Langsung ke konten utama

Guru Biasa Hanya Memberitahu, Guru Baik Menjelaskan, Guru Yang Sangat Baik Menunjukkan, dan Guru Hebat Menginspirasi

Kalimat diatas dinyatakan oleh William Arthur Ward seorang anggota profesional dari American College Public Relations Association dan  Phi Delta Kappa International  sebuah organisasi profesi pendidik Amerika yang qoutes nya sering dikutip oleh para penulis tentang pendidikan di Indonesia

Negara William Arthur Ward  adalah negara superpower dunia, mereka maju karena pendidikan nya juga maju, kalau melihat 100 kampus terbaik di dunia maka mayoritas berasal dari Amerika dan kampus terbaik ini juga disuplay mahasiswa oleh sekolah-sekolah dibawahnya. dimana guru menjadi salah satu komponen penting.

Pengalaman Negara Jepang dan Korea Membangun Pendidikan

Ciri negara maju adalah mayoritas penduduk negara maju mahir dalam menguasai ilmu pengetahuan serta teknologi.

Mr. Martin Lee (Direktur Utama PT. Bank KEB Hana Indonesia) 3 kunci utama kemajuan Korea Selatan (Korsel), yaitu keinginan untuk maju melalui pendidikan, pemimpin yang punya visi dan tujuan yang kuat, serta kehadiran pengusaha-pengusaha yang menopang perekonomian Korsel. sekarang korea masuk 10 besar ekonomi dunia. Di korea guru menjadi profesi terhormat

Jepang merupakan negara yang tidak memiliki sumber daya alam. Pengeboman Hiroshima dan Nagasaki telah melumpuhkan pemerintahan dan perekonomian Jepang kala itu sehingga jalan untuk bangkit adalah melalui pendidikan.

Bagi warga Jepang, pendidikan adalah kunci untuk membangun masa depan. Sampai-sampai anak sekolah di sana bisa pulang malam hari hanya untuk urusan sekolah. Walaupun terlihat berlebihan, nyatanya Jepang berhasil menjadi negara maju karena sistem pendidikan yang baik. warta eonomi.

Sekarang Jepang masuk 3 besar ekonomi dunia dan guru mempunyai kesejakteraan yang baik.

Guru adalah Komponen Penting Dari Sistem Pendidikan

Dalam sistem pendidikan ada  komponen pendidikan  yang mengerakan aktivitas pendidikan diantaranya metode, alat, lingkungan, guru, murid, dan tujuan pendidikan itu sendiri.

Guru merupakan faktor penting dalam sistem pendidikan agar proses belajar mengajar dapat terarah dan bisa mencapai tujuan pendidikan. Bayangkan kita belajar tanpa guru, kelas kosong istilah yang sering disebut orang ketika tidak ada guru yang hadir dikelas.

Akibatnya kita tidak punya orang yang mengarahkan untuk belajar, orang yang menjadi tempat bertanya, orang yang memberikan tugas yang mengarahkan kita untuk belajar, paham akan sesuatu, dan orang yang melatih kita akan ketrampilan dan membuka wawasan berfikir.





Guru Hebat Akan Menginspirasi

Setiap sesuatu akan melekat nilai manfaat yang dikandungnya, dalam hal profesi guru, akan ada nilai kualitas yang melekat didalamnya.

Guru yang biasa akan berbeda dengan yang hebat. 

Guru biasa hanya memberitahu kepada muridnya akan sesuatu maka muridnya akan tahu sesuatu, guru baik menjelaskan sesuatu maka anak muridnya akan tahu dan memahami sesuatu, guru yang sangat baik selain murid tahu dan paham akan menunjukan jalan ke arah yang baik.

Guru hebat lebih dahsyat lagi pengaruhnya ke murid.  Guru hebat akan menginspirasi murid-muridnya.

Guru hebat menginspirasi lewat 
  • Mengenalkan orang-orang yang memberikan inspirasi. lewat berbagai media baik audio, visual maupun multimedia  mengamati bagaimana  orang lain yang telah berhasil melawan segala rintangan dan sukses.
  • Mengenalkan dengan teman-teman baru, terutama mereka yang mempunyai kemampuan yang unik dan memberikan waktu untuk berinteraksi 
  • Memberikan bacaan sesuatu yang menyentuh hati dan pikiran mengingatkan bahwa jalan menuju kesuksesan sepadan dengan kerja keras

Lantas Apa Itu Inspirasi


Menurut English Collins Dictionary, inspirasi adalah stimulasi atau gairah pikiran, perasaan, untuk aktivitas atau kreativitas khusus atau tidak biasa.

Menurut Oxford Dictonary, inspirasi adalah proses yang terjadi ketika seseorang melihat atau mendengar sesuatu yang menyebabkan mereka memiliki ide-ide baru yang menarik atau membuat mereka ingin menciptakan sesuatu, terutama dalam seni, musik, atau sastra. 

Dan menurut Cambridge Dictonary, inspirasi adalah seseorang atau sesuatu yang memberi ide untuk melakukan sesuatu.

