedback

Question 4

Complete
Mark 0.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Manakah indikator yang sesuai untuk soal berikut?

a.
Disajikan diagram data penjualan beras, siswa dapat menentukan banyaknya beras yang terjual pada hari Rabu.
b.
Disajikan diagram penjualan sembako, siswa dapat menentukan banyaknya sembako yang terjual selama lima hari.
c.
Disajikan diagram data penjualan beras, siswa dapat menentukan banyaknya beras yang terjual pada hari Kamis.
d.
Disajikan diagram data penjualan beras, siswa dapat menentukan pencapaian penjualan beras tertinggi.

Feedback

Question 5

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Aktivitas pembelajaran pada model Project Based Learning pada sintaks mendesain perencanaan produk adalah.......
a.
peserta didik menyusun jadwal penyelesaian proyek dengan memperhatikan batas waktu yang telah ditentukan
b.
peserta didik berdiskusi menyusun rencana pembuatan proyek pemecahan masalah meliputi pembagian tugas, persiapan alat, bahan, media, sumber yang dibutuhkan
c.
membahas kelayakan proyek yang telah dibuat dan membuat laporan produk/karya untuk dipaparkan kepada orang lain
d.
peserta didik melakukan pembuatan proyek sesuai jadwal, mencatat setiap tahapan, mendiskusikan masalah yang muncul selama penyelesaian proyek dengan guru

Feedback

Question 6

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Indikator menyebutkan benda-benda yang ada di kelas, apabila dimasukkan pada matriks kemampuan berpikir dan dimensi pengetahuan berada pada posisi.......

a.
Posisi A
b.
Posisi D
c.
Posisi C
d.
Posisi B

Feedback

Question 7

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Peserta didik berdiskusi menyusun rencana pembuatan proyek pemecahan masalah meliputi pembagian tugas, persiapan alat, bahan, media, sumber yang dibutuhkan. Aktivitas pembelajaran di atas merupakan model Project Based Learning pada sintaks.......
a.
pertanyaan mendasar
b.
mendesain perencanaan produk
c.
memonitoring keaktifan dan pengembangan proyek
d.
menyusun jadwal pembuatan

Feedback


Question 1

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Salah satu aktivitas menjawab pertanyaan atau membuktikan benar tidaknya hipotesis merupakan sintaks Discovery Learning yang.......
a.
pernyataan/Identifikasi masalah (Problem Statement)
b.
pengumpulan data (Data Collection)
c.
pengolahan data (Data Processing)
d.
pembuktian (Verification)

Feedback

Question 2

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Manakah soal yang memenuhi kriteria HOTS untuk stimulus berikut?

a.
Jika ulat menurun drastis, apa yang terjadi pada burung elang?
b.
Sawi dan bunga sepatu berperan sebagai apa?
c.
Hewan apa yang berperan sebagai konsumen tingkat I?
d.
Apakah peran burung elang dalam suatu rantai makanan?

Feedback

Question 3

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Perhatikan cuplikan berita di bawah ini! Manakah pertanyaan yang merupakan soal HOTS berdasarkan teks di atas?

a.
Apa yang dilakukan para relawan?
b.
Apakah pemerintah sudah turun tangan dalam menangani masalah ini?
c.
Mengapa siswa di Maros harus berjuang untuk pergi ke sekolah?
d.
Jika Anda seorang kepala desa, apa yang akan anda lakukan?

Feedback

Question 4

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Indikator menyebutkan benda-benda yang ada di kelas, apabila dimasukkan pada matriks kemampuan berpikir dan dimensi pengetahuan berada pada posisi.......

a.
Posisi A
b.
Posisi B
c.
Posisi D
d.
Posisi C

Feedback

Question 5

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Kegiatan pembelajaran yang melibatkan secara maksimal seluruh kemampuan peserta didik yang diawali dengan pemberian rangsangan, mengajak peserta didik daam mengidentifikasi masalah, melakukan pengumpulan data dan mengolah data sehingga mampu memberikan pembuktian dan menarik simpulan. Model yang tepat digunakan untuk kegiatan pembelajaran diatas adalah.......
a.
Project Based learning
b.
Discovery Learning
c.
Inquiry Learning
d.
Problem Based learning

