Langsung ke konten utama

Soal-soal Paedagogik | 4.0 Penilaian

Soal-soal materi paedagogik untuk Penilaian. Liat materi Penilaian klik disini sebelum coba menjawab soal yang berasal dari SIM PKB materi Paedagodik

Dibaca Juga  Soal:


 

Question 1

Complete
Mark 0.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Berikut pernyataan yang benar terkait dengan tingkat kesulitan sebuah soal adalah
a.
semakin banyak butir soal yang tidak bisa dijawab oleh siswa dengan benar maka soal tersebut sulit
b.
semakin besar nilai indeks kesulitan tersebut maka soal semakin mudah, sebaliknya semakin kecil nilai indeks tersebut maka soal semakin sulit
c.
semakin kecil nilai indeks kesulitan tersebut maka soal semakin mudah, sebaliknya semakin besar nilai indeks tersebut maka soal semakin sulit
d.
semakin banyak siswa yang menjawab benar, berarti soal tersebut mudah

Feedback

Question 2

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Pak Akhmad sedang melaksanakan diagnostik kesulitan belajar untuk beberapa siswanya. Salah satu langkahnya adalah menganalisis lembar jawaban ulangan untuk mengetahui jumlah jawaban benar dan salah. Cara ini dilakukan untuk mengetahui kesulitan belajar mereka. Tindakan Pak Akhmad tersebut merupakan langkah....
a.
memperkirakan tindakan
b.
identifikasi masalah
c.
memperkirakan penyebab
d.
identifikasi kasus

Feedback

Question 3

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Beberapa siswa Pak Usman memiliki IQ pada taraf normal bawah dan seringkali harus mengikuti remedial, terutama materi yang memerlukan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Namun pada materi yang memerlukan keterampilan berpikir tingkat rendah, ketiganya mampu mencapai batas ketuntasan. Upaya Pak Usman mengembangkan potensi terbaik ketiga siswa tersebut adalah
a.
memberikan waktu lebih di luar kelas untuk menyelesaikan target pembelajaran
b.
menyediakan tambahan fasilitas dalam bentuk tutor sebaya saat pembelajaran
c.
melaksanakan penilaian hasil belajar dalam bentuk yang fleksibel sesuai kebutuhan
d.
memfasilitasi pembelajaran yang mengembangkan bentuk potensi keterampilan

Feedback

Question 4

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Di antara pernyataan berikut yang benar adalah
a.
Penilaian diri dan penilaian antar teman dilakukan jika diperlukan untuk validitas data observasi guru
b.
Penilaian diri dan antar teman dilakukan sewaktu-waktu sesuai keinginan guru
c.
Penilaian diri dan penilaian antar teman dinilai bersama dengan hasil observasi guru
d.
Penilaian diri dan penilaian antar teman dilakukan setiap pembelajaran berlangsung

Feedback

Question 5

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Daya pembeda pada suatu soal adalah
a.
kemampuan suatu butir soal yang tidak dapat membedakan antar siswa yang telah menguasai materi dan siswa yang kurang menguasai materi
b.
kemampuan suatu butir soal dapat membedakan antara siswa yang telah menguasai dan siswa yang kurang menguasai materi yang ditanyakan
c.
jumlah siswa yang menjawab benar lebih banyak daripada jumlah siswa yang menjawab salah
d.
jumlah siswa yang menjawab salah dan jumlah siswa yang bisa menjawab benar, proporsinya sama.

Feedback

Question 6

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Perhatikan aspek sikap berikut. (1) Percaya diri (2) Runtut (3) Santun (4) Kerjasama (5) Berbahasa Indonesia Kompetensi sikap yang akan dinilai untuk kegiatan bercerita adalah ....
a.
2, 3, 5
b.
1, 2, 3
c.
1, 2, 5
d.
3, 4, 5

Feedback

Question 7

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Berikut ini merupakan prinsip penilaian yang harus Anda perhatikan dalam melakukan penilaian di kelas Anda, kecuali
a.
terbuka
b.
sahih
c.
subjektif
d.
adil

Feedback

Question 1

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Perhatikan aspek sikap berikut: (1) Tanggung jawab (2) Kerjasama (3) Menghargai (4) Mandiri (5) Jujur Kompetensi sikap yang akan dinilai untuk kegiatan berdiskusi adalah ....
a.
3, 4, 5
b.
2, 3, 5
c.
1, 2, 3
d.
1, 2, 4

Feedback

Question 2

Complete
Mark 0.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Ismail siswa mampu mengurutkan benda dengan mudah berdasarkan ukuran panjang dari yang terpendek sampai dengan terpanjang, namun agak kesulitan menyusun dari yang terpanjang ke yang terpendek. Kemampuan Ismail mengurutkan panjang benda tersebut merupakan kemampuan berpikir pada tahap perkembangan kognitif
a.
pre-operasional
b.
operasional formal
c.
pra-operasional
d.
operasional konkret