Murid yang akan terinspirasi maka mereka ; 
  • Dalam kehidupan sehari-hari cenderung menetapkan tujuan yang terinspirasi, yang kemudian lebih mungkin untuk dicapai dengan sukses; 
  • Melihat diri mereka lebih kreatif dan menunjukkan peningkatan aktual dalam penilaian diri kreativitas seiring waktu
  • Mengalami tingkat pengaruh positif yang lebih tinggi.

Beruntunglah Murid Memiliki Guru Hebat Ini

Guru yang menginspirasi membuat perbedaan akan hasil pendidikan, mereka mampu mengubah perilaku siswanya ke arah yang lebih baik.  guru hebat bukan saja hanya memiliki kemampuan yang mumpuni dalam penguasaan materi pembelajaan yang diampunya dan penguasaan pendekatan, model, strategi, metode dan teknik dalam menyampaikan materi atau sering disebut hard skill, namun juga harus memiliki soft skill yang matang sehingga terjadi keseimbangan diantara keduanya.

Siswa yang dihasilkan oleh guru hebat akan sangat menguasai ilmu dan teknologi, berprilaku baik, dan menghasilkan prestasi-prestasi yang membanggakan.

Kalau saja kita mempunyai ribuan guru hebat maka kita akan mempunya jutaan siswa hebat, dan dampaknya ke negara akan dahsyat.

Bagaimana mengenal guru hebat?  secara sederhana mereka adalah guru yang menginsprasi yang dicintai ketika ada, dirindukan ketika tidak ada dan dikenang ketika tiada.

Semoga anda menjadi guru hebat yang menginspirasi dan Selamat hari guru.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Assesmen Nasional Merupakan Komponen Penting Pendidikan

Assesment nasional pada dasarnya adalah bagian dari tiga komponen penting pendidikan yang sedang di fokuskan oleh kementrian pendidikan agar tujuan pendidikan tercapai. Memahami posisi assesmen nasional dalam komponen pendidikan akan memudahkan kita memahami assesmen kompetensi minimum yang menjadi bagian dari assesmen nasional Pada akhir tahun 2020, Menteri Pendidikan dan kebudayaan , Bapak Nadiem Makarim mengeluarkan kebijakan assesmen sekolah sebagai pengganti ujian nasional untuk menentukan kelulusan siswa-siswi di pendidikan dasar dan menengah. Apa itu assesmen nasional dan dimana posisinya dalam komponen pendidikan nasional juga perannya dalam mencapai tujuan pendidikan nasional? Tujuan Pendidikan Tujuan Pendidikan menurut UU No. 20, Tahun 2003. Pasal 3 menyebutkan; “ Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar

Teori Belajar Piramida Belajar Edgar Dale, Piaget, Ausubel, Gagne, Bruner, Kohlberg dan Maslow

Teori belajar adalah pengetahuan tentang proses belajar baik kognitif (pikir), moral, prilaku yang dikemukan oleh beberapa pakar pendidikan dan psikologi  seperti Edgar Dale, David Asubel, Abraham Maslow, Gagne, dan Piaget Dibawah ini adalah resume teori belajar yang diekemukan para ahli dan dijadikan dasar untuk perencanaan, pelasanaam, dan evalusi pembelajaran Teori Belajar Maslow Teori motivasi yang dikembangkan oleh Abraham maslow . yang dikaitkan dengan kebutuhan siswa dalam belajar. Contoh soalnya. 1. Tindakan yang dilakukan guru untuk menumbuhkan kasih sayang antara guru dan peserta didik       berdasarkan teori maslow ..... a. mengutamakan memberikan reiforcement positip dari pada penerapan sangsi hukuman (2. rasa aman) b. membuat peraturan pendisplinan siswa secara tegas dan adil untuk semua siswa (2. rasa aman) c. menerima dan menghargai pendapat siswa saat melakukan diskusi ( 3. kasih sayang) d. memberikan materi sesuai kebutuhan siswa (4. Penghargaan) e. mengembangkan ikli

Materi Paedagogik | 3.1 Model Pembelajaran (Pelaksanaan Pembelajaran)

  Posisi Model pembelajaran dalam Rangkaian Kompetensi Paedagogik Baca Juga: Sintak Model Pembelajaran PROBLEM BASED LEARNING Tahapannya Orientasi (perkenalkan) siswa pada masalah , untuk meningkatkan rasa ingin tahu, kemampuan analisis, juga inisiatif Mengorganisasi siswa: siswa berkerja dalam kelompok, diskusi yang membahas informasi faktual, dam juga informasi yang dimiliki setiap siswa, brainstorming dilakukan. Membimbing penyelidikan: pengumpulan informasi yang relevan, melaksanakan experiment, hingga mendapat insight untuk memecahkan masalah. Mengembangkan hasil karya : proses perencanaan dan penyajian karya Analisa dan Evaluasi: melakukan refleksi dan evaluasi dalam setiap proses penyelidikan PROJECT BASED LEARNING Tahapannya Penentuan pertanyaan mendasar ( Start with essensial question) Menyususn perencanaan proyek ( design proyek) Menyususn Jadwal (create shedule) Memantau siswa dan kemajuan proyek (monitoring the student and proggres the project) Penilaian hasil (assess th