Feedback

Question 6

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Untuk menilai siswa dalam memahami paragraf, guru meminta siswa menuliskan kembali dengan menggunakan kalimatnya sendiri. Teknik penilaian apakah yang sebaiknya dilakukan?
a.
Penilaian praktik
b.
Tes lisan
c.
Penilaian produk
d.
Tes tertulis

Feedback

Question 7

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Peserta didik diminta untuk menyebutkan nama tumbuhan yang ada di sekolah. Aktivitas pembelajaran tersebut masuk ke dalam dimensi pengetahuan.......
a.
prosedural
b.
konseptual
c.
faktual
d.
metakognitif

Feedback


Manakah soal yang memenuhi kriteria HOTS untuk stimulus berikut?

a.
Hewan apa yang berperan sebagai konsumen tingkat I?
b.
Jika ulat menurun drastis, apa yang terjadi pada burung elang?
c.
Sawi dan bunga sepatu berperan sebagai apa?
d.
Apakah peran burung elang dalam suatu rantai makanan?

Feedback

Question 2

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Salah satu sintaks Problem Based Learning adalah mengorganisasikan peserta didik untuk belajar. Contoh aktivitas pembelajarannya adalah.......
a.
kelompok melakukan diskusi untuk menghasilkan solusi pemecahan masalah
b.
siswa berdiskusi dan membagi tugas untuk mencari data/bahan-bahan/alat yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah
c.
siswa melakukan penyelidikan (mencari data/referensi/sumber untuk bahan diskusi)
d.
kelompok mengamati dan memahami masalah yang disampaikan guru atau yang diperoleh dari bahan bacaan

Feedback

Question 3

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Perhatikan contoh soal HOTS di bawah ini! Manakah indikator soal yang paling tepat untuk soal di atas?

a.
Disajikan permasalahan kontekstual tentang kependudukan, siswa dapat menyelesaikan permasalahan tersebut menggunakan konsep kependudukan
b.
Disajikan teks tentang kependudukan, siswa dapat menyebutkan factor-faktor yang menyebabkan terjadinyan ledakan penduduk
c.
Disajikan teks, siswa dapat menjelaskan pengertian kependudukan.
d.
Disajikan kasus tentang kependudukan, siswa dapat menjelaskan terjadinya ledakan penduduk di suatu negara.

Feedback

Question 4

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Aktivitas pembelajaran pada model Project Based Learning pada sintaks mendesain perencanaan produk adalah.......
a.
peserta didik melakukan pembuatan proyek sesuai jadwal, mencatat setiap tahapan, mendiskusikan masalah yang muncul selama penyelesaian proyek dengan guru
b.
peserta didik menyusun jadwal penyelesaian proyek dengan memperhatikan batas waktu yang telah ditentukan
c.
peserta didik berdiskusi menyusun rencana pembuatan proyek pemecahan masalah meliputi pembagian tugas, persiapan alat, bahan, media, sumber yang dibutuhkan
d.
membahas kelayakan proyek yang telah dibuat dan membuat laporan produk/karya untuk dipaparkan kepada orang lain

Feedback

Question 5

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Peserta didik berdiskusi menyusun rencana pembuatan proyek pemecahan masalah meliputi pembagian tugas, persiapan alat, bahan, media, sumber yang dibutuhkan. Aktivitas pembelajaran di atas merupakan model Project Based Learning pada sintaks.......
a.
pertanyaan mendasar
b.
mendesain perencanaan produk
c.
memonitoring keaktifan dan pengembangan proyek
d.
menyusun jadwal pembuatan

Feedback

Question 6

Complete
Mark 0.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Indikator menyebutkan benda-benda yang ada di kelas, apabila dimasukkan pada matriks kemampuan berpikir dan dimensi pengetahuan berada pada posisi.......

a.
Posisi C
b.
Posisi B
c.
Posisi A
d.
Posisi D

Feedback

Question 7

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Manakah indikator yang sesuai untuk soal berikut?

a.
Disajikan diagram penjualan sembako, siswa dapat menentukan banyaknya sembako yang terjual selama lima hari.
b.
Disajikan diagram data penjualan beras, siswa dapat menentukan banyaknya beras yang terjual pada hari Kamis.
c.
Disajikan diagram data penjualan beras, siswa dapat menentukan banyaknya beras yang terjual pada hari Rabu.
d.
Disajikan diagram data penjualan beras, siswa dapat menentukan pencapaian penjualan beras tertinggi.

