Posisi Model pembelajaran dalam Rangkaian Kompetensi Paedagogik
Baca Juga:
PROBLEM BASED LEARNING
Tahapannya
- Orientasi (perkenalkan) siswa pada masalah, untuk meningkatkan rasa ingin tahu, kemampuan analisis, juga inisiatif
- Mengorganisasi siswa: siswa berkerja dalam kelompok, diskusi yang membahas informasi faktual, dam juga informasi yang dimiliki setiap siswa, brainstorming dilakukan.
- Membimbing penyelidikan: pengumpulan informasi yang relevan, melaksanakan experiment, hingga mendapat insight untuk memecahkan masalah.
- Mengembangkan hasil karya: proses perencanaan dan penyajian karya
- Analisa dan Evaluasi: melakukan refleksi dan evaluasi dalam setiap proses penyelidikan
PROJECT BASED LEARNING
Tahapannya
- Penentuan pertanyaan mendasar ( Start with essensial question)
- Menyususn perencanaan proyek ( design proyek)
- Menyususn Jadwal (create shedule)
- Memantau siswa dan kemajuan proyek (monitoring the student and proggres the project)
- Penilaian hasil (assess the outcome)
DISCOVERY/INQUIRY LEARNING
Tahapanya
- Pemberian Rangsangan (Stimulus), guru mulai mengajukan persoalan atau menyuruh anak didik membaca atau mendengarkan uraian yang memuat masalah.
- Penyataan/Identifikasi masalah (Problem Statement), Anak didik diberi kesempatan mengidetifikasi berbagai permasalahan. sebagian besar memilihnya yang dipandang paling menarik dan feksibel untuk dipecahkan, permasalahan yang dipilih itu selanjutnya dirumuskan dalam bentuk pertanyaab, atau hipotesis, yakni pertanyaab sebagai jawaban sementara atas pertanyaan yang diajukan
- Pengumpulan data ( Data collection), untuk menjawab pertanyaan atau benar tidaknya hipotesa ini, anak didik diberi kesempatan untuk mengumpulkan berbagai informasi yang relevan, membaca literatur, mengamati objek, wawancara dengan narasumber, melakukan uji coba sendiri, dan sebagainya
- Pengolahan data (data prossetion), semua informasi hasil bacaan, wawancara observasi dan sebagainya, semua diolah, di acak, di klasifikasi, ditabulasi, bahkan perlu dihitung dengan cara tertentu serta ditafsirkan pada tingkat kepercayaan tertentu.
- Pembuktian (verifikation), Berdasarkan hasil pengolahan dan tafsiran, atau informasi yang ada, pertanyaan atau hipotesis yang telah dirumuskan terdahulu itu kemudian dicek apakah terjawab atau tidak, atau apakah terbukti atau tidak.
- Menarik kesimpulan/generalisasi (generelization), berdasarkan hasil verifikasi, anak didik belajar untuk dapat menarik kesimpulan.
SAINTIFIK
Tahapannya
- Mengamati
- Menanya
- Mengumpulkan Informasi/eksperimen
- Mengasosiasikan/mengolah informasi
- Mengkomunikasikan
Baca Juga:
- Model Pembelajaran: Pengertian, Ciri, Jenis & Macam Contoh
- Pengertian, Ciri, dan Jenis Model Pembelajaran yang Perlu Diketahui
- 6 Macam-Macam Model Pembelajaran yang Penting Diketahui
Tonton :
Komentar
Posting Komentar