Langsung ke konten utama

Postingan

Teori Belajar Piramida Belajar Edgar Dale, Piaget, Ausubel, Gagne, Bruner, Kohlberg dan Maslow

Teori belajar adalah pengetahuan tentang proses belajar baik kognitif (pikir), moral, prilaku yang dikemukan oleh beberapa pakar pendidikan dan psikologi  seperti Edgar Dale, David Asubel, Abraham Maslow, Gagne, dan Piaget Dibawah ini adalah resume teori belajar yang diekemukan para ahli dan dijadikan dasar untuk perencanaan, pelasanaam, dan evalusi pembelajaran Teori Belajar Maslow Teori motivasi yang dikembangkan oleh Abraham maslow . yang dikaitkan dengan kebutuhan siswa dalam belajar. Contoh soalnya. 1. Tindakan yang dilakukan guru untuk menumbuhkan kasih sayang antara guru dan peserta didik       berdasarkan teori maslow ..... a. mengutamakan memberikan reiforcement positip dari pada penerapan sangsi hukuman (2. rasa aman) b. membuat peraturan pendisplinan siswa secara tegas dan adil untuk semua siswa (2. rasa aman) c. menerima dan menghargai pendapat siswa saat melakukan diskusi ( 3. kasih sayang) d. memberikan materi sesuai kebutuhan siswa (4. Penghargaan) e. mengembangkan ikli

Materi Paedagogik | Perkembangan Potensi Peserta Didik ( Part 2/4)

Materi Paedagogik setelah penilaian adalah pengembangan potensi didik. materinya dibagi menjadi 4 bagian yaitu konsep perkembangan prilaku dan pribadi dan potensi peserta didik lalu perkembangan fisik motorik, kemampuan intelektual, kecerdasan emosi, ketrampilan sosial, moral. dan spriritual peserta didik, juga kemampuan awal dan kesulitan belajar peserta didik. Part 1 Pada Part 2 ini khusus membahas tentang Potensi Peserta didik. Part 3 selanjutnya akan membahas perkembangan fisik motorik, kemampuan intelektual, kecerdasan emosi, ketrampilan sosial, moral, dan spritual juga kemampuan awal dan kesulitan belajar peserta didik. Potensi Peserta Didik Dengan memahami potensi peserta didik, guru dapat memberi gambaran yang tepat tentang kekuatan dan kelemahan, kelebihan dan kekurangan peserta didik, serta dapat mengetahui potensi yang perlu ditingkatkan dan kelemahan yang perlu diminimalisasi.  Dengan demikian, guru dapat merencanakan pembelajaran yang tepat, kreatif, dan efektif agar peser

Soal-soal Paedagogik | 5. Pengembangan Potensi Peserta Didik

  Soal-soal materi paedagogik untuk Penilaian.  Liat materi Pengembangan Potensi Peserta Didik klik disini  sebelum coba menjawab soal yang berasal dari SIM PKB materi Paedagodik Dibaca Juga  Soal: Soal-Soal Materi Paedagogik | 1.Teori Belajar Soal-Soal Materi Paedagogik | 1.2 Karateristik Peserta Didik Soal-soal Materi Paedagogik | 2.0 Desain Pembelajaran Soal-soal Materi paedagogik | 2.0 HOTS (High Order Thingking Skill) Untuk Perencanaan Pembelajaran Soal-soal Materi Paedagogik | 3.0 Dasar Komunikasi 1. Perkembangan kognitif peserta didik Sekolah Dasar berada pada taraf operasional kongkrit, sehingga mereka merasa kurang memahami materi pelajaran yang disampaikan gurunya secara verbal saja. Proses pembelajaran tersebut akan efektif jika disertai dengan menggunakan: a. Media poster b. Media grafis c. Media cetak d. Media benda nyata e. Media gambar the correct answer is: Media benda nyata 2. Pada suatu proses pembelajaran di Taman Kanak-Kanak peserta didik akan dikembangkan aspek mot

Materi Paedagogik | 5.0 Pengembangan Potensi Peserta Didik Part (1/4)

Materi Paedagogik setelah penilaian adalah pengembangan potensi didik. materinya dibagi menjadi 3 bagian yaitu konsep perkembangan prilaku dan pribadi dan potensi peserta didik lalu perkembangan fisik motorik, kemampuan intelektual, kecerdasan emosi, ketrampilan sosial, moral. dan spriritual peserta didik juga kemampuan awal dan kesulitan belajar peserta didik. Part 1 artikel ini membahas tentang perkembangan prilaku dan pribadi peserta didik sisanya akan dibahas dibagaian lain artikel ini. A. Perkembangan Peserta Didik Tugas utama guru dalam pembelajaran adalah mengantarkan peserta didik pada prestasi terbaiknya sesuai dengan potensinya. Jadi hal pertama yang perlu dipahami adalah bagaimana karakteristik peserta didik asuhannya dan cara mengembangkan potensinya.  Informasi mengenai karakteristik peserta didik dalam berbagai aspek menjadi satu acuan dalam menentukan kedalaman dan keluasan materi sehingga sesuai dengan perkembangan peserta didik.  Berdasarkan pemahaman tersebut guru per