Feedback

Question 3

Complete
Mark 0.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Ismail siswa mampu mengurutkan benda dengan mudah berdasarkan ukuran panjang dari yang terpendek sampai dengan terpanjang, namun agak kesulitan menyusun dari yang terpanjang ke yang terpendek. Kemampuan Ismail mengurutkan panjang benda tersebut merupakan kemampuan berpikir pada tahap perkembangan kognitif
a.
pre-operasional
b.
operasional konkret
c.
operasional formal
d.
pra-operasional

Feedback

Question 4

Complete
Mark 0.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Daya pembeda pada suatu soal adalah
a.
kemampuan suatu butir soal yang tidak dapat membedakan antar siswa yang telah menguasai materi dan siswa yang kurang menguasai materi
b.
jumlah siswa yang menjawab benar lebih banyak daripada jumlah siswa yang menjawab salah
c.
kemampuan suatu butir soal dapat membedakan antara siswa yang telah menguasai dan siswa yang kurang menguasai materi yang ditanyakan
d.
jumlah siswa yang menjawab salah dan jumlah siswa yang bisa menjawab benar, proporsinya sama.

Feedback

Question 5

Not answered
Marked out of 1.00
Flag question

Question text

Pak Akhmad sedang melaksanakan diagnostik kesulitan belajar untuk beberapa siswanya. Salah satu langkahnya adalah menganalisis lembar jawaban ulangan untuk mengetahui jumlah jawaban benar dan salah. Cara ini dilakukan untuk mengetahui kesulitan belajar mereka. Tindakan Pak Akhmad tersebut merupakan langkah....
a.
memperkirakan tindakan
b.
identifikasi kasus
c.
memperkirakan penyebab
d.
identifikasi masalah

Feedback

Question 6

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Di antara pernyataan berikut yang benar adalah ....
a.
Penilaian diri dan penilaian antar teman dinilai bersama dengan hasil observasi guru
b.
Penilaian diri dan antar teman dilakukan sewaktu-waktu sesuai keinginan guru
c.
Penilaian diri dan penilaian antar teman dilakukan setiap pembelajaran berlangsung
d.
Penilaian diri dan penilaian antar teman dilakukan jika diperlukan untuk validitas data observasi guru

Feedback

Question 7

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Berikut ini merupakan prinsip penilaian yang harus Anda perhatikan dalam melakukan penilaian di kelas Anda, kecuali
a.
sahih
b.
subjektif
c.
adil
d.
terbuka

Feedback

Question 1

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Di antara pernyataan berikut yang benar adalah ....
a.
Penilaian diri dan penilaian antar teman dilakukan setiap pembelajaran berlangsung
b.
Penilaian diri dan penilaian antar teman dinilai bersama dengan hasil observasi guru
c.
Penilaian diri dan antar teman dilakukan sewaktu-waktu sesuai keinginan guru
d.
Penilaian diri dan penilaian antar teman dilakukan jika diperlukan untuk validitas data observasi guru

Feedback

Question 2

Complete
Mark 0.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Perhatikan aspek sikap berikut. (1) Percaya diri (2) Runtut (3) Santun (4) Kerjasama (5) Berbahasa Indonesia Kompetensi sikap yang akan dinilai untuk kegiatan bercerita adalah ....
a.
1, 2, 5
b.
2, 3, 5
c.
3, 4, 5
d.
1, 2, 3

Feedback

Question 3

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Langkah pertama yang harus diperhatikan dalam kegiatan perencanaan penilaian sikap adalah .....
a.
menentukan indikator
b.
menentukan sikap yang akan dikembangkan
c.
menentukan spesifikasi instrumen
d.
menentukan skala pengukuran

Feedback

Question 4

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Di antara pernyataan berikut yang benar adalah
a.
Penilaian diri dan penilaian antar teman dilakukan jika diperlukan untuk validitas data observasi guru
b.
Penilaian diri dan antar teman dilakukan sewaktu-waktu sesuai keinginan guru
c.
Penilaian diri dan penilaian antar teman dinilai bersama dengan hasil observasi guru
d.
Penilaian diri dan penilaian antar teman dilakukan setiap pembelajaran berlangsung

Feedback

Question 5

Complete
Mark 0.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Berikut yang bukan termasuk kegiatan perencanaan pada prosedur penilaian pengetahuan adalah
a.
menetapkan bentuk dan teknik penilaian
b.
pemetaan KD muatan pelajaran
c.
menyusun bank soal
d.
merancang instrumen penilaian

