Soal-soal materi paedagogik untuk Penilaian. Liat materi Penilaian klik disini sebelum coba menjawab soal yang berasal dari SIM PKB materi Paedagodik
Dibaca Juga Soal:
- Soal-Soal Materi Paedagogik | 1.Teori Belajar
- Soal-Soal Materi Paedagogik | 1.2 Karateristik Peserta Didik
- Soal-soal Materi Paedagogik | 2.0 Desain Pembelajaran
- Soal-soal Materi paedagogik | 2.0 HOTS (High Order Thingking Skill) Untuk Perencanaan Pembelajaran
- Soal-soal Materi Paedagogik | 3.0 Dasar Komunikasi
Question 1
Complete
Mark 0.00 out of 1.00
Flag question
Question text
Berikut pernyataan yang benar terkait dengan tingkat kesulitan sebuah soal adalah
a.
semakin banyak butir soal yang tidak bisa dijawab oleh siswa dengan benar maka soal tersebut sulit
b.
semakin besar nilai indeks kesulitan tersebut maka soal semakin mudah, sebaliknya semakin kecil nilai indeks tersebut maka soal semakin sulit
c.
semakin kecil nilai indeks kesulitan tersebut maka soal semakin mudah, sebaliknya semakin besar nilai indeks tersebut maka soal semakin sulit
d.
semakin banyak siswa yang menjawab benar, berarti soal tersebut mudah
Feedback
The correct answer is: semakin besar nilai indeks kesulitan tersebut maka soal semakin mudah, sebaliknya semakin kecil nilai indeks tersebut maka soal semakin sulit
Question 2
Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question
Question text
Pak Akhmad sedang melaksanakan diagnostik kesulitan belajar untuk beberapa siswanya. Salah satu langkahnya adalah menganalisis lembar jawaban ulangan untuk mengetahui jumlah jawaban benar dan salah. Cara ini dilakukan untuk mengetahui kesulitan belajar mereka. Tindakan Pak Akhmad tersebut merupakan langkah....
a.
memperkirakan tindakan
b.
identifikasi masalah
c.
memperkirakan penyebab
d.
identifikasi kasus
Feedback
The correct answer is: identifikasi masalah
Question 3
Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question
Question text
Beberapa siswa Pak Usman memiliki IQ pada taraf normal bawah dan seringkali harus mengikuti remedial, terutama materi yang memerlukan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Namun pada materi yang memerlukan keterampilan berpikir tingkat rendah, ketiganya mampu mencapai batas ketuntasan. Upaya Pak Usman mengembangkan potensi terbaik ketiga siswa tersebut adalah
a.
memberikan waktu lebih di luar kelas untuk menyelesaikan target pembelajaran
b.
menyediakan tambahan fasilitas dalam bentuk tutor sebaya saat pembelajaran
c.
melaksanakan penilaian hasil belajar dalam bentuk yang fleksibel sesuai kebutuhan
d.
memfasilitasi pembelajaran yang mengembangkan bentuk potensi keterampilan
Feedback
The correct answer is: memfasilitasi pembelajaran yang mengembangkan bentuk potensi keterampilan
Question 4
Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question
Question text
Di antara pernyataan berikut yang benar adalah
a.
Penilaian diri dan penilaian antar teman dilakukan jika diperlukan untuk validitas data observasi guru
b.
Penilaian diri dan antar teman dilakukan sewaktu-waktu sesuai keinginan guru
c.
Penilaian diri dan penilaian antar teman dinilai bersama dengan hasil observasi guru
d.
Penilaian diri dan penilaian antar teman dilakukan setiap pembelajaran berlangsung
Feedback
The correct answer is: Penilaian diri dan penilaian antar teman dilakukan jika diperlukan untuk validitas data observasi guru
Question 5
Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question
Question text
Daya pembeda pada suatu soal adalah
a.
kemampuan suatu butir soal yang tidak dapat membedakan antar siswa yang telah menguasai materi dan siswa yang kurang menguasai materi
b.
kemampuan suatu butir soal dapat membedakan antara siswa yang telah menguasai dan siswa yang kurang menguasai materi yang ditanyakan
c.
jumlah siswa yang menjawab benar lebih banyak daripada jumlah siswa yang menjawab salah
d.
jumlah siswa yang menjawab salah dan jumlah siswa yang bisa menjawab benar, proporsinya sama.