Feedback

Komentar

Postingan populer dari blog ini

A.4.3 Telaah Pembelajaran dengan Penerapan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT)

Mengapa Guru Perlu Memahami Culturally ResponsiveTeaching? Culturally Responsive Teaching adalah konsep yang sangat penting bagi guru untuk dipahami karena dapat membantu mereka dalam memberikan pengajaran yang lebih efektif dan relevan bagi siswa dari berbagai latar belakang budaya.  Dengan memahami konsep ini, guru dapat mengembangkan kemampuan mereka dalam memahami kebutuhan dan keunikan siswa dari berbagai latar belakang budaya, sehingga mereka dapat merancang pengajaran yang lebih inklusif dan menarik bagi siswa. Definisi Culturally Responsive Teaching Culturally Responsive Teaching adalah pendekatan pengajaran yang memperhatikan keberagaman budaya dan latar belakang siswa dalam proses pembelajaran . Konsep ini melibatkan penggunaan strategi dan teknik pengajaran yang mencerminkan keberagaman siswa, serta memperhitungkan perbedaan budaya dalam cara siswa belajar. Dalam praktiknya, guru yang menerapkan Culturally Responsive Teaching akan memastikan bahwa materi pelajaran yang disam

A.3.4 Hasil Telaah dan minta komentar teman sejawat | Materi Rancangan Pembelajaran dengan Pendekatan TaRL

Pemahaman Merancang Pembelajaran Berbasis TaRL Teaching at The Right Level (TaRL) merupakan pendekatan pembelajaran yang fokus pada tingkat kemampuan peserta didik. Saat menjadi guru, Bapak/Ibu guru mungkin pernah menemukan peserta didik yang belum mampu mencapai tujuan pembelajaran yang ditetapkan. Dibawah ini adalah Indetifikasi Pemahaman Merancang Pembelajaran Berbasis TaRL yang berbentu tabel Tabel 3.2 Elaborasi Pemahaman Merancang Pembelajaran Berbasis TaRL Komponen Pembelajaran   Apa   yang saya ketahui   Apa yang ingin   saya ketahui   Bagaimana   saya dapat mengetahuinya   Apa yang telah   saya pelajari   Tujuan   pembelajaran TP berasal dari analisi Kata kerja Operasional(komptensi) dan ruang lingkup materi yang menjadi tujuan akhir dari pembelajaran TP yang dari CP apakah perlu diturunkan lagi menurut tingkat kognitif Bloom atau hanya dari TP Mencari Praktek baik dari guru berbagi di PMM dan mencari refenrensi materi yang ada di PMM dan materi sertifikasi pendidik juga di PMM

A.I.3 Hasil Telaah dan minta komentar teman sejawat # A. I. Menerapkan Prinsip Understanding by Design Pada Pembelajaran

Bapak/Ibu guru, pada tahap sebelumnya Bapak/Ibu guru telah mengeksplorasi prinsip UbD dalam merancang pembelajaran. Pada tahap ini, siapkan salah satu perencanaan pembelajaran (RPP/modul ajar) yang Bapak/Ibu guru miliki. Ajaklah   teman sejawat/kepala sekolah/pengawas untuk menelaah rancangan pembelajarannya dengan mengisi rubrik checklist . Rubrik ini memandu Bapak/Ibu guru dalam merefleksikan perencanaan pembelajaran dengan pendekatan UbD.   Dengan   demikian, Bapak/Ibu guru dapat mengetahui sejauh mana perencanaan pembelajaran tersebut relevan dengan prinsip UbD. Modul mapel ekonomi yang saya buat bisa diliat di link dibawah ini: Ekonomi 11 Bab 2 - Pendapatan Nasional Dan Kesenjangan Ekonomi Tabel   1.2   Rubrik   Checklist   Perancangan   Pembelajaran   dengan   Prinsip   UbD   Item   Pernyataan Sudah Belum   Langkah   1.   Menentukan   Tujuan   Pembelajaran   Saya mengidentifikasi sasaran pembelajaran dan fokus pada pemahaman   konsep   yang   mendalam   dan   penerapan   pengetah