Langsung ke konten utama

Soal-soal Paedagogik | 4.0 Penilaian

Soal-soal materi paedagogik untuk Penilaian. Liat materi Penilaian klik disini sebelum coba menjawab soal yang berasal dari SIM PKB materi Paedagodik

Dibaca Juga  Soal:


 

Question 1

Complete
Mark 0.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Berikut pernyataan yang benar terkait dengan tingkat kesulitan sebuah soal adalah
a.
semakin banyak butir soal yang tidak bisa dijawab oleh siswa dengan benar maka soal tersebut sulit
b.
semakin besar nilai indeks kesulitan tersebut maka soal semakin mudah, sebaliknya semakin kecil nilai indeks tersebut maka soal semakin sulit
c.
semakin kecil nilai indeks kesulitan tersebut maka soal semakin mudah, sebaliknya semakin besar nilai indeks tersebut maka soal semakin sulit
d.
semakin banyak siswa yang menjawab benar, berarti soal tersebut mudah

Feedback

Question 2

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Pak Akhmad sedang melaksanakan diagnostik kesulitan belajar untuk beberapa siswanya. Salah satu langkahnya adalah menganalisis lembar jawaban ulangan untuk mengetahui jumlah jawaban benar dan salah. Cara ini dilakukan untuk mengetahui kesulitan belajar mereka. Tindakan Pak Akhmad tersebut merupakan langkah....
a.
memperkirakan tindakan
b.
identifikasi masalah
c.
memperkirakan penyebab
d.
identifikasi kasus

Feedback

Question 3

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Beberapa siswa Pak Usman memiliki IQ pada taraf normal bawah dan seringkali harus mengikuti remedial, terutama materi yang memerlukan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Namun pada materi yang memerlukan keterampilan berpikir tingkat rendah, ketiganya mampu mencapai batas ketuntasan. Upaya Pak Usman mengembangkan potensi terbaik ketiga siswa tersebut adalah
a.
memberikan waktu lebih di luar kelas untuk menyelesaikan target pembelajaran
b.
menyediakan tambahan fasilitas dalam bentuk tutor sebaya saat pembelajaran
c.
melaksanakan penilaian hasil belajar dalam bentuk yang fleksibel sesuai kebutuhan
d.
memfasilitasi pembelajaran yang mengembangkan bentuk potensi keterampilan

Feedback

Question 4

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Di antara pernyataan berikut yang benar adalah
a.
Penilaian diri dan penilaian antar teman dilakukan jika diperlukan untuk validitas data observasi guru
b.
Penilaian diri dan antar teman dilakukan sewaktu-waktu sesuai keinginan guru
c.
Penilaian diri dan penilaian antar teman dinilai bersama dengan hasil observasi guru
d.
Penilaian diri dan penilaian antar teman dilakukan setiap pembelajaran berlangsung

Feedback

Question 5

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Daya pembeda pada suatu soal adalah
a.
kemampuan suatu butir soal yang tidak dapat membedakan antar siswa yang telah menguasai materi dan siswa yang kurang menguasai materi
b.
kemampuan suatu butir soal dapat membedakan antara siswa yang telah menguasai dan siswa yang kurang menguasai materi yang ditanyakan
c.
jumlah siswa yang menjawab benar lebih banyak daripada jumlah siswa yang menjawab salah
d.
jumlah siswa yang menjawab salah dan jumlah siswa yang bisa menjawab benar, proporsinya sama.

Feedback

Question 6

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Perhatikan aspek sikap berikut. (1) Percaya diri (2) Runtut (3) Santun (4) Kerjasama (5) Berbahasa Indonesia Kompetensi sikap yang akan dinilai untuk kegiatan bercerita adalah ....
a.
2, 3, 5
b.
1, 2, 3
c.
1, 2, 5
d.
3, 4, 5

Feedback

Question 7

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Berikut ini merupakan prinsip penilaian yang harus Anda perhatikan dalam melakukan penilaian di kelas Anda, kecuali
a.
terbuka
b.
sahih
c.
subjektif
d.
adil

Feedback

Question 1

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Perhatikan aspek sikap berikut: (1) Tanggung jawab (2) Kerjasama (3) Menghargai (4) Mandiri (5) Jujur Kompetensi sikap yang akan dinilai untuk kegiatan berdiskusi adalah ....
a.
3, 4, 5
b.
2, 3, 5
c.
1, 2, 3
d.
1, 2, 4