Feedback
The correct answer is: jumlah siswa yang menjawab salah dan jumlah siswa yang bisa menjawab benar, proporsinya sama.
Question 6
Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question
Question text
Perhatikan aspek sikap berikut. (1) Percaya diri (2) Runtut (3) Santun (4) Kerjasama (5) Berbahasa Indonesia Kompetensi sikap yang akan dinilai untuk kegiatan bercerita adalah ....
a.
2, 3, 5
b.
1, 2, 3
c.
1, 2, 5
d.
3, 4, 5
Feedback
The correct answer is: 1, 2, 3
Question 7
Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question
Question text
Berikut ini merupakan prinsip penilaian yang harus Anda perhatikan dalam melakukan penilaian di kelas Anda, kecuali
a.
terbuka
b.
sahih
c.
subjektif
d.
adil
Feedback
The correct answer is: subjektif
Question 1
Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question
Question text
Perhatikan aspek sikap berikut: (1) Tanggung jawab (2) Kerjasama (3) Menghargai (4) Mandiri (5) Jujur Kompetensi sikap yang akan dinilai untuk kegiatan berdiskusi adalah ....
a.
3, 4, 5
b.
2, 3, 5
c.
1, 2, 3
d.
1, 2, 4
Feedback
The correct answer is: 1, 2, 3
Question 2
Complete
Mark 0.00 out of 1.00
Flag question
Question text
Ismail siswa mampu mengurutkan benda dengan mudah berdasarkan ukuran panjang dari yang terpendek sampai dengan terpanjang, namun agak kesulitan menyusun dari yang terpanjang ke yang terpendek. Kemampuan Ismail mengurutkan panjang benda tersebut merupakan kemampuan berpikir pada tahap perkembangan kognitif
a.
pre-operasional
b.
operasional formal
c.
pra-operasional
d.
operasional konkret
Feedback
The correct answer is: operasional konkret
Question 3
Complete
Mark 0.00 out of 1.00
Flag question
Question text
Ismail siswa mampu mengurutkan benda dengan mudah berdasarkan ukuran panjang dari yang terpendek sampai dengan terpanjang, namun agak kesulitan menyusun dari yang terpanjang ke yang terpendek. Kemampuan Ismail mengurutkan panjang benda tersebut merupakan kemampuan berpikir pada tahap perkembangan kognitif
a.
pre-operasional
b.
operasional konkret
c.
operasional formal
d.
pra-operasional
Feedback
The correct answer is: operasional konkret
Question 4
Complete
Mark 0.00 out of 1.00
Flag question
Question text
Daya pembeda pada suatu soal adalah
a.
kemampuan suatu butir soal yang tidak dapat membedakan antar siswa yang telah menguasai materi dan siswa yang kurang menguasai materi
b.
jumlah siswa yang menjawab benar lebih banyak daripada jumlah siswa yang menjawab salah
c.
kemampuan suatu butir soal dapat membedakan antara siswa yang telah menguasai dan siswa yang kurang menguasai materi yang ditanyakan
d.
jumlah siswa yang menjawab salah dan jumlah siswa yang bisa menjawab benar, proporsinya sama.
Feedback
The correct answer is: jumlah siswa yang menjawab salah dan jumlah siswa yang bisa menjawab benar, proporsinya sama.
Question 5
Not answered
Marked out of 1.00
Flag question
Question text
Pak Akhmad sedang melaksanakan diagnostik kesulitan belajar untuk beberapa siswanya. Salah satu langkahnya adalah menganalisis lembar jawaban ulangan untuk mengetahui jumlah jawaban benar dan salah. Cara ini dilakukan untuk mengetahui kesulitan belajar mereka. Tindakan Pak Akhmad tersebut merupakan langkah....
a.
memperkirakan tindakan
b.
identifikasi kasus
c.
memperkirakan penyebab
d.
identifikasi masalah
Feedback
The correct answer is: identifikasi masalah
Question 6
Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question
Question text
Di antara pernyataan berikut yang benar adalah ....
a.
Penilaian diri dan penilaian antar teman dinilai bersama dengan hasil observasi guru
b.