Feedback

Question 6

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Definisi penilaian adalah ....
a.
kegiatan dalam meningkatkan kualitas, kinerja, atau produktivitas suatu lembaga dalam melaksanakan programnya
b.
kegiatan penentuan angka bagi suatu objek secara sistematik
c.
prosedur yang sistematis untuk mengumpulkan informasi yang dapat digunakan untuk membuat kesimpulan tentang karakteristik orang atau objek
d.
menentukan atau menyusun alat ukur, dalam hal ini instrumen pengukuran dan bagaimana mengukurnya

Feedback

Question 7

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Langkah pertama yang harus diperhatikan dalam kegiatan perencanaan penilaian sikap adalah .....
a.
menentukan spesifikasi instrumen
b.
menentukan indikator
c.
menentukan sikap yang akan dikembangkan
d.
menentukan skala pengukuran

Feedback

Komentar

Postingan populer dari blog ini

A.4.3 Telaah Pembelajaran dengan Penerapan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT)

Mengapa Guru Perlu Memahami Culturally ResponsiveTeaching? Culturally Responsive Teaching adalah konsep yang sangat penting bagi guru untuk dipahami karena dapat membantu mereka dalam memberikan pengajaran yang lebih efektif dan relevan bagi siswa dari berbagai latar belakang budaya.  Dengan memahami konsep ini, guru dapat mengembangkan kemampuan mereka dalam memahami kebutuhan dan keunikan siswa dari berbagai latar belakang budaya, sehingga mereka dapat merancang pengajaran yang lebih inklusif dan menarik bagi siswa. Definisi Culturally Responsive Teaching Culturally Responsive Teaching adalah pendekatan pengajaran yang memperhatikan keberagaman budaya dan latar belakang siswa dalam proses pembelajaran . Konsep ini melibatkan penggunaan strategi dan teknik pengajaran yang mencerminkan keberagaman siswa, serta memperhitungkan perbedaan budaya dalam cara siswa belajar. Dalam praktiknya, guru yang menerapkan Culturally Responsive Teaching akan memastikan bahwa materi pelajaran yang disam

A.3.4 Hasil Telaah dan minta komentar teman sejawat | Materi Rancangan Pembelajaran dengan Pendekatan TaRL

Pemahaman Merancang Pembelajaran Berbasis TaRL Teaching at The Right Level (TaRL) merupakan pendekatan pembelajaran yang fokus pada tingkat kemampuan peserta didik. Saat menjadi guru, Bapak/Ibu guru mungkin pernah menemukan peserta didik yang belum mampu mencapai tujuan pembelajaran yang ditetapkan. Dibawah ini adalah Indetifikasi Pemahaman Merancang Pembelajaran Berbasis TaRL yang berbentu tabel Tabel 3.2 Elaborasi Pemahaman Merancang Pembelajaran Berbasis TaRL Komponen Pembelajaran   Apa   yang saya ketahui   Apa yang ingin   saya ketahui   Bagaimana   saya dapat mengetahuinya   Apa yang telah   saya pelajari   Tujuan   pembelajaran TP berasal dari analisi Kata kerja Operasional(komptensi) dan ruang lingkup materi yang menjadi tujuan akhir dari pembelajaran TP yang dari CP apakah perlu diturunkan lagi menurut tingkat kognitif Bloom atau hanya dari TP Mencari Praktek baik dari guru berbagi di PMM dan mencari refenrensi materi yang ada di PMM dan materi sertifikasi pendidik juga di PMM

A.I.3 Hasil Telaah dan minta komentar teman sejawat # A. I. Menerapkan Prinsip Understanding by Design Pada Pembelajaran

Bapak/Ibu guru, pada tahap sebelumnya Bapak/Ibu guru telah mengeksplorasi prinsip UbD dalam merancang pembelajaran. Pada tahap ini, siapkan salah satu perencanaan pembelajaran (RPP/modul ajar) yang Bapak/Ibu guru miliki. Ajaklah   teman sejawat/kepala sekolah/pengawas untuk menelaah rancangan pembelajarannya dengan mengisi rubrik checklist . Rubrik ini memandu Bapak/Ibu guru dalam merefleksikan perencanaan pembelajaran dengan pendekatan UbD.   Dengan   demikian, Bapak/Ibu guru dapat mengetahui sejauh mana perencanaan pembelajaran tersebut relevan dengan prinsip UbD. Modul mapel ekonomi yang saya buat bisa diliat di link dibawah ini: Ekonomi 11 Bab 2 - Pendapatan Nasional Dan Kesenjangan Ekonomi Tabel   1.2   Rubrik   Checklist   Perancangan   Pembelajaran   dengan   Prinsip   UbD   Item   Pernyataan Sudah Belum   Langkah   1.   Menentukan   Tujuan   Pembelajaran   Saya mengidentifikasi sasaran pembelajaran dan fokus pada pemahaman   konsep   yang   mendalam   dan   penerapan   pengetah