Feedback

Question 2

Complete
Mark 0.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Ismail siswa mampu mengurutkan benda dengan mudah berdasarkan ukuran panjang dari yang terpendek sampai dengan terpanjang, namun agak kesulitan menyusun dari yang terpanjang ke yang terpendek. Kemampuan Ismail mengurutkan panjang benda tersebut merupakan kemampuan berpikir pada tahap perkembangan kognitif
a.
pre-operasional
b.
operasional formal
c.
pra-operasional
d.
operasional konkret

Feedback

Question 3

Complete
Mark 0.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Ismail siswa mampu mengurutkan benda dengan mudah berdasarkan ukuran panjang dari yang terpendek sampai dengan terpanjang, namun agak kesulitan menyusun dari yang terpanjang ke yang terpendek. Kemampuan Ismail mengurutkan panjang benda tersebut merupakan kemampuan berpikir pada tahap perkembangan kognitif
a.
pre-operasional
b.
operasional konkret
c.
operasional formal
d.
pra-operasional

Feedback

Question 4

Complete
Mark 0.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Daya pembeda pada suatu soal adalah
a.
kemampuan suatu butir soal yang tidak dapat membedakan antar siswa yang telah menguasai materi dan siswa yang kurang menguasai materi
b.
jumlah siswa yang menjawab benar lebih banyak daripada jumlah siswa yang menjawab salah
c.
kemampuan suatu butir soal dapat membedakan antara siswa yang telah menguasai dan siswa yang kurang menguasai materi yang ditanyakan
d.
jumlah siswa yang menjawab salah dan jumlah siswa yang bisa menjawab benar, proporsinya sama.

Feedback

Question 5

Not answered
Marked out of 1.00
Flag question

Question text

Pak Akhmad sedang melaksanakan diagnostik kesulitan belajar untuk beberapa siswanya. Salah satu langkahnya adalah menganalisis lembar jawaban ulangan untuk mengetahui jumlah jawaban benar dan salah. Cara ini dilakukan untuk mengetahui kesulitan belajar mereka. Tindakan Pak Akhmad tersebut merupakan langkah....
a.
memperkirakan tindakan
b.
identifikasi kasus
c.
memperkirakan penyebab
d.
identifikasi masalah

Feedback

Question 6

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Di antara pernyataan berikut yang benar adalah ....
a.
Penilaian diri dan penilaian antar teman dinilai bersama dengan hasil observasi guru
b.
Penilaian diri dan antar teman dilakukan sewaktu-waktu sesuai keinginan guru
c.
Penilaian diri dan penilaian antar teman dilakukan setiap pembelajaran berlangsung
d.
Penilaian diri dan penilaian antar teman dilakukan jika diperlukan untuk validitas data observasi guru

Feedback

Question 7

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Berikut ini merupakan prinsip penilaian yang harus Anda perhatikan dalam melakukan penilaian di kelas Anda, kecuali
a.
sahih
b.
subjektif
c.
adil
d.
terbuka

Feedback

Question 1

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Di antara pernyataan berikut yang benar adalah ....
a.
Penilaian diri dan penilaian antar teman dilakukan setiap pembelajaran berlangsung
b.
Penilaian diri dan penilaian antar teman dinilai bersama dengan hasil observasi guru
c.
Penilaian diri dan antar teman dilakukan sewaktu-waktu sesuai keinginan guru
d.
Penilaian diri dan penilaian antar teman dilakukan jika diperlukan untuk validitas data observasi guru

Feedback

Question 2

Complete
Mark 0.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Perhatikan aspek sikap berikut. (1) Percaya diri (2) Runtut (3) Santun (4) Kerjasama (5) Berbahasa Indonesia Kompetensi sikap yang akan dinilai untuk kegiatan bercerita adalah ....
a.
1, 2, 5
b.
2, 3, 5
c.
3, 4, 5
d.
1, 2, 3

Feedback

Question 3

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Langkah pertama yang harus diperhatikan dalam kegiatan perencanaan penilaian sikap adalah .....
a.
menentukan indikator
b.
menentukan sikap yang akan dikembangkan
c.
menentukan spesifikasi instrumen
d.
menentukan skala pengukuran

Feedback

Question 4

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Di antara pernyataan berikut yang benar adalah
a.
Penilaian diri dan penilaian antar teman dilakukan jika diperlukan untuk validitas data observasi guru
b.
Penilaian diri dan antar teman dilakukan sewaktu-waktu sesuai keinginan guru
c.
Penilaian diri dan penilaian antar teman dinilai bersama dengan hasil observasi guru
d.
Penilaian diri dan penilaian antar teman dilakukan setiap pembelajaran berlangsung

Feedback

Question 5

Complete
Mark 0.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Berikut yang bukan termasuk kegiatan perencanaan pada prosedur penilaian pengetahuan adalah
a.
menetapkan bentuk dan teknik penilaian
b.
pemetaan KD muatan pelajaran
c.
menyusun bank soal
d.
merancang instrumen penilaian