Penilaian diri dan antar teman dilakukan sewaktu-waktu sesuai keinginan guru
c.
Penilaian diri dan penilaian antar teman dilakukan setiap pembelajaran berlangsung
d.
Penilaian diri dan penilaian antar teman dilakukan jika diperlukan untuk validitas data observasi guru
Feedback
The correct answer is: Penilaian diri dan penilaian antar teman dilakukan jika diperlukan untuk validitas data observasi guru
Question 7
Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question
Question text
Berikut ini merupakan prinsip penilaian yang harus Anda perhatikan dalam melakukan penilaian di kelas Anda, kecuali
a.
sahih
b.
subjektif
c.
adil
d.
terbuka
Feedback
The correct answer is: subjektif
Question 1
Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question
Question text
Di antara pernyataan berikut yang benar adalah ....
a.
Penilaian diri dan penilaian antar teman dilakukan setiap pembelajaran berlangsung
b.
Penilaian diri dan penilaian antar teman dinilai bersama dengan hasil observasi guru
c.
Penilaian diri dan antar teman dilakukan sewaktu-waktu sesuai keinginan guru
d.
Penilaian diri dan penilaian antar teman dilakukan jika diperlukan untuk validitas data observasi guru
Feedback
The correct answer is: Penilaian diri dan penilaian antar teman dilakukan jika diperlukan untuk validitas data observasi guru
Question 2
Complete
Mark 0.00 out of 1.00
Flag question
Question text
Perhatikan aspek sikap berikut. (1) Percaya diri (2) Runtut (3) Santun (4) Kerjasama (5) Berbahasa Indonesia Kompetensi sikap yang akan dinilai untuk kegiatan bercerita adalah ....
a.
1, 2, 5
b.
2, 3, 5
c.
3, 4, 5
d.
1, 2, 3
Feedback
The correct answer is: 1, 2, 3
Question 3
Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question
Question text
Langkah pertama yang harus diperhatikan dalam kegiatan perencanaan penilaian sikap adalah .....
a.
menentukan indikator
b.
menentukan sikap yang akan dikembangkan
c.
menentukan spesifikasi instrumen
d.
menentukan skala pengukuran
Feedback
The correct answer is: menentukan sikap yang akan dikembangkan
Question 4
Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question
Question text
Di antara pernyataan berikut yang benar adalah
a.
Penilaian diri dan penilaian antar teman dilakukan jika diperlukan untuk validitas data observasi guru
b.
Penilaian diri dan antar teman dilakukan sewaktu-waktu sesuai keinginan guru
c.
Penilaian diri dan penilaian antar teman dinilai bersama dengan hasil observasi guru
d.
Penilaian diri dan penilaian antar teman dilakukan setiap pembelajaran berlangsung
Feedback
The correct answer is: Penilaian diri dan penilaian antar teman dilakukan jika diperlukan untuk validitas data observasi guru
Question 5
Complete
Mark 0.00 out of 1.00
Flag question
Question text
Berikut yang bukan termasuk kegiatan perencanaan pada prosedur penilaian pengetahuan adalah
a.
menetapkan bentuk dan teknik penilaian
b.
pemetaan KD muatan pelajaran
c.
menyusun bank soal
d.
merancang instrumen penilaian
Feedback
The correct answer is: menetapkan bentuk dan teknik penilaian
Question 6
Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question
Question text
Definisi penilaian adalah ....
a.
kegiatan dalam meningkatkan kualitas, kinerja, atau produktivitas suatu lembaga dalam melaksanakan programnya
b.
kegiatan penentuan angka bagi suatu objek secara sistematik
c.
prosedur yang sistematis untuk mengumpulkan informasi yang dapat digunakan untuk membuat kesimpulan tentang karakteristik orang atau objek
d.
menentukan atau menyusun alat ukur, dalam hal ini instrumen pengukuran dan bagaimana mengukurnya
Feedback
The correct answer is: prosedur yang sistematis untuk mengumpulkan informasi yang dapat digunakan untuk membuat kesimpulan tentang karakteristik orang atau objek
Question 7
Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question
Question text
Langkah pertama yang harus diperhatikan dalam kegiatan perencanaan penilaian sikap adalah .....
a.
menentukan spesifikasi instrumen
b.
menentukan indikator
c.
