Langsung ke konten utama

Guru Biasa Hanya Memberitahu, Guru Baik Menjelaskan, Guru Yang Sangat Baik Menunjukkan, dan Guru Hebat Menginspirasi

Kalimat diatas dinyatakan oleh William Arthur Ward seorang anggota profesional dari American College Public Relations Association dan  Phi Delta Kappa International  sebuah organisasi profesi pendidik Amerika yang qoutes nya sering dikutip oleh para penulis tentang pendidikan di Indonesia

Negara William Arthur Ward  adalah negara superpower dunia, mereka maju karena pendidikan nya juga maju, kalau melihat 100 kampus terbaik di dunia maka mayoritas berasal dari Amerika dan kampus terbaik ini juga disuplay mahasiswa oleh sekolah-sekolah dibawahnya. dimana guru menjadi salah satu komponen penting.

Pengalaman Negara Jepang dan Korea Membangun Pendidikan

Ciri negara maju adalah mayoritas penduduk negara maju mahir dalam menguasai ilmu pengetahuan serta teknologi.

Mr. Martin Lee (Direktur Utama PT. Bank KEB Hana Indonesia) 3 kunci utama kemajuan Korea Selatan (Korsel), yaitu keinginan untuk maju melalui pendidikan, pemimpin yang punya visi dan tujuan yang kuat, serta kehadiran pengusaha-pengusaha yang menopang perekonomian Korsel. sekarang korea masuk 10 besar ekonomi dunia. Di korea guru menjadi profesi terhormat

Jepang merupakan negara yang tidak memiliki sumber daya alam. Pengeboman Hiroshima dan Nagasaki telah melumpuhkan pemerintahan dan perekonomian Jepang kala itu sehingga jalan untuk bangkit adalah melalui pendidikan.

Bagi warga Jepang, pendidikan adalah kunci untuk membangun masa depan. Sampai-sampai anak sekolah di sana bisa pulang malam hari hanya untuk urusan sekolah. Walaupun terlihat berlebihan, nyatanya Jepang berhasil menjadi negara maju karena sistem pendidikan yang baik. warta eonomi.

Sekarang Jepang masuk 3 besar ekonomi dunia dan guru mempunyai kesejakteraan yang baik.

Guru adalah Komponen Penting Dari Sistem Pendidikan

Dalam sistem pendidikan ada  komponen pendidikan  yang mengerakan aktivitas pendidikan diantaranya metode, alat, lingkungan, guru, murid, dan tujuan pendidikan itu sendiri.

Guru merupakan faktor penting dalam sistem pendidikan agar proses belajar mengajar dapat terarah dan bisa mencapai tujuan pendidikan. Bayangkan kita belajar tanpa guru, kelas kosong istilah yang sering disebut orang ketika tidak ada guru yang hadir dikelas.

Akibatnya kita tidak punya orang yang mengarahkan untuk belajar, orang yang menjadi tempat bertanya, orang yang memberikan tugas yang mengarahkan kita untuk belajar, paham akan sesuatu, dan orang yang melatih kita akan ketrampilan dan membuka wawasan berfikir.





Guru Hebat Akan Menginspirasi

Setiap sesuatu akan melekat nilai manfaat yang dikandungnya, dalam hal profesi guru, akan ada nilai kualitas yang melekat didalamnya.

Guru yang biasa akan berbeda dengan yang hebat. 

Guru biasa hanya memberitahu kepada muridnya akan sesuatu maka muridnya akan tahu sesuatu, guru baik menjelaskan sesuatu maka anak muridnya akan tahu dan memahami sesuatu, guru yang sangat baik selain murid tahu dan paham akan menunjukan jalan ke arah yang baik.

Guru hebat lebih dahsyat lagi pengaruhnya ke murid.  Guru hebat akan menginspirasi murid-muridnya.

Guru hebat menginspirasi lewat 
  • Mengenalkan orang-orang yang memberikan inspirasi. lewat berbagai media baik audio, visual maupun multimedia  mengamati bagaimana  orang lain yang telah berhasil melawan segala rintangan dan sukses.
  • Mengenalkan dengan teman-teman baru, terutama mereka yang mempunyai kemampuan yang unik dan memberikan waktu untuk berinteraksi 
  • Memberikan bacaan sesuatu yang menyentuh hati dan pikiran mengingatkan bahwa jalan menuju kesuksesan sepadan dengan kerja keras

Lantas Apa Itu Inspirasi


Menurut English Collins Dictionary, inspirasi adalah stimulasi atau gairah pikiran, perasaan, untuk aktivitas atau kreativitas khusus atau tidak biasa.

Menurut Oxford Dictonary, inspirasi adalah proses yang terjadi ketika seseorang melihat atau mendengar sesuatu yang menyebabkan mereka memiliki ide-ide baru yang menarik atau membuat mereka ingin menciptakan sesuatu, terutama dalam seni, musik, atau sastra. 

Dan menurut Cambridge Dictonary, inspirasi adalah seseorang atau sesuatu yang memberi ide untuk melakukan sesuatu.

Murid yang akan terinspirasi maka mereka ; 
  • Dalam kehidupan sehari-hari cenderung menetapkan tujuan yang terinspirasi, yang kemudian lebih mungkin untuk dicapai dengan sukses; 
  • Melihat diri mereka lebih kreatif dan menunjukkan peningkatan aktual dalam penilaian diri kreativitas seiring waktu
  • Mengalami tingkat pengaruh positif yang lebih tinggi.