Feedback

Question 6

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Definisi penilaian adalah ....
a.
kegiatan dalam meningkatkan kualitas, kinerja, atau produktivitas suatu lembaga dalam melaksanakan programnya
b.
kegiatan penentuan angka bagi suatu objek secara sistematik
c.
prosedur yang sistematis untuk mengumpulkan informasi yang dapat digunakan untuk membuat kesimpulan tentang karakteristik orang atau objek
d.
menentukan atau menyusun alat ukur, dalam hal ini instrumen pengukuran dan bagaimana mengukurnya

Feedback

Question 7

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Langkah pertama yang harus diperhatikan dalam kegiatan perencanaan penilaian sikap adalah .....
a.
menentukan spesifikasi instrumen
b.
menentukan indikator
c.
menentukan sikap yang akan dikembangkan
d.
menentukan skala pengukuran

Feedback

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Materi Paedagogik | 2.0 HOTS (High Order Teaching Skill) Untuk Perencanaan Pembelajaran

Materi paedagogik setelah landasan pendidikan dan karateristik peserta didik adalah perencanaan pembelajaran, dimana landasan penyusunanya adalah dimensi keterampilan berpikir tingkat tinggi HOTS (High Order Teaching Skill) Mengapa HOTS penting ?  Semua negara berlomba-lomba membuat masyarakatnya mempunyai masyarakat cerdas, karena menyangkut masalah kejayaan sebuah negara.  Makin Cerdas pengetahuan dan ketrampilan warganya makin maju dan berjaya negaranya, karena gerbang kemajuan disegala bidang pembangunan sebuah bangsa adalah pondasinya dari sistem dan hasil pendidikannya. Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (High Order Thinking Skills/HOTS) juga diterapkan menyusul masih rendahnya peringkat Programme for International Student Assessment (PISA) dan Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS) dibandingkan dengan negara lain, sehingga standar soal UN ditingkatkan untuk mengejar ketertinggalan. Apa Itu HOTS ? Resnick (1987) medefinisikan keterampilan berpiki...

A.4.3 Telaah Pembelajaran dengan Penerapan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT)

Mengapa Guru Perlu Memahami Culturally ResponsiveTeaching? Culturally Responsive Teaching adalah konsep yang sangat penting bagi guru untuk dipahami karena dapat membantu mereka dalam memberikan pengajaran yang lebih efektif dan relevan bagi siswa dari berbagai latar belakang budaya.  Dengan memahami konsep ini, guru dapat mengembangkan kemampuan mereka dalam memahami kebutuhan dan keunikan siswa dari berbagai latar belakang budaya, sehingga mereka dapat merancang pengajaran yang lebih inklusif dan menarik bagi siswa. Definisi Culturally Responsive Teaching Culturally Responsive Teaching adalah pendekatan pengajaran yang memperhatikan keberagaman budaya dan latar belakang siswa dalam proses pembelajaran . Konsep ini melibatkan penggunaan strategi dan teknik pengajaran yang mencerminkan keberagaman siswa, serta memperhitungkan perbedaan budaya dalam cara siswa belajar. Dalam praktiknya, guru yang menerapkan Culturally Responsive Teaching akan memastikan bahwa materi pelajaran yang d...

Teori Belajar Piramida Belajar Edgar Dale, Piaget, Ausubel, Gagne, Bruner, Kohlberg dan Maslow

Teori belajar adalah pengetahuan tentang proses belajar baik kognitif (pikir), moral, prilaku yang dikemukan oleh beberapa pakar pendidikan dan psikologi  seperti Edgar Dale, David Asubel, Abraham Maslow, Gagne, dan Piaget Dibawah ini adalah resume teori belajar yang diekemukan para ahli dan dijadikan dasar untuk perencanaan, pelasanaam, dan evalusi pembelajaran Teori Belajar Maslow Teori motivasi yang dikembangkan oleh Abraham maslow . yang dikaitkan dengan kebutuhan siswa dalam belajar. Contoh soalnya. 1. Tindakan yang dilakukan guru untuk menumbuhkan kasih sayang antara guru dan peserta didik       berdasarkan teori maslow ..... a. mengutamakan memberikan reiforcement positip dari pada penerapan sangsi hukuman (2. rasa aman) b. membuat peraturan pendisplinan siswa secara tegas dan adil untuk semua siswa (2. rasa aman) c. menerima dan menghargai pendapat siswa saat melakukan diskusi ( 3. kasih sayang) d. memberikan materi sesuai kebutuhan siswa (4. Penghargaa...