menentukan sikap yang akan dikembangkan
d.
menentukan skala pengukuran
Feedback
The correct answer is: menentukan sikap yang akan dikembangkan
Question 1
Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question
Question text
Bu Ani bermaksud mengembangkan kemampuan berpikir kreatif melalui curah gagasan dengan kantong ide. Setiap siswa membawa kantong ide berisi satu benda, kemudian kantong ide ditukar dengan temannya. Tugas siswa adalah memberikan kata sebanyak mungkin terkait benda yang ada di kantong ide tersebut. Cara yang digunakan Bu Ani dapat mengembangkan keterampilan berpikir
a.
vertical
b.
logis
c.
divergen
d.
konvergen
Feedback
The correct answer is: divergen
Question 2
Complete
Mark 0.00 out of 1.00
Flag question
Question text
Penilaian dalam proses pembelajaran berfungsi sebagai alat untuk mendeteksi kesulitan belajar, merupakan pengertian dari ....
a.
assesment as learning
b.
assessment for learning
c.
assessment to learning
d.
assessment of learning
Feedback
The correct answer is: assesment as learning
Question 3
Complete
Mark 0.00 out of 1.00
Flag question
Question text
Penilaian dalam proses pembelajaran berfungsi sebagai alat untuk mendeteksi kesulitan belajar, merupakan pengertian dari ....
a.
assesment as learning
b.
assessment to learning
c.
assessment of learning
d.
assessment for learning
Feedback
The correct answer is: assesment as learning
Question 4
Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question
Question text
Definisi penilaian adalah ....
a.
menentukan atau menyusun alat ukur, dalam hal ini instrumen pengukuran dan bagaimana mengukurnya
b.
prosedur yang sistematis untuk mengumpulkan informasi yang dapat digunakan untuk membuat kesimpulan tentang karakteristik orang atau objek
c.
kegiatan penentuan angka bagi suatu objek secara sistematik
d.
kegiatan dalam meningkatkan kualitas, kinerja, atau produktivitas suatu lembaga dalam melaksanakan programnya
Feedback
The correct answer is: prosedur yang sistematis untuk mengumpulkan informasi yang dapat digunakan untuk membuat kesimpulan tentang karakteristik orang atau objek
Question 5
Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question
Question text
Bu Ani bermaksud mengembangkan kemampuan berpikir kreatif melalui curah gagasan dengan kantong ide. Setiap siswa membawa kantong ide berisi satu benda, kemudian kantong ide ditukar dengan temannya. Tugas siswa adalah memberikan kata sebanyak mungkin terkait benda yang ada di kantong ide tersebut. Cara yang digunakan Bu Ani dapat mengembangkan keterampilan berpikir
a.
konvergen
b.
logis
c.
divergen
d.
vertical
Feedback
The correct answer is: divergen
Question 6
Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question
Question text
Perhatikan aspek sikap berikut: (1) Tanggung jawab (2) Kerjasama (3) Menghargai (4) Mandiri (5) Jujur Kompetensi sikap yang akan dinilai untuk kegiatan berdiskusi adalah ....
a.
1, 2, 3
b.
3, 4, 5
c.
1, 2, 4
d.
2, 3, 5
Feedback
The correct answer is: 1, 2, 3
Question 7
Complete
Mark 0.00 out of 1.00
Flag question
Question text
Beberapa siswa Pak Usman memiliki IQ pada taraf normal bawah dan seringkali harus mengikuti remedial, terutama materi yang memerlukan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Namun pada materi yang memerlukan keterampilan berpikir tingkat rendah, ketiganya mampu mencapai batas ketuntasan. Upaya Pak Usman mengembangkan potensi terbaik ketiga siswa tersebut adalah
a.
menyediakan tambahan fasilitas dalam bentuk tutor sebaya saat pembelajaran
b.
melaksanakan penilaian hasil belajar dalam bentuk yang fleksibel sesuai kebutuhan
c.
memberikan waktu lebih di luar kelas untuk menyelesaikan target pembelajaran
d.
memfasilitasi pembelajaran yang mengembangkan bentuk potensi keterampilan
Feedback
The correct answer is: memfasilitasi pembelajaran yang mengembangkan bentuk potensi keterampilan
Komentar
Posting Komentar