Beruntunglah Murid Memiliki Guru Hebat Ini

Guru yang menginspirasi membuat perbedaan akan hasil pendidikan, mereka mampu mengubah perilaku siswanya ke arah yang lebih baik.  guru hebat bukan saja hanya memiliki kemampuan yang mumpuni dalam penguasaan materi pembelajaan yang diampunya dan penguasaan pendekatan, model, strategi, metode dan teknik dalam menyampaikan materi atau sering disebut hard skill, namun juga harus memiliki soft skill yang matang sehingga terjadi keseimbangan diantara keduanya.

Siswa yang dihasilkan oleh guru hebat akan sangat menguasai ilmu dan teknologi, berprilaku baik, dan menghasilkan prestasi-prestasi yang membanggakan.

Kalau saja kita mempunyai ribuan guru hebat maka kita akan mempunya jutaan siswa hebat, dan dampaknya ke negara akan dahsyat.

Bagaimana mengenal guru hebat?  secara sederhana mereka adalah guru yang menginsprasi yang dicintai ketika ada, dirindukan ketika tidak ada dan dikenang ketika tiada.

Semoga anda menjadi guru hebat yang menginspirasi dan Selamat hari guru.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

A.4.3 Telaah Pembelajaran dengan Penerapan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT)

Mengapa Guru Perlu Memahami Culturally ResponsiveTeaching? Culturally Responsive Teaching adalah konsep yang sangat penting bagi guru untuk dipahami karena dapat membantu mereka dalam memberikan pengajaran yang lebih efektif dan relevan bagi siswa dari berbagai latar belakang budaya.  Dengan memahami konsep ini, guru dapat mengembangkan kemampuan mereka dalam memahami kebutuhan dan keunikan siswa dari berbagai latar belakang budaya, sehingga mereka dapat merancang pengajaran yang lebih inklusif dan menarik bagi siswa. Definisi Culturally Responsive Teaching Culturally Responsive Teaching adalah pendekatan pengajaran yang memperhatikan keberagaman budaya dan latar belakang siswa dalam proses pembelajaran . Konsep ini melibatkan penggunaan strategi dan teknik pengajaran yang mencerminkan keberagaman siswa, serta memperhitungkan perbedaan budaya dalam cara siswa belajar. Dalam praktiknya, guru yang menerapkan Culturally Responsive Teaching akan memastikan bahwa materi pelajaran yang d...

A.3.4 Hasil Telaah dan minta komentar teman sejawat | Materi Rancangan Pembelajaran dengan Pendekatan TaRL

Pemahaman Merancang Pembelajaran Berbasis TaRL Teaching at The Right Level (TaRL) merupakan pendekatan pembelajaran yang fokus pada tingkat kemampuan peserta didik. Saat menjadi guru, Bapak/Ibu guru mungkin pernah menemukan peserta didik yang belum mampu mencapai tujuan pembelajaran yang ditetapkan. Dibawah ini adalah Indetifikasi Pemahaman Merancang Pembelajaran Berbasis TaRL yang berbentu tabel Tabel 3.2 Elaborasi Pemahaman Merancang Pembelajaran Berbasis TaRL Komponen Pembelajaran   Apa   yang saya ketahui   Apa yang ingin   saya ketahui   Bagaimana   saya dapat mengetahuinya   Apa yang telah   saya pelajari   Tujuan   pembelajaran TP berasal dari analisi Kata kerja Operasional(komptensi) dan ruang lingkup materi yang menjadi tujuan akhir dari pembelajaran TP yang dari CP apakah perlu diturunkan lagi menurut tingkat kognitif Bloom atau hanya dari TP Mencari Praktek baik dari guru berbagi di PMM dan mencari refenrensi materi yang ...

A.I.3 Hasil Telaah dan minta komentar teman sejawat # A. I. Menerapkan Prinsip Understanding by Design Pada Pembelajaran

Bapak/Ibu guru, pada tahap sebelumnya Bapak/Ibu guru telah mengeksplorasi prinsip UbD dalam merancang pembelajaran. Pada tahap ini, siapkan salah satu perencanaan pembelajaran (RPP/modul ajar) yang Bapak/Ibu guru miliki. Ajaklah   teman sejawat/kepala sekolah/pengawas untuk menelaah rancangan pembelajarannya dengan mengisi rubrik checklist . Rubrik ini memandu Bapak/Ibu guru dalam merefleksikan perencanaan pembelajaran dengan pendekatan UbD.   Dengan   demikian, Bapak/Ibu guru dapat mengetahui sejauh mana perencanaan pembelajaran tersebut relevan dengan prinsip UbD. Modul mapel ekonomi yang saya buat bisa diliat di link dibawah ini: Ekonomi 11 Bab 2 - Pendapatan Nasional Dan Kesenjangan Ekonomi Tabel   1.2   Rubrik   Checklist   Perancangan   Pembelajaran   dengan   Prinsip   UbD   Item   Pernyataan Sudah Belum   Langkah   1.   Menentukan   Tujuan   Pembelajaran   Saya mengidentifikasi